Meskipun pandemi dan berbagai masalah lainnya sudah berlalu, tetapi ternyata hal tersebut tidak serta-merta menjadikan dunia perfilman Hollywood kembali seperti sediakala. Faktanya masih ada beberapa dampak susulan yang pada akhirnya berpengaruh terhadap sejumlah perilisan film-film besar di Hollywood, tanpa terkecuali Marvel Cinematic Universe. Menurut sebuah laporan terbaru yang mungkin akan sedikit mengecewakan para penggemar, Marvel Studios baru saja undur rilis hampir seluruh film Fase 5 dan 6 MCU.

Pengunduran sejumlah jadwal rilis MCU ini sepertinya merupakan pemenuhan janji dari CEO baru Disney Bob Iger yang belakangan memang memberikan tekanan cukup besar kepada Marvel Studios. Dimana semuanya bermula dari banyaknya ulasan negatif serta perolehan box office yang tidak sesuai ekspektasi untuk sejumlah tayangan MCU. Sehingga pada akhirnya Disney selaku perusahaan induk Marvel Studios menekan hampir seluruh tayangan MCU agar lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas setiap tahunnya.

MCU undur rilis

Sekarang, ‘bagai petir di siang bolong’ Disney dan Marvel Studios baru saja mengumumkan bahwa mereka telah resmi undur jadwal rilis dari enam film besar MCU. Termasuk film Captain America: Brave New World yang diundur ke 26 Agustus 2024. Kemudian film Thunderbolts yang juga harus diundur ke 20 Desember 2024. Adapun untuk film Blade yang tadinya akan tayang tahun 2024 jadi diundur ke 14 Februari 2025. Sementara jadwal rilis Fantastic Four yang sudah sangat penggemar antisipasi berubah menjadi 2 Mei 2025.

Pengunduran yang terparah dialami oleh dua film crossover Avengers. Pertama Avengers: The Kang Dynasty yang awalnya dijadwalkan untuk tayang 2 Mei 2025, sekarang menjadi 1 Mei 2026. Pengunduran jadwal rilis yang kedua dialami oleh film Avengers: Secret Wars yang berpindah jauh dari 1 Mei 2026 ke 7 Mei 2027. Ini artinya untuk dua film andalan MCU yang digadang-gadang akan menutup Multiverse Saga ini sama-sama telah resmi undur jadwal rilis sekitar satu tahun lamanya. Multiverse Saga sendiri yang tadinya diharapkan akan rampung tahun 2026 langsung otomatis mundur ke tahun 2027.

Kabar baiknya, di balik semua tayangan MCU yang undur jadwal rilis ini untungnya ada satu film yang justru dimajukan, yaitu Deadpool 3. Di mana jadwal rilis film trikuel Deadpool ini dimajukan dari 8 November 2024 ke 3 May 2024. Artinya kita bisa melihat aksi Deadpool dari Ryan Reynolds dan Wolverine dari Hugh Jackman enam bulan lebih cepat. Sedangkan sisanya tampaknya kita harus lebih banyak bersabar ya, Geeks. Yang terpenting semoga pengunduran jadwal ini menjadi keputusan terbaik untuk semuanya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.