Bioskop Trans TV akan menghadirkan film aksi menegangkan dan seru yaitu Elysium yang tayang pada Kamis, 1 Juni 2023 dan terdapat fakta-fakta menarik dari filmnya. Elysium merupakan film yang rilis pada 2013 lalu dan merupakan hasil garapan sutradara kawakan Neil Blomkamp. Elysium dibintangi oleh sederet aktris Hollywood seperti Matt Damon, Diego Luna, William Fichtner, dan masih banyak lainnya.

Sinopsis Film Elysium

Film bioskop Trans TV Elysium yang tayang pada 1 Juni 2023 ini bercerita tentang bumi di tahun 2154. Ketika itu, bumi benar-benar dalam keadaan hancur dan kecil harapan manusia untuk tinggal di planet ini. Elysium sendiri adalah nama sebuah tempat khusus bagi orang-orang kaya untuk bisa bertahan hidup dari kehancuran bumi. Bentuknya mirip seperti sebuah stasiun ruang angkasa dengan berbagai fasilitas yang mewah dan lengkap.

Max, yang merupakan karakter utama filmnya, harus terkena paparan radiasi mengerikan yang ada di bumi. Paparan radiasi tersebut membuat nyawa Max berada di ujung tanduk. Tidak ada cara lain untuk bisa menyembuhkan penyakit yang Max alami tersebut selain melakukan pengobatan dan mendapatkan perawatan lengkap di Elysium. Sayangnya, upaya Max untuk bisa pergi ke Elysium terkendala akses masuk.

Max akhirnya melakukan segala upaya untuk bisa pergi ke Elysium, salah satunya adalah dengan menyewa jasa seorang penyelundup bernama Spider. Meskipun Spider setuju untuk membantu Max pergi ke Elysium, ternyata dia mengajukan persyaratan khusus. Spider ingin Max mencuri sebuah informasi data penting yang menjalankan berbagai program di Elysium. Namun, setelah berhasil mencuri informasi yang Spider inginkan Max justru menemukan fakta lain yang mengejutkan.

Fakta Film Elysium

Film Elysium yang tayang di Bioskop Trans TV memiliki berbagai fakta yang menarik. Lalu, apa saja fakta mengenai film Elysium?

Terinspirasi Dunia Nyata

Ternyata, film Elysium yang tayang di Biioskop Trans TV tidak akan pernah lahir jika Neil Blomkamp tidak mendapatkan inspirasi yang tepat. Menurut laporan Wired, setelah sukses dengan film District 9 sang sutradara ingin membuat film fiksi ilmiah. Neil Blomkamp akhirnya mendapatkan inspirasi untuk membuat film Elysium setelah dia menyaksikan tayangan National Geographic tentang stasiun luar angkasa milik NASA.

Bahkan, dalam laporan itu juga menyebutkan jika Elysium yang jadi habitat manusia baru terinspirasi dari fasilitas milik NASA. Selain fasilitas Elysium, ada beberapa momen menarik yang juga terinspirasi berdasarkan kisah nyata. Contohnya, ketika Max melakukan operasi otak. Adegan itu terinspirasi dari kejadian ayah Neil Blomkamp yang melakukan operasi kanker otak.

Shooting di Tempat Sampah

Untuk menghadirkan kesan realistis, sutradara film tentu akan melakukan apa pun termasuk melakukan pengambilan gambar di lokasi yang tidak biasa. Ini juga yang kemudian Nel Blomkamp lakukan dalam proses produksi film Elysium. Geeks tentunya melihat bagaimana kondisi bumi yang muncul dalam filmnya nampak seperti sebuah wilayah antah berantah.

Untuk kemudian menghidupkan nuansa bumi yang kacau dan hancur, ternyata Blomkamp melakukan pengambilan gambar di lokasi yang tidak biasa yaitu tempat sampah. Lokasi tempat sampah tersebut ada di wilayah Mexico City. Selain menghadirkan nuansa realistis, hal ini juga dilakukan karena sang sutradara ingin menghadirkan nuansa kesedihan dan situasi yang kumuh ketika umat manusia sudah tidak lagi memiliki harapan.

Menghadirkan Merk Mobil Asli

Selain terinspirasi dari kejadian nyata, film Elysium yang tayang di Bioskop Trans TV juga ternyata menghadirkan merk mobil asli. Hal itu sengaja Blomkamp lakukan untuk semakin meningkatkan nilai realistis dari filmnya. Contoh dari hal ini adalah John Carlyle mengendarai sebuah Bugatti yang bisa terbang. Bugatti, seperti yang Geeks ketahui, adalah sebuah merk mobil mewah di dunia nyata.

Selain itu, jika Geeks perhatikan secara seksama ada logo Kawasaki yang tertempel di exo-suit yang Max kenakan. Geeks juga mungkin bisa menyadari jika kendaraan berlapis armor yang dikendalikan oleh Max dan Julio adalah Nissan GT-R. Neil Blomkamp menjelaskan mengapa masih ada merk mobil tersebut setelah 100 tahun. Menurutnya, dia terinspirasi dari orang-orang yang masih mengendarai mobil tua di era sekarang.

Hampir Ganti Pemeran Utama

Awalnya, Neil Blomkamp tidak berencana mencari nama besar aktor Hollywood untuk memerankan karakter Max yang merupakan protagonis utama filmnya. Blomkamp awalnya ingin menghadirkan Elysium sebagai sebuah film independen seperti karyanya yang lain. Menurut laporan Wired, Blomkamp sempat mengincar anggota grup musik asal Afrika Selatan yang jadi pengegmar film District 9.

Setelah sosok tersebut menolak tawaran Blomkamp, sang sutradara sempat mengincar rapper terkenal Eminem. Sayangnya, rencana tersebut kembali gagal. Blomkamp kemudian merubah konsepnya jadi film blockbuster. Dan akhirnya, nama Matt Damon muncul dalam daftar. Neil Blomkamp sendiri terkejut bahwa semua rencana yang dia susun berjalan dengan lancar setelah bekerja sama dengan para aktor populer.

Awal Yang Berbeda

Adegan pembuka film Elysium memperlihatkan bagaimana planet bumi sudah rusak dan tercemar akibat polusi dan kelebihan populasi manusia. Stasiun luar angkasa Elysium kemudian tercipta untuk menjadi solusi dari masalah tersebut. Adegan pembuka ini cukup memberikan kesan yang luar biasa terhadap para penonton. Tetapi, sebenarnya ada versi alternatif yang Blomkamp siapkan untuk adegan pembuka filmnya.

Dalam sesi tanya jawab pada 2013 lalu, Neil Blomkamp sempat mengatakan jika sebenarnya dia memiliki versi alternatif dari adegan pembuka film Elysium. Adegan alternatif ini memperlihatkan bumi dalam keadaan normal, tetapi di sepanjang ceritanya para penonton ikut melihat bagaimana kehancuran bumi tersebut. Blomkamp juga sudah menyiapkan versi durasi yang lebih panjang untuk adegan pembuka. Tetapi, pada akhirnya, Blomkamp menemukan titik tengah untuk hal ini.

Elysium Versi Komik

Kebanyakan film yang Neil Blomkamp ciptakan selalu muncul dengan sebuah konsep visual dan film Elysium yang akan tayang di Bioskop Trans TV pun tidak luput dari hal tersebut. Sebelum film Elysium mulai produksi ternyata Blomkamp sempat membuat komik atau novel visual terkait dengan filmnya. Salah satu bintang utama filmnya, Matt Damon, bahkan terkejut ketika mengetahui hal ini.

Buku komik atau buku konsep visual tersebut bukan hanya menghadirkan detil ilustrasi dari dunia yang muncul dalam ceritanya, tetapi juga senjata beserta berbagai teknologinya. Blomkamp juga menghadirkan konsep desain dari krakter Max. Blomkamp secara detil memberikan gambaran seperti apa bentuk atau rupa dari Max serta bagaimana ketika Max mengenakan baju exo-suit.

Bukan Film Politik

Banyak pihak yang menyebut jika film Elysium mengandung pesan politik yang sengaja Neil Blomkamp selipkan dalam cerita. Ada juga yang berpendapat jika Elysium adalah film yang jadi gambaran kritik sosial. Faktanya, Neil Blomkamp membantah semua spekulasi tersebut. Dalam sebuah wawancara, Blomkamp menegaskan bahwa Elysium bukan film yang menghadirkan pesan tersirat.

Menurut Blomkamp, jika pun dia ingin membuat sebuah film yang bertema kritik sosial atau menjadi film dengan pesan yang kuat bukan Elysium yang akan hadirkan melainkan sebuah sebuah film dengan konsep dokumenter. Blomkamp juga menjelaskan jika ledakan dan teknologi serta robot yang membuatnya begitu tekun dalam mengerjakan proyek film Elysium.

Elysium merupakan salah satu film fiksi ilmiah yang menarik yang akan tayang di bioskop Trans TV. Alur cerita yang menarik, yang dibungkus dengan berbagai adegan aksi dan drama serta penampilan apik dari para bintangnya membuat Elysium layak untuk Geeks saksikan. Beberapa kejutan juga muncul di sepanjang ceritanya yang membuat Geeks betah untuk duduk berlama-lama.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.