Transformers adalah makhluk canggih dari Cybertron yang memiliki kekuatan luar biasa serta kemampuan untuk berubah menjadi bentuk lain. Namun sama halnya dengan semua makhluk hidup di alam semesta, mereka juga dapat mengalami kerusakan atau mati entah itu karena pertempuran maupun penyebab lain. Bedanya dalam mitologi Transformers setidaknya ada beberapa artefak atau elemen yang konon bisa bangkitkan kembali Transformers yang telah mati. Dalam artikel ini kita akan mengulas lima artefak dan elemen tersebut serta bagaimana benda-benda ini bisa bangkitkan Transformers mati.

Matrix of Leadership

Matrix of Leadership adalah salah satu artefak paling kuat dalam dunia Transformers yang bisa bangkitkan robot mati. Dikatakan bahwa Matrix ini merupakan pancaran energi kehidupan dari sang Creator God Primus yang telah menciptakan bangsa Transformers miliaran tahun lalu. Itulah mengapa energi di dalamnya bisa menghidupkan para pemimpin Transformers yang punya ikatan kuat dengan Matrix. Seperti yang dialami oleh Optimus Prime di berbagai kisahnya, seperti di serial animasi Generation 1 dan film Revenge of the Fallen. Sampai hari ini Matrix of Leadership selalu digambarkan sebagai artefak ajaib yang dijaga ketat dan hanya bisa berfungsi di tangan pemimpin Autobots.

Allspark

Artefak selanjutnya yang bisa dipakai untuk bangkitkan Transformers mati adalah Allspark. Penggemar setia film live action Transformers mungkin sudah tidak asing lagi dengan AllSpark yang berfungsi sebagai sumber kehidupan Cybertronian. Konon jika AllSpark hancur, seluruh kehidupan di planet Cybertron akan ikut mati juga. Sebaliknya, jika AllSpark dimanfaatkan baik, maka artefak ini bisa dipakai untuk menghidupkan kembali Transformers yang telah mati. Hal ini terlihat jelas di film-film live action Transformers, di mana gelombang energi Allspark bahkan bisa memberikan kehidupan pada benda mati, seperti mobil, handphone, booth telepon, dan hal lainnya yang menyangkut teknologi.

Nucleon

Nucleon adalah elemen langka yang bisa dimanfaatkan juga sebagai sumber kekuatan dalam cerita Transformers. Nucleon memang bukan artefak yang diburu oleh para Decepticon apalagi Autobots, tetapi melalui metode khusus efeknya terbukti bisa bangkitkan Transformers yang telah mati. Dalam dosis kecil Nucleon juga bisa meningkatkan kekuatan Transformers. Namun jiga digunakan dalam jumlah besar atau jangka panjang, Nucleon punya efek negatif yang membuat penggunanya harus rela kehilangan kemampuan untuk berubah menjadi bentuk lain.

Energon

Artefak yang punya kemampuan untuk bangkitkan Transformers mati selanjutnya adalah Energon. Pada dasarnya Energon punya banyak bentuk, termasuk logam, kristal, gas, dan bahkan energi mentah, yang tidak jarang dijadikan bahan dasar untuk membuat artefak kuat di semesta Transformers. Konon Bumi adalah salah satu planet yang punya cadangan Energon mentah terbesar, itulah mengapa baik di versi animasi maupun live action Transformers, para Autobots dan Decepticons saling bertempur di Bumi. Selain bisa menghidupkan, Energon juga bisa difungsikan sebagai makanan maupun minuman bagi para Transformers.

Transformium

Selain artefak tunggal seperti Matrix of Leadership dan Allspark, elemen langka seperti Transformium juga bisa dimanfaatkan untuk bangkitkan Transformers yang telah mati. Elemen ini lahir saat Creator menanam ‘benih’ di sebuah planet dan mengubah semua kehidupan di dalamnya menjadi Transformium. Nah di film live action Transformers: Age of Extinction, perusahaan konglomerat Kinetic Solutions Incorporated yang berhasil menguasai Transformium pernah mengunakannya untuk menghidupkan Megatron sebagai Galvatron. Melalui kepala Megatron yang masih utuh, KSI yang ternyata antek Creator sengaja menciptakan tubuh baru dan menjadikannya sebagai pemimpin robot jahat baru.

Itulah lima artefak dan elemen yang bisa dipakai untuk bangkitkan Transformers yang telah mati, entah itu Autobot, Decepticon, bahkan kelompok Beast Transformers Maximals. Dalam kasus tertentu ada beberapa artefak atau elemen yang justru efeknya lebih ampuh terhadap kelompok tertentu. Seperti Matrix of Leadership untuk Autobots, atau Transformium untuk robot jahat. Mengingat film-film Transformers tidak pernah lepas dari artefak atau elemen ini kemungkinan besar salah satunya akan dimanfaatkan juga di film Transformers: Rise of the Beasts yang saat ini tengah tayang di bioskop.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.