Berikut adalah beberapa fakta dan juga sinopsis dari film Man on Fire yang akan tayang di Bioskop Trans TV pada 3 Agustus 2023. Dibintangi oleh aktor kawakan Denzel Washington, film Man on Fire merupakan salah satu film yang berhasil mengantarkan kesuksan dari sang aktor hingga seperti sekarang. Film Man on Fire sendiri merupakan adaptasi dari novel karya A. J. Quinnell, dengan judul yang sama.

Meskipun begitu, film yang disutradarai oleh Tony Scott ini sedikit berbeda dengan apa yang orang-orang bayangkan. Ada beberapa fakta menarik mengenai film Man of Fire yang akan tayang di Bioskop Trans TV pada 3 Agustus malam ini dan berikut adalah sinopsis mengenai filmnya.

Sinopsis Man On Fire

Sosok John W. Creasy adalah seorang mantan anggota pasukan khusus Amerika Serikat yang mendapatkan tawaran untuk menjadi pengawal atau bodyguard dari sahabatnya, Paul Rayburn. Dia mendapatkan tawaran tersebut ketika Creasy mengunjunginya di Meksiko. Creasy ditawari untuk menjadi pengawal dari seorang bos otomotif di Meksiko, Samuel Ramos.

Namun, yang harus Creasy jaga bukanlah Ramos melainkan putrinya, Lupita Ramos. Alasan Ramos membutuhkan pengawal adalah karena angka kasus penculikan anak di Meksiko sangat tinggi pada saat itu. Di sisi lain, ini juga merupakan salah satu syarat agar asuransi anaknya aktif. Setelah berpikir panjang, akhirnya Creasy menerima tawaran pekerjaan untuk menjadi pengawal Lupita.

Menjadi pengawal Lupita nyatanya memberikan perubahan besar bagi sosok Creasy. Hidupnya menjadi jauh lebih baik setelah sebelumnya dia terjerumus dalam keterpurukan. Di sisi lain, hubungan yang terjadi antara Lupita dan Creasy pun menjadi sangat dekat di mana bahkan Creasy menganggap Lupita sebagai putrinya sendiri. Seiring berjalannya cerita, Creasy pun mulai mengalami banyak kejadian yang mengincar nyawa dari Lupita.

Lupita sendiri kemudian berhasil diculik oleh komplotan yang terdiri dari politisi, polisi, dan kriminal. Dan Creasy sendiri berusaha untuk membalas dendam atas apa yang terjadi kepada Lupita. Namun, ada beberapa plot twist yang akan membuat para fans terkejut dan tetap berada di bangkunya masing-masing. Apakah kemudian Creasy akan mampu menyelamatkan Lupita?

Berbagai Fakta Man On Fire

Lalu, apa saja berbagai fakta menarik dari film Man of Fire?

Film Pertama Dakota Fanning dan Denzel Washington

Memulai karir sebagai aktor cilik, Dakota Fanning sudah muncul dalam berbagai proyek film dan TV populer. Contohnya adalah The Twilight Saga, I Am Sam, dan The Runaways. Ternyata, banyak fans yang senang dengan peran Dakota Fanning di film Man on Fire berdasarkan jawaban dari sebuah wawancara dengan Collider. Ini juga menjadi proyek film pertama dari Dakota Fanning yang berkolaborasi dengan Denzel Washington.

man on fire

Chemistry atau hubungan yang terjalin antara Denzel dan Fanning dalam film ini juga banyak dipuji oleh berbagai pihak. Bahkan, ada yang menganggap jika hubungan antara Lupita dan Creasy berhasil mengangkat level filmnya. Yang menarik adalah setelah lebih hampir 20 tahun berlalu, Dakota Fanning dan Denzel Washington kembali muncul di film yang sama yaitu The Equalizer 3.

Lebih Menguras Fisik

Ketika film Man on Fire dirilis pada 2004, usia dari Dakota Fanning sendiri saat itu adalah 10 tahun. Meskipun biasanya bagi para aktor cilik untuk menghadirkan banyak emosi dalam sebuah film bisa sangaat melelahkan, namun bagi Fanning bukan itu yang kemudian menjadi tantangan terbesar dari filmnya. Justru, stamina dan kemampuan fisik yang dia miliki yang harus terkuras.

man on fire

Dalam sebuah wawancara dengan IGN, Fanning mengakui jika adegan berenang di film tersebut benar-benar sangat menantang dan memaksanya harus mempelajari kemampuan yang baru. Fanning mengatakan bahwa meskipun dia tahu cara berenang, tetapi dia harus mempelajari teknik menyelam dan berbalik. Hal itu membuat Fanning harus terus berlatih dan menguras staminanya.

Adaptasi Kedua Dari Novelnya

Ternyata, Man on Fire bukanlah adaptasi pertama dari novel dengan judul yang sama karyaa A. J. Quinnell tersebut. Adaptasi pertama versi film dari Man on Fire dilakukan pada 1987 yang diproduksi oleh Tri-Star Pictures. Filmnya disutradarai oleh Elie Chouraqui dan dibintangi oleh Scott Glenn sebagai Creasy. Beberapa bintang lainnya juga mengisi cast di film tersebut seperti Joe Pesci dan Jonathan Pryce.

man on fire

Sayangnya, film tersebut kurang mendapatkan tanggapan yang positif dari berbagai pihak. Bahkan, surat kabar The Los Angeles Times menyebut jika filmnya kurang menarik. Film Man on Fire yang rilis pada 2004 kemudian mencoba untuk menghindari kesalahan yang dibuat oleh film sebelumnya. Dan hasilnya pun bisa dibilang cukup sukses dan berhasil menghadirkan sesuatu yang baru.

Sang Penulis Senang Dengan Filmnya

Banyak penulis yang secara terang-terangan menolak atau kurang senang untuk menghadirkan sebuah adaptasi film dari karya-karya mereka. Meskipun para penulis tersebut akan mendapatkan keuntungan dari pembelian hak cipta filmnya, namun biasanya hasil akhir dari filmnya akan membuat sang penulis kecewa. Namun, ternyata hal ini tidak berlaku terhadap A. J. Quinnell penulis novel Man on Fire.

man on fire

Dalam wawancaranya dengan Times of Malta, Quinnell mengaku jika adaptasi film pertama dari novelnya sangat mengecewakan. Namun, dia sangat memuji upaya dari Tony Scott untuk tetap berpacu pada sumber aslinya. Quinnell juga senang untuk menyaksikan filmnya, meskipun pada awalnya dia ragu.

Terdapat Berbagai Hal Yang Dirubah

Meskipun filmnya mengadaptasi dari novel yang sama, serta alur cerita yang diangkat pun sama, film Man on Fire garapan Tony Scott ini menghadirkan beberapa detil perubahan dalam filmnya. Contohnya, setting tempat dari filmnya. Dalam cerita Man on Fire versi novel, setting ceritanya sendiri berada di Italia dan bukan Meksiko. Namun, ada alasan khusus mengapa Tony Scott kemudian merubah setting tempatnya menjadi Meksiko.

Negara Meksiko sengaja dipilih karena kasus penculikan terkait uang tebusan sangat tinggi. Bahkan, saking seriusnya kasus tersebut banyak orang kaya yang kemudian membeli asuransi penculikan seperti Samuel Ramos. Kemudian, nama dari Lupita sendiri sebenarnya adalah Pinta dalam cerita novelnya. Namun, Tony Scott kemudian melakukan perubahan menjadi “Pita” yang merupakan kependekan dari Lupita.

Man on Fire menjadi salah satu film aksi yang patut untuk ditonton oleh Geeks semua. Penampilan dari Denzel Washington dan Chemistry dengan Dakota Fanning menjadi salah satu alasan utama mengapa film ini menarik. Dan Geeks bisa menyaksikan film Man on Fire dalam Bioskop Trans TV yang akan tayang pada 3 Agustus 2023 malam ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.