Sama halnya dengan manusia, Cybertronian seperti Autobot dan Decepticon pada dasarnya adalah makhluk hidup yang eksis di semesta Transformers. Meskipun tubuh mereka sepenuhnya sibernetik, tetapi mereka juga membutuhkan sesuatu agar bisa terus beraktivitas dan bertahan hidup, seperti makhluk organik yang tidak bisa lepas dari udara, air, dan makanan. Bagi Transformers sendiri setidaknya ada lima elemen yang menjadi sumber kekuatan utama mereka, di mana semuanya terkadang malah menjadi pemicu perang di kalangan Cybertronian. Apa saja elemen yang dimaksud? Simak di bawah ini.

Energon

Di semesta Transformers, energon merupakan salah satu sumber kekuatan utama yang sangat berharga bagi para Cybertronian, baik itu Autobot maupun Decepticon. Saking berharganya, para cybertronian sering mengolah kristal atau bongkahan batu energon menjadi makanan, minuman energi, dan nilai tukar dalam keseharian mereka. Konon energon sendiri sejatinya adalah perwujudan energi dari pencipta Transformers, Primus. Itulah mengapa ketika perang besar antara Autobot dan Decepticon terjadi, salah satu yang mereka perebutkan adalah energon. Termasuk ketika mereka bertempur di planet Bumi, yang menurut mereka mempunyai jumlah cadangan energon yang sangat besar.

Dark Energon

Tidak jauh berbeda dengan energon yang merupakan pancaran energi Primus, dark energon juga merupakan pancaran energi dari kembaran jahat Primus yang bernama Unicron. Itulah mengapa sumber kekuatan yang sering disebut juga sebagai anti-spark atau sparks of unicron ini pada dasarnya mempunyai efek negatif, setidaknya kepada para Transformers baik. Meskipun sama-sama merusak tubuh mereka, tetapi tidak jarang Decepticon justru malah menggunakan dark energon untuk melancarkan kejahatan mereka, termasuk meningkatkan kekuatan untuk sementara waktu, menghidupkan anggota yang telah mati, dan melemahkan para Autobot.

Synthetic Energon

Jika tadi energon bisa difungsikan sebagai minuman energi dan dark energon sebagai racun, synthetic energon atau yang sering disebut juga synth en justru dikenal sebagai obat-obatan terlarang di semesta Transformers. Terbuat dari energon yang telah melalui prosedur sintetis, synth en digadang-gadang dapat menjadi sumber kekuatan pengganti yang lebih efisien, sebagai bayarannya Transformers yang menggunakannya akan merasa ketagihan. Meskipun pengguna synth en bisa menjadi lebih kuat, lebih cepat, dan lebih bertenaga untuk sementara waktu, tetapi mereka biasanya akan langsung terlihat lebih agresif. Itulah mengapa Optimus Prime menyarankan para Autobot untuk menghindarinya.

Transformer Fuel

Selain energon, transformer fuel atau t-fuel adalah energi alternatif yang dapat difungsikan sebagai sumber kekuatan Transformers. Meskipun jarang diceritakan, tetapi t-fuel biasanya diperlihatkan pada saat para Transformers ingin melakukan upacara sakral. Seperti yang terjadi di komik The Transformers #7, ketika Decepticon Megatron dan Autobot Ratchet saling menuangkan t-fuel dari tangannya dan kemudian membakarnya untuk melakukan sumpah Cybertronian paling sakral. Melihat cara yang dilakukan oleh para Transformers saat melakukan sumpah tersebut, bisa dikatakan t-fuel sendiri merupakan bahan bakar cair yang berfungsi layaknya darah Transformers.

Nucleon

Berbeda dari energon dan t-fuel yang mungkin lebih sering dijumpai, nucleon justru dikenal sebagai sumber kekuatan Transformers yang paling langka. Nucleon yang tampak seperti cairan beracun ini terbukti dapat meningkatkan kekuatan seorang Transformers sampai berkali-kali lipat. Untuk kasus yang lebih ekstrem lagi, nucleon bahkan bisa difungsikan untuk menghidupkan kembali Transformers yang telah mati. Sayangnya, di balik semua kelebihan tersebut, efek negatif dari nucleon dapat membuat penggunanya kehilangan kemampuan untuk berubah bentuk.

Itulah 5 sumber kekuatan utama di semesta Transformers, yang sering menjadi bahan perebutan antara Autobot dan Decepticon. Untuk elemen yang berbahaya, biasanya kelompok robot naif seperti Autobot akan berusaha menghancurkannya agar tidak jatuh ke tangan yang salah, sedangkan lawannya Decepticon malah ingin menguasainya demi melancarkan kejahatan mereka. Berdasarkan sejarah pertempuran Transformers yang sangat panjang, cukup jelas bahwa semua sumber kekuatan utama ini selalu menjadi pemicu dari konflik abadi antara Autobot dan Decepticon.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.