Sejak pertama kalirobot Transformers hadir dalam bentuk animasi pada tahun 80-an, kita sudah disuguhkan pada pengetahuan tentang asal usul mereka yang berasal dari planet Cybertron. Baik itu Autobot maupun Decepticon, mereka baru diceritakan menginjakkan kakinya di Bumi pada masa modern. Menariknya, meskipun hubungan antara manusia dan robot yang bisa berubah bentuk ini masih terbilang singkat, tetapi hebatnya manusia sudah bisa mengembangakan teknologi untuk menciptakan Transformers sendiri. Muncul di berbagai media, berikut ini 7 Transformers yang ternyata diciptakan oleh manusia!

Stinger

Muncul pertama kali di film live action Transformers Age of Extinction, Stinger merupakan robot yang diciptakan khusus oleh manusia untuk menyaingi Bumblebee. Semuanya bermula saat perusahaan Kinetic Solutions Incorporated (KSI) mencoba menciptakan sejumlah robot yang menyerupai robot Transformers sebagai barang dagangan mereka. Dari sekian banyak robot ciptaan KSI, hanya Stinger yang tampak menonjol di filmnya, di mana dia diperlihatkan berubah menjadi mobil sport Pagani Huayra berwarna merah. Ketika Galvatron alias Megatron melancarkan rencananya di Bumi, Stinger memutuskan untuk menjadi bagian dari Decepticon, sebelum akhirnya hancur di tangan Bumblebee.

Junkcheap

Sama seperti Stinger, Junkcheap merupakan robot canggih lainnya yang berhasil diciptakan manusia, tepatnya oleh perusahaan teknologi KSI di film Transformers Age of Extinction. Bedanya dengan Stinger, Junkcheap terdiri dari tiga robot terpisah yang bisa berubah menjadi truk sampah berwarna hijau. Jika dibandingkan dengan Stinger yang dibekali A.I. canggih, Junkcheap justru tampak seperti robot tanpa pikiran yang hanya mempunyai satu tujuan, yaitu menghancurkan Transformers di muka Bumi. Namun, ketika Galvatron kembali, Junkcheap juga akhirnya menjadi bagian dari Decepticon bersama Stinger.

Doublecrosser

Doublecrosser adalah robot tiruan Transformers yang diciptakan oleh manusia menggunakan kekuatan Angolmois Energy, sumber energi kuno yang ditemukan di planet Gaia. Kemunculan awal Doublecrosser di Generations Selects Special Comic sebenarnya tidak terlalu menonjol, karena sejatinya dia merupakan robot pembantu yang hanya bisa berubah menjadi tembok atau langit-langit dari markas luar angkasa milik manusia. Seiring berjalannya waktu, Doublecrosser yang merasa dirinya tidak lebih dari budak manusia akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Decepticon dalam misi penaklukan Bumi. Di mana dia mendapatkan peran baru sebagai perisai bagi Decepticon lain.

Rung

Rung adalah Transformers lainnya yang diciptakan oleh manusia sebagai robot pembantu di markas manusia. Bedanya dengan robot pembantu lain, Rung dilengkapi dengan database yang berisi tentang informasi lengkap tentang Transformers. Itulah mengapa ketika para robot pembantu memutuskan untuk berbalik melawan manusia, Rung ditunjuk sebagai pemimpin mereka. Di mana dengan pengetahuan yang dimilikinya, Rung berpikir bahwa Decepticon adalah kelompok yang paling layak menerima semua kelebihan mereka. Alih-alih berubah menjadi kendaraan, Rung hanya mampu berubah menjadi mesin bor yang bisa dimanfaatkan sebagai senjata oleh Decepticon lain.

Smashdown

Satu lagi robot pembantu di Generations Selects Special Comic yang diciptakan oleh manusia adalah Smashdown. Sama seperti robot pembantu lain, Smashdown juga hanya mampu berubah menjadi alat bantu manusia. Dalam hal ini dia bisa berubah menjadi palu yang awalnya hanya dimanfaatkan sebagai alat di pabrik manusia. Sama seperti Rung, Ketika dia bergabung dengan Decepticon, Smashdown akhirnya mendapatkan fungsi baru sebagai senjata penghancur. Meskipun sama-sama berfungsi sebagai alat bantu, tetapi setidaknya ketika para robot ini bergabung dengan Decepticon, mereka diberikan kesempatan untuk mengambil keputusannya sendiri.

Nemesis Prime

Dari nama dan bentuknya mungkin kalian sudah menebak siapa sebenarnya Nemesis Prime. Dia adalah counterpart pemimpin Autobot Optimus Prime yang sama-sama bisa berubah menjadi truk freighliner. Bedanya, Nemesis mempunyai warna dasar hitam yang menggambarkan sisi jahatnya. Awalnya sebenarnya robot yang diciptakan oleh manusia ini dimaksudkan sebagai pengganti Optimus yang ditugaskan untuk melindungi Bumi. Sayangnya, ketika selesi justru Nemesis menjadi robot yang tidak bisa dikendalikan karena mempunyai pikiran yang tidak sempurna. Pada titik inilah dia mulai menjadi pemimpin bagi robot jahat lainnya sekaligus bersumpah akan menghancurkan Optimus dan para Autobot.

Nightbird

Dari sekian banyak robot tiruan, Nightbird tercatat sebagai robot pertama yang berhasil diciptakan oleh ilmuwan manusia bernama Doctor Fujiyama. Dengan penampilan layaknya ninja, awalnya Nightbird difungsikan sebagai robot mata-mata, sebelum akhirnya Bombshell menculiknya dan mengubahnya menjadi Decepticon yang berbalik melawan manusia. Yang lebih menariknya lagi, Nightbird dipastikan akan muncul kembali dalam bentuk live action di film Transformers: Rise of the Beasts yang akan tayang pada 9 Juni 2023. Masih belum diketahui apakah dia mempunyai origin yang sama atau tidak, yang jelas Nighbird akan menjadi bagian dari robot jahat Terrorcon bersama Scourge.

Itulah 7 Transformers yang diciptakan oleh manusia untuk tujuan baik, tetapi akhirnya malah berbalik menjadi ancaman bagi Bumi. Berdasarkan semua sejarah para robot yang akhirnya menjadi jahat ini, mungkin secara tidak langsung waralaba Transformers ingin menjelaskan bahwa manusia sebenarnya masih belum mempunyai cukup pengetahuan dan kemampuan untuk menciptakan Transformers yang sempurna. Karena pada akhirnya ciptaan mereka selalu berakhir menjadi musuh yang ingin menghancurkan penciptanya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.