Salah satu karakter populer dalam game Genshin Impact dari Mihoyo adalah Diluc dan ada berbagai build terkuat yang bisa Geeks aplikasikan untuk karakter ini. Diluc merupakan salah satu karakter yang langka di mana dia memiliki rate bintang lima. Karakternya merupakan Pyro-user atau karakter yang lebih cenderung unggul dalam penggunaan elemen api. Senjata yang selalu selalu dia andalkan adalah Claymore.

Memiliki peran sebagai main DPS, tidak heran jika Diluc kemudian memiliki damage yang cukup besar saat menyerang musuh. Meskipun Genshin Impact sudah memperkenalkan banyak karakter baru, sebagai karakter yang memiliki damage besar tentunya Diluc masih jadi pilihan bagi sebagian pemain. Dan ada beberapa bulid terkuat yang bisa memaksimalkan kemampuan dan damage dari karakter Diluc.

Rekomendasi Senjata

Ada beberapa pilihan senjata yang bisa Geeks gunakan sebagai kombinasi terkuat, mulai dari senjata bintang tiga hingga bintang lima.

Pilihan Senjata

  • Debate Club: Setelah Geeks menggunakan Elemental Skill atau menggunakan berbagai serangan saat menghadapi musuh, senjata ini akan memberikan tambahan 60% ATK DMG selama 15 detik. Namun, serangannya sendiri hanya bisa dilakukan setiap 3 detik.
  • Skyrider Greatsword: Salah satu senjata yang cukup mudah untuk ditemukan, di mana Geeks bisa menemukannya dalam sebuah peti atau di Guyun Stone Forest. Geeks akan mendapatkan bonus damage antara 9,6% sampai 44% tergantung dari karakternya di game. Ketika berhasil mengenai musuh akan ada tambahan damage yang berlangsung selama enam detik.
  • Prototype Aminus: Ketika Geeks menggunakan senjata ini peluang serangan akan meningkat 50% dengan adanya tambahan 250% ATK DMG. Passive effect ini hanya bisa terjadi sekali setiap 15 detik.
  • Prototype Archaic: Penggunaan senjata ini akan meningkatkan Base Attack antara 44 sampai 565% dengan tambahan bonus Attack sebesar 6 sampai 27%. Ketika serangannya berhasil mengenai musuh, maka akan ada peluang 50% untuk mendapatkan tambahan serangan sampai 240% dengan serangan area yang kecil.
  • Serpent Spine: Setiap empat detik karakternya berada dalam arena pertarungan, musuh akan mengalami peningkatan damage sebesar 6% dengan tambahan 3%. Geeks hanya bisa memiliki 5 stacks dalam setiap kali pertarungan dan akan berkurang 1 stack setiap kali terkena serangan musuh

Pilihan Utama

  • Skyward Pride: Pedang ini memberikan Enery Recharge sebesar 8 sampai 36% tergantung dari level karakter. Base Attack akan mengalami peningkatan mulai dari 48 sampai 674% tergantung dari level karakter. Overall damage akan mengalami peningkatan sebesar 8% setelah penggunaan Elemental, Normal, dan Charged Attack. Ketika serangannya mengenai musuh, Skyward Pride akan menghadirkan Vacuum Blade dan menghadirkan 80% damage terhadap semua musuh yang ada di sekitarnya. Efek tersebut hanya berlangsung selama 20 detik.
  • The Unforged: Shield Strength karakter akan mengalami peningkatan sebesar 20 % dengan peningkatan serangan terhadap musuh sebesar 8% selama delapan detik. Maksimum stack adalah lima kali. Ada peningkataan 100% untuk efek serangan saat perisai aktif.
  • Wolf’s Gravestone: Salah satu senjata bintang lima terbaik dan senjata rekomendasi. Base Attack akan meningkat 46 sampai 608 dengan substat Attack meningkat 11 sampai 50%. Peningkatan serangan mencapai 20%. Serangan yang mengenai musuh dengan HP kurang dari 30% akan meningkatkan serangan anggota tim sebesar 40% selama 12 detik.

Rekomendasi Artefact

Selain senjata, tentunya kombinasi dengan Artefact yang tepat juga bisa jadi salah satu faktor penentu untuk membangun build yang terkuat. Berikut beberapa rekomendasi artefact untuk Diluc.

  • Martial Artist: Ketika menggunakan 2-Piece Set maka akan meningkatkan damage dari Normal Attack dan Charged Attack sebesar 15%. Ketika menggunakan 4-Piece Set setelah penggunaan Elemental Skill, akan ada peningkatan damage untuk Normal dan Charged Attack 25% selama 8%.
  • Gilded Dreams: 2-Piece Set dari artefact ini akan meningkatkan Elemental Mastery sampai 80%. Sedangkan 4-Piece Set Artefact ini akan meningkatkan Elemental Type dari anggota party setelah sebelumnya mengaktifkan Elemental Reaction. ATK akan meningkat 14% untuk setiap anggota party yang memiliki Elemental Type sama dengan sang karakter. Elemental Mastery juga akan meningkat sampai 50 bagi setiap anggota party atau kelompok yang memiliki Elemental Type berbeda.
  • Berserker: Peluang serangan kritikal akan meningkat 12% jika menggunakan 2-Piece Set. Efek lainnya ketika HP karakter berada di bawah 70% maka, akan ada tambahan peluangan kritikal sebesar 24% ketika menggunakan 4-Piece Set. Artinya, ada kemungkinan karakter mengalami peningkatan peluang kritikal sebesar 26%.
  • Gladiators Finale: Status ATK karakter akan bertambah 18% ketika menggunakan 2-Piece Set dan akan ada peluang untuk peningkatan damage dari Normal Attack sebesar 35% ketika menggunakan 4-Piece Set.
  • Crimson Witch of Flames: Mendapatkan bonus Pyro DMG sebesar 15% saat menggunakan 2-Piece Set. Ketika menggunakan Elemental Skill maka, akan ada peningkatan efek dari penggunaan 2-Piece Set sebesar 50%. Peningkatan Overloaded dan Burning DMG hingga 40% serta meningkatan Vaporize dan Melt DMG hingga 15% ketika menggunakan 4-Piece Set.

Build Terbaik

Untuk memaksimalkan potensi dari karakter Diluc di Genshin Impact ada beberapa pilihan yang bisa Geeks gunakan dalam gamenya. Agar DPS bisa efektif Geeks bisa gunakan menggunakan senjata Wolf’s Gravestone. Untuk Artefaknya, Geeks bisa menggunakan 4-Piece Set dari Crimson Witch of Flames. Build ini akan memaksimalkan kekuatan Pyro dari ketika menghadapi musuh.

Peningkatan Pyro DMG dan Vaporize serta Melt DMG serta base attack hingga 608% jadi pertimbangan mengapa build ini bisa jadi pilihan yang terbaik. Opsi lainnya adalah Geeks bisa menggunakan 2-Piece Set Crimson Witch of Flames dan 2-Piece set Gladiators Finale dengan senjata utama tetap pada Wolf’s Gravestone. Meskipun hasil damagenya kurang, namun substat dari karakternya bisa menutupi jarak dari damage yang kurang tersebut.

diluc genshin impact

Geeks juga bisa mengombinasikan Artefact lainnya, yaitu 2-Piece Crimson Witch of Flames dan 2-Piece Gilded dreams untuk serangan elemental yang sedikit lebih besar. Bisa juga 2-Piece set Berserker dan 2-Piece Set Berserker untuk menghadirkan serangan yang seimbang antara Elemental Skill dan Normal serta Charged Attack. Untuk senjatanya, selain Wolf’s Gravestone Geeks bisa gunakan Skyward Pride, Serpent Spine, atau Prototype Archaic.

Perlu Geeks perhatikan juga untuk stat dari karakternya agar serangan yang muncul bisa lebih maksimal. Stat yang perlu Geeks perhatikan tersebut adalah HP, Pyro DMG, Crit DMG, ATK, dan ATK%. Sedangkan, untuk substatnya sendiri yang bisa Geeks perhatikan adalah ATK%, ATK, dan Crit DMG.

Komposisi Tim

Kemampuan dari karakternya bisa Geeks maksimalkan ketika menggunakan anggota tim yang tepat. Tentunya ada banyak pilihan yang bisa Geeks ambil, namun ada pilihan utama yang bisa jadi pertimbangan untuk menghadirkan build Diluc terkuat di Genshin Impact. Geeks juga bisa memilik Sucrose untuk support, Bennet untuk healer, dan Xinqiu untuk membantu DPS.

diluc genshin impactElemental Burst dari Benner bisa menghadirkan buff ATK dan healing terhadap anggota tim lain. Sedangkan Sucrose bisa meningkatkan damage dari Vaporization berkat buff Mastery terhadap anggota tim. Xingqiu jadi pilihan terbaik berkat serangan elemennya yang juga bisa membantu DPS saat menghadapi musuh. Serangan normal dari Xingqiu bahkan bisa mengaktifkan Vaporize.

Selain para karakter di atas, Geeks juga bisa memilih opsi karakter lain untuk. Misalnya dengan kombinasi Sucrose, Bennet, dan Kaeya. Kaeya bisa berperan sebagai sub DPS dengan mengandalkan serangannya. Atau Fischl, Bennet, dan Zhongli. Skill Electro yang Fishl milik terbukti mampu menghadapi musuh yang menggunakan tameng batu seperti Rock Shieldwall Mitachuri. Jadi, build Diluc mana yang akan kalian gunakan Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.