Transformers: Rise of the Beasts adalah film live action ketujuh dari waralaba Transformers yang dipastikan akan menghadirkan kelompok robot antagonis baru. Alih-alih kembali melibatkan Decepticons, filmnya justru akan menjadikan Terrorcon yang dipimpin oleh Scourge sebagai musuh baru bagi para Autobots. Meskipun posisinya digeser oleh Scourge, tetapi bukan berarti Megatron akan dihilangkan dari waralabanya. Karena filmnya sendiri digadang-gadang akan memperkenalkan kelompok robot Predacon juga, yang secara tidak langsung telah membuka jalan bagi Beast Megatron di Transformers: Rise of the Beasts!

Eksistensi Predacon di Rise of the Beast

Meskipun saat ini tidak ada satu pun promosi Transformers: Rise of the Beasts yang memperlihatkan Megatron, tetapi pada tahun 2021 sutradara Steven Caple Jr. sempat mengisyaratkan potensi kemunculan musuh abadi Optimus Prime tersebut melalui eksistensi Predacon di filmnya. Pada saat itu Caple mengatakan bahwa Predacon akan menjadi kelompok antagonis tambahan yang mengiringi Terrorcon. Berdasarkan hal tersebut bukan tidak mungkin kedekatan Predacon dan Terrorcon di filmnya nanti akan sama seperti para Maximal yang dimaksudkan untuk menjadi sekutu Autobot.

Meskipun tidak menjelaskan secara detail siapa saja Predacon yang dia maksud, tetapi Caple pernah menegaskan bahwa tidak akan ada Predacon tanpa anggota klasiknya. Artinya jika Predacon ditakdirkan untuk muncul di Transformers: Rise of the Beasts sudah menjadi suatu keharusan bagi Beast Megatron untuk unjuk gigi bersama para anggota klasik lainnya. Walaupun misalnya nanti mereka tidak muncul ketika Autobot dan Maximal bertempur melawan Terrorcon, tetapi kemungkinan besar Beast Megatron dan Predacon akan tetap menampakan dirinya menjelang ending Transformers: Rise of the Beasts.

Megatron di Beast Wars Transformers

Sebagai pengingat, Beast Megatron sendiri adalah antagonis utama di serial animasi Beast Wars Transformers (1996). Sebagai pemimpin Predacon yang terkenal sangat kejam, Megatron digambarkan sebagai saingan Optimus Primal, pemimpin kelompok robot protagonis Maximal sekaligus keturunan Autobot. Sama seperti inkarnasi lainnya, Megatron versi Beast ini juga sangat berambisi untuk menguasai Bumi. Dalam prosesnya dia ditemani oleh sejumlah Predacon tangguh yang tidak kalah kejam darinya, termasuk Scorponok, Tarantulas, Terrorsaur, Waspinator, dan Blackarachnia.

Terkenal sebagai salah satu Transformers Beast terkuat, Megatron mempunyai banyak sekali kemampuan yang superior. Mulai dari kemampuan otak yang sangat canggih, sehingga bisa menciptakan strategi ampuh dan memanipulasi robot lain, sampai kemampuan bertarung yang setara dengan Optimus Primal. Semua kehebatannya tersebut tergambar dari bentuk perubahan alternatifnya, yaitu robot t-rex berwarna ungu. Yang lebih hebatnya lagi, ketika tubuhnya bermutasi menjadi campuran logam yang disebut Transmetal, Megatron bahkan mampu berubah menjadi naga berwarna merah.

Setelah melalui banyak pertarungan dengan Maximal di Bumi, Megatron versi Beast ini bahkan pernah diceritakan mendapatkan kesempatan untuk pergi ke planet asal para Transformers, yaitu Cybertron. Pada titik inilah dia berhasil menyebar virus di Cybertron sehingga para penduduknya mau bertekuk lutut kepadanya. Di kisah terakhirnya inilah untuk pertama kalinya Megatron versi Beast berhasil mencapai tujuannya yaitu menjadi penguasa dari suatu peradaban, setidaknya di planetnya sendiri.

Masa Depan Megatron dan Predacon

Terlepas dari detail plot filmnya yang masih menjadi misteri, sebenarnya ada banyak cara untuk memunculkan Beast Megatron di film Transformers: Rise of the Beasts. Salah satunya dengan menghadirkan Megatron lama versi Decepticon, kemudian membuatnya bermutasi menggunakan Transmetal yang mungkin disimpan oleh Optimus Primal dan para Maximal. Dengan begitu, Megatron yang kita kenal sebelumnya bisa terlahir kembali sebagai Beast Megatron sekaligus pemimpin dari para Predacon. Yang nantinya mereka bisa menjadi ancaman besar setelah Terrorcon di sekuel Rise of the Beasts pada masa mendatang.

Itulah pembahasan tentang petunjuk sekaligus teori yang mengindikasikan bahwa Beast Megatron akan debut di film Transformers: Rise of the Beasts. Di sisi lain kemunculan dari inkarnasi Megatron sendiri sebenarnya sangat dibutuhkan untuk waralaba Trasnformers. Dan tentunya dengan Beast Megatron, waralabanya bisa tetap memunculkan karakter lama seperti dirinya dengan cara yang lebih fresh. Kita lihat saja nanti seperti apa kebenarannya saat film Transformer: Rise of the Beasts tayang di bioskop pada 9 Juni 2023.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.