Tayang sebentar lagi, film The Flash dari sutradara Andy Muschietti akan menjadi awal peralihan era dari jagat sinema DC Extended Universe ke reboot DC Universe. Di film solo pertama sekaligus terakhir sang Scarlet Speedster di DCEU nanti kita akan diperkenalkan pada ragam multiverse DC yang di dalamnya terdapat banyak sekali versi karakter dan semesta yang unik sekaligus menarik dengan caranya masing-masing. Nah khusus pada artikel kali ini mari kita bahas deretan film pasca The Flash yang akan mewarnai multiverse DC selanjutnya, mulai dari film terakhir DCEU, reboot DC Universe, sampai DC Elseworlds!

Film DC Multiverse yang Segera Rilis

 

Blue Beetle – DCEU (18 Agustus 2023)

film dc universe pasca flash

Disutradarai oleh Angel Manuel Soto, Blue Beetle adalah film pertama DC Universe pasca The Flash yang akan menceritakan petualangan superhero Blue Beetle ketiga bernama Jaime Reyes. Diperankan oleh aktor Xolo Mariduena, Jaime akan mendapatkan kekuatan supernya setelah melakukan kontak dengan Scarab, sebuah bioteknologi alien yang memberinya armor eksoskeleton multifungsi. Dengan armor yang membuatnya bisa terbang serta mengeluarkan berbagai macam senjata ini Jaime sebagai Blue Beetle yang baru akan menghadapi sejumlah villain tangguh, termasuk Victoria Kord dari aktris Susan Sarandon dan Conrad Carapax the Indestuctible Man dari Raoul Max Trujillo.

Aquaman and the Lost Kingdom – DCEU (25 Desember 2023)

film dc universe pasca flash

Satu lagi sisa-sisa DCEU yang masih diakui sebagai bagian dari deretan film DC Universe pasca The Flash adalah Aquaman and the Lost KingdomFilm sekuel Aquaman (2018) yang kembali disutradarai oleh James Wan ini akan melanjutkan petulangan Arthur Curry dari Jason Momoa yang terakhir kali menjadi Raja Atlantis setelah mengalahkan saudara tirinya Ocean Master (Patrick Wilson). Kali ini dengan tanggung jawab barunya, Arthur alias Aquaman mau tidak mau harus melindungi Atlantis dari kehancuran setelah sebuah kekuatan misterius terlepas di lautan. Nantinya dia akan kembali berhadapan dengan Black Manta (Yahya Abdul Mateen II), dan villain tangguh lainnya yang masih dirahasiakan.

Joker: Folie a Deux – DC Elseworlds (4 Oktober 2024)

film dc universe pasca flash

Dari DCEU, selanjutnya kita masuk ke deretan film DC Elseworlds yang juga masih diakui sebagai bagian dari reboot DC Universe pasca The Flash oleh DC Studios. Film DC Elseworlds yang akan tayang paling pertama setelah The Flash adalah sekuel Joker (2019) dari sturadara Todd Phillips yang diberi judul Folie a Deux. Film sang Clown Prince of Crime yang akan menghadirkan elemen musikal ini akan kembali dibintangi oleh Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck alias Joker yang terakhir kalin terlihat dijebloskan ke Arkham Asylum. Selain Joker karakter ikonis DC lainnya seperti Harley Quinn dari Lady Gaga digadang-gadang akan membuat filmnya jauh lebih mewah dan lebih menarik.

The Batman: Part II – DC Elseworlds (3 Oktober 2025)

film dc universe pasca flash

The Batman: Part II yang merupakan film DC Elseworlds ini adalah bagian dari DC Universe lainnya yang dipastikan akan tayang pasca The Flash. Meskipun untuk sekarang plotnya masih dirahasiakan, tetapi sekuel dari film sukses The Batman (2022) ini sudah pasti akan kembali disutradarai oleh Matt Reeves dan dibintangi oleh Robert Pattinson sebagai Bruce Wayne yang baru berada pada tahun-tahun pertamanya sebagai vigilante Gotham. Selain kembali menghadirkan Catwoman (Zoe Kravitz) dan Penguin (Collin Farrell), kabarnya The Batman: Part II juga akan menjadi debut dari villain Gotham lainnya seperti Clayface dan Two-Face yang pemerannya belum terungkap.

Superman: Legacy – DC Universe (11 Juli 2025)

film dc universe pasca flash

Dari sekian banyak film DC Universe yang akan menandai awal Chapter 1: Gods and Monster, sejauh ini hanya Superman: Legacy yang tanggal rilisnya sudah terungkap. Film ini bahkan sudah dipastikan akan disutradarai langsung oleh co-CEO DC Studios James Gunn yang sebelumnya telah merampungkan naskahnya. Berdasarkan sinopsis resminya, di film pertamanya ini Superman akan menghadapi dilema kehidupan sebagai seorang alien kryptonian bernama Kal-El sekaligus anak angkat manusia bernama Clark Kent. Dengan proses casting yang akan segera dimulai, film Superman: Legacy sendiri sudah dipastikan akan menghadirkan karakter lain seperti Lois, Lex Luthor, dan tim super The Authority.

Film Reboot DC Universe yang Belum Terjadwal

The Authority

Selain film DC Universe pasca The Flash yang sudah mempunyai jadwal dan premis yang jelas, ada juga deretan film lain yang untuk sekarang masih belum terjadwal. Mulai dari film The Authority yang akan berfokus pada tim superhero yang punya metode ekstrem untuk mencapai tujuannya. Di komiknya sendiri, tim Authority terdiri dari para metahuman tangguh, seperti Apollo, Jenny Sparks, Midnighter, Deathblow, Engineer, Hawksmoor, dan Rainmaker. Meskipun untuk sekarang masih belum diketahui siapa saja anggota komik yang akan dimunculkan di film live action-nya, tetapi beberapa di antaranya dikabarkan akan debut terlebih dahulu di film Superman: Legacy yang tayang lebih dahulu.

The Brave and the Bold

The Brave and the Bold adalah film DC Universe lainnya yang akan tayang pasca The Flash, tetapi masih belum mempunyai jadwal yang pasti. Film perdana Batman di reboot DC Universe ini akan menceritakan petualangan sang Dark Knight sebagai vigilante Gotham sekaligus ayah dari seorang Robin yang pandai mencabut nyawa orang lain, yaitu Damian Wayne. Dinamika antara Batman dan Robin Damian ini akan menjadi fokus utama dari film The Brave and the Bold. Meskipun segala sesuatunya masih dirahasiakan, tetapi laporan terbaru menyebutkan bahwa sutradara The Flash’ Andy Muschietti adalah kandidat terkuat yang akan menggarap film Batman dan Robin ini.

Supergirl: Woman of Tomorrow

Selain Superman, sepupunya Kara Zor-El alias Supergirl juga dipastikan akan mendapatkan sebuah film DC Universe pasca penayangan The Flash yang berjudul Supergirl: Woman of Tomorrow. Namun perlu kita catat, Supergirl yang akan menjadi bintang utama filmnya ini bukan versi Sasha Calle yang baru akan debut di film The Flash, melainkan versi baru yang pemerannya masih belum ditentukan. Film ini digadang-gadang akan mengadaptasi komik karya Tom King berjudul sama, yang bercerita tentang Supergirl yang tinggal di puing-puing Planet Krypton selama bertahun-tahun sebelum tiba di Bumi. Hal inilah yang kemudian membuatnya menjadi pribadi yang lebih keras dan kacau dari Superman.

Swamp Thing

Terakhir, film DC Universe yang sudah dipastikan akan tayang pasca kejadian multiverse di The Flash adalah Swamp Thing. Di komiknya karakter Swamp Thing dikenal sebagai antihero berpenampilan mengerikan yang mirip seperti monster rawa. Walaupun begitu dia lebih sering menggunakan kekuatan supernya untuk tujuan baik, khususnya yang membela alam di sekitarnya. Menurut co-CEO DC Studios James Gunn, film Swamp Thing yang bernuansa horor ini akan menjadi penutup dari chapter pertama DC Universe yang berjudul Gods and Monsters. Di mana yang akan menjadi sutradaranya adalah James Mangold yang sebelumnya menggarap film Marvel berjudul Logan (2017) dari FoxVerse.

Itulah deretan film DC Universe baik yang sudah terjadwal maupun belum, yang dipastikan akan tayang perdana pada tahun-tahun mendatang pasca The Flash. Meskipun untuk tayangan yang sudah terjadwal sudah tidak perlu kita ragukan lagi urutannya, tetapi khusus untuk yang belum terjadwal masih belum diketahui mana yang akan tayang terlebih dahulu. Belum lagi deretan series DC Universe yang juga masih belum punya jadwal rilis pasti. Yang jelas DC Studios sudah mengonfirmasi deretan film ini sebagai bagian dari DC Universe dan DC Elseworlds yang akan datang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.