Dari sekian banyak Transformers baru yang akan unjuk kekuatan di film Rise of the Beasts, Optimus Primal adalah salah satu robot yang paling menarik perhatian penggemar. Meskipun sekilas terlihat mirip seperti Optimus Prime dari Autobots, Optimus Primal sejatinya merupakan sosok yang sama sekali berbeda dan mempunyai keunikannya tersendiri. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh siapa sebenarnya Optimus Primal di Transformers: Rise of the Beasts, melalui berbagai fakta menarik sang Beast Prime dalam sejarah panjang waralaba Transformers!

Debut di Serial Animasi Beast Wars

Fakta Optimus Primal Transformers Rise Beasts

Jauh sebelum muncul di film Transformers: Rise of the Beasts nanti, fakta pertama yang harus kita tahu dari Optimus Primal adalah debutnya sebagai karakter utama di Beast Wars. Rilis perdana pada tahun 1996, Beast Wars sendiri adalah serial animasi yang dimaksudkan untuk mendongkrak popularitas Transformers Generation 1 yang sempat meredup pada akhir tahun 1990-an. Keterlibatan Optimus Primal di serial animasinya ini memungkinkan para penggemar melihat sudut pandang lain dari sekelompok Transformers yang ternyata punya bentuk perubahan alternatif sebagai hewan buas.

Bisa Berubah Jadi Gorila

Fakta Optimus Primal Transformers Rise Beasts

Alasan mengapa Optimus Primal dan Transformers sejenisnya bisa berubah menjadi hewan buas adalah karena mutasi kosmik pada era Beast War yang disebut Transmetal. Sama seperti Beast Transformers lainnya, efek Transmetal pada tubuh Optimus Primal telah memungkinan dirinya untuk berubah menjadi robot gorila semi organik. Di mana bentuk perubahan alternatifnya ini mempunyai sejumlah bulu pada beberapa bagian tubuhnya. Cukup jelas bahwa fakta ini akan diadaptasi juga di film Transformers: Rise of the Beasts nanti untuk menggambarkan bentuk alternatif Optimus Primal sebagai gorila berbulu.

Pemimpin Tangguh Maximals

Fakta Optimus Primal Transformers Rise Beasts

Fakta bahwa Optimus Primal adalah karakter utama di Beast Wars dan juga film Rise of the Beasts nanti, langsung menempatkannya sebagai pemimpin para Beast Transformers baik yang disebut Maximals. Seperti yang kita tahu, Maximals adalah kelompok Transformers protagonis yang akan membantu para Autobots dalam menghadapi Terrorcons di film Rise of the Beasts. Optimus Primal dikenal sebagai pemimpin tangguh yang selalu terlihat memimpin Maximals lain, seperti Airazor, Rhinox, dan Cheetor. Jabatannya ini sulit untuk tergantikan karena dia merupakan kandidat pemilik Matrix of Leadership di semestanya.

Keturunan Autobots

Fakta Optimus Primal Transformers Rise Beasts

Sebagai Transformers yang hidup pada masa depan, dalam cerita Beast Wars disebutkan bahwa Optimus Primal dan para Maximals lain merupakan keturunan jauh dari Autobots. Di mana mereka mewarisi sifat-sifat heroik untuk melindungi Bumi, tidak seperti musuh bebuyutannya yaitu Predacons yang ingin menguasai Bumi demi kepentingan sendiri. Berbekal fakta ini tidak aneh jika Optimus Primal di Rise of the Beasts nanti akan membantu Optimus Prime untuk menghalau ancaman pemimpin Terrorcons’ Scourge yang diduga kuat telah mendapatkan perintah langsung dari Unicron the Planet Eater.

Sering Mati dan Bangkit Lagi

Layaknya karakter utama dalam cerita superhero, Optimus Primal juga terbilang sering mati, entah itu karena dibunuh oleh Beasts Megatron dan para Predacons atau karena mengorbankan dirinya untuk keselamatan Bumi. Yang jelas fakta ini sudah beberapa kali diceritakan jauh sebelum Optimus Primal ditakdirkan untuk kembali di film Transformers: Rise of the Beasts nanti. Misalnya di serial animasi Beast War dan juga Beast Machines: Transformers yang rilis tahun 1999. Namun pada akhirnya dia selalu berhasil bangkit kembali sebagai sosok yang lebih tangguh dari sebelumnya.

Pernah Gunakan Spark Optimus Prime

Fakta Optimus Primal Transformers Rise Beasts

Meskipun tidak pernah mengklaim bahwa dirinya adalah keturunan Optimus Prime, tetapi Optimus Primal adalah satu-satunya Maximals yang memang bisa menyatu dengan Spark Prime. Spark sendiri adalah sumber kehidupan atau nyawa bagi para Transformers yang berfungsi layaknya jantung. Nah ketika Optimus Primal menemukan dan mencoba menyatu dengan Spark Prime, dia langsung berubah menjadi versi yang lebih kuat dan lebih besar bernama Optimal Optimus. Sepertinya akan sangat menarik jika fakta Optimus Primal di Beast Wars ini akan diadaptasi juga di film Transformers: Rise of the Beasts.

Punya Banyak Bentuk Perubahan

Selain pernah menjadi Optimal Optimus, Optimus Primal juga pernah memiliki bentuk perubahan alternatif lainnya. Misalnya bentuk perubahan alternatif kelelawar di komik dan mainan awal Beast Wars. Selain itu di serial animasi Beast Wars sendiri dia juga pernah mendapatkan upgrade Transmetal yang memungkinkannya untuk terbang menggunakan papan surfing bertenaga jet. Sedangkan di Beast Machines: Transformers, Optimus Primal punya bentuk technorganic yang bisa menyerang dan bertahan menggunakan medan energi. Fakta ini tentunya membuat kita makin penasaran dengan seberapa jauh perubahan Optimus Primal di kisah Transformers: Rise of the Beasts nanti.

Itulah tujuh fakta menarik dari Optimus Primal yang sebentar lagi akan beraksi di film Transformers: Rise of the Beasts. Dari berbagai fakta karakternya ini setidaknya bisa kita simpulkan bahwa film live action Transformers ketujuh nanti akan mengadaptasi beberapa origin aslinya. Seperti jabatannya sebagai pemimpin Maximals yang mempunyai bentuk perubahan alternatif gorila. Saat filmnya tayang perdana di bioskop mulai tanggal 7 Juni, bukan tidak mungkin kita akan melihat fakta menarik dari karakter Optimus Primal yang kemungkinan besar berasal dari masa depan yang sangat jauh seperti versi animasinya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.