Paramount Pictures akan menghadirkan film Transformers: Rise of the Beasts yang memperkenalkan faksi terbaru, yaitu Transformers Maximals. Namun, seperti apa asal-usul Transformers tersebut? Franchise Tranformers merupakan salah satu franchise tersukses yang dihadirkan oleh Paramount Pictures. Meskipun begitu, beberapa film terakhir dari franchise ini cukup mengecewakan para fans.

Untuk mengatasi hal tersebut, dan juga menghilangkan rasa jenuh (fatigue) terhadap franchisenya, Paramount kemudian menghadirkan film terbaru yaitu Transformers: Rise of the Beasts. Berbeda dengan Transformers pada umumnya, film ini akan menghadirkan robot hewan. Dan salah satu faksi yang akan muncul adalah Maximals. Namun, siapa Maximals dan seperti apa asal-usulnya?

Keturunan Autobots

Transformers Maximals merupakan perwujudan dari sisa-sisa pertarungan epik the Great War yang terjadi sebelumnya. Mereka adalah keturunan dari Autobots, yang mengendalikan planet Cybertron. Seperti yang disebutkan di atas, para Transformers Maximal merupakan hewan. Meskipun begitu, seperti halnya Transformers pada umumnya mereka juga memiliki form untuk berbaur dengan yang lain.

Jika biasanya Tranformers berubah menjadi kapal, jet, mobil, atau sebagainya, maka Transformers Maximal berubah menjadi hewan seperti mamalia, burung, ikan, bahkan ada juga yang berubah menjadi dinosaurus. Tubuh mereka akan terbungkus oleh kulit organik buatan yang membuat mereka mampu menyamar dengan baik seperti halnya nenek moyang mereka yaitu Autobots.

Selain itu, sama juga seperti pendahulunya, Autobots, Transformer Maximals tidak senang akan peperangan. Mereka justru lebih ingin menjaga perdamaian dan nilai-nilai demokrasi yang sudah terbangun sebelumnya. Transformers Maximals memang sangat dahsyat dan cerdas. Tetapi, level kecerdasan dan juga fisiologis mereka tidak sempurna. Misalnya, mereka masih memiliki sisi dan insting hewan mereka. Juga, level kemampuan ilmu pengetahuan dari para Maximal tidak terlalu luar biasa. Hasilnya, sering kali mereka membuat atau menghadirkan subyek penelitian yang mengerikan.

Berasal Dari Hewan Prasejarah

Sebenarnya, dalam cerita di seri animasinya sendiri sejauh ini memang masih belum ada informasi jelas dan lengkap mengenai Tranformers Maximal. Seperti yang ada di poin sebelumnya, mereka merupakan keturunan dari Autobots. Meskipun begitu, ada kemungkinan jika asal-usul para Transformers Maximals ini mengalami perubahan detail. Setidaknya inilah petunjuk yang sang sutradara hadirkan.

Steven Caple Jr. merupakan sutradara untuk film Rise of the Beasts, dan menjelaskan jika para Transformers Maximals merupakan hewan pra-sejarah yang pergi melintasi ruang dan waktu sebelum kemudian tiba di bumi. Optimus Primal adalah pemimpin dari para Maximals. Dia merupakan Transformers yang memiliki bentuk gorila. Dan Primal merupakan sosok penting bagi Maximals.

Hal ini pun seolah sejalan dengan setting waktu di filmnya yaitu tahun 1994, beberapa tahun pasca film Bumblebee yang bersetting pada 1987. Namun, yang menarik adalah dalam trilogi War For Cybertron dijelaskan jika Transformers Maximal muncul setelah Autobots kalah. Megatron dan Optimus Prime berubah menjadi Nemesis Prime dan Galvatron. Para Maximals kemudian pergi melintasi waktu untuk merubah itu semua.

Musuh Dari Predacons

Sama halnya seperti Autobots yang memiliki musuh bebuyutan, yaitu Decepticons, para Maximals juga memiliki musuh bebuyutan mereka yaitu Predacons. Transformers Predacons merupakan keturunan dari para Decepticons. Para Predacons ini benar-benar memiliki tabiat jahat seperti halnya Decepticons. Kebencian dan peperangan ini disebabkan oleh adanya perbedaan status dan kasta sosial.

Di planet Cybertron, para Predacons merupakan Tranformers yang dianggap sebagai penduduk kelas menengah ke bawah. Status sosial mereka berada di bawah para Maximals, yang mana hal inilah yang melahirkan kecemburuan sosial diantara mereka. Sejak saat itu, Predacons kemudian mulai menunjukan kebencian mereka terhadap Maximals dan bahkan tidak jarang mereka saling bertarung.

Para Predacons juga memiliki kemampuan untuk bertransformasi. Namun, yang berbeda adalah jika Maximals berubah menjadi hewan mamalia, burung, dan sebagainya, para Predacons justru berubah menjadi jenis hewan lain. Contoh nyatanya adalah reptil, serangga, hewan tanpa tulang belakang, namun ada juga yang bisa berubah menjadi makhluk laut atau bahkan kendaraan militer. Kita nantikan saja ya Geeks pertarungan antara Maximals dan Predacons di film Rise of the Beasts pada Juni mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.