Spider-Verse 2 merupakan sekuel dari film animasi Into the Spider-Verse yang berfokus pada petulangan Miles Morales alih-alih Peter Parker. Film yang berjudul resmi Spider-Man: Across the Spider-Verse ini akan menceritakan petualangan Miles di multiverse, sampai akhirnya bertemu dengan banyak sekali Spider-Totem. Salah satunya yang paling menarik perhatian adalah Spider-Cat, di mana dalam trailer terbaru Spider-Verse 2 dia terlihat ikut mengejar Miles bersama Spider-Totem lain. Nah sebelum melihat aksi menggemaskannya nanti, mari kita kenali terlebih dahulu Spider-Cat melalui berbagai fakta menariknya!

Terinspirasi dari Hewan Dunia Nyata

Pertama kali melakukan debutnya di komik Spider-Island: I Love New York City (2011), Spider-Cat awalnya adalah kucing rumahan dari semesta alternatif Earth-999 yang dipelihara oleh sekelompok pecinta video game. Suatu hari setelah mendapatkan kekuatan super layaknya Spider-Man, dia lantas menggunakannya untuk membasmi kejahatan di kotanya. Entah origin komiknya ini sama atau tidak dengan di Spider-Verse 2, yang jelas sebenarnya nama Spider-Cat sendiri terinpirasi dari jenis laba-laba araneus gemmoides yang bagian abdomen atau perutnya mirip seperti kepala kucing. Bedanya versi Marvel Universe bukan laba-laba yang menyerupai kucing, tetapi kucing berkekuatan laba-laba.

Musuh Bebuyutan Pigeon alias Venom

Sama halnya Spider-Totem di semesta Marvel lain, Spider-Cat juga punya musuh bebuyutan yang tidak lain adalah seekor Pigeon alias merpati dengan kekuatan symbiote Venom. Kehebatan dari Pigeon sendiri sepertinya kurang lebih sama seperti symbiote lain yang bisa berubah bentuk, mempunyai healing factor serta kekuatan fisik super, dan tidak terdeteksi oleh Spider-sense. Itulah mengapa dalam sejarahnya diceritakan bahwa Pigeon telah berhasil menghabisi sebagian besar nyawa Spider-Cat yang seharusnya berjumlah sembilan. Jika Spider-Cat eksis di Spider-Verse 2, seharusnya Venom versi Pigeon juga bisa menampakkan dirinya suatu hari nanti.

Punya Kekuatan Spider-People

Alasan mengapa Spider-Cat layak menjadi salah satu Spider-Totem di multiverse tidak lain adalah karena kekuatan supernya. Sama halnya Spider-Man, Spider-Cat juga bisa merayap di dinding, mengeluarkan jaring, dan mengayun di gedung-gedung kota. Bedanya jaring yang dia keluarkan adalah jaring organik yang cukup kuat untuk menahan beban tubuhnya serta mengikat musuh-musuhnya. Keunggulan lain dari Spider-Cat adalah dia memiliki taring dan cakar tajam yang bisa dipakai untuk menyerang. Semua kekuatan Spider-Cat ini sudah diperlihatkan juga di trailer Spider-Verse 2, di mana dia mampu menyerang Miles dengan cakarnya dan mengeluarkan muntahan bola seperti jaring organik.

Tewas di Tangan Inheritors

Terlepas dari betapa menggemaskannya Spider-Cat, ternyata kematiannya di Marvel Comics terbilang cukup tragis. Pada penampilan terakhirnya di komik Amazing Spider-Man Vol 3 #7 (2014), dia diperlihatkan diburu oleh dua Inheritors bernama Bora dan Brix. Inheritors sendiri adalah keluarga pemakan Spider-Totem yang berasal dari Loom World. Meskipun awalnya sempat melawan, tetapi Spider-Cat bukanlah tandingan Bora yang berhasil menangkapnnya dan langsung menyerap semua energi kehidupannya sampai mati. Kabar baiknya, nasib Spider-Cat di Spider-Verse 2 bisa dibilang lebih beruntung, karena setidaknya keluarga supervillain Inheritors belum diperkenalkan di semestanya.

Pernah Muncul di Video Game

Sebelum dipastikan akan muncul di film Spider-Verse 2, Spider-Cat pernah lebih dahulu menjadi salah satu bintang di video game Marvel’s Spider-Man: Miles Morales (2020). Di mana dia diceritakan menjadi companion setia Miles Morales setelah berhasil diselamatkan olehnya. Walaupun tidak mempunyai kekuatan super seperti versi komik, tetapi Spider-Cat versi game ini bisa dibawa dan terlihat membantu dalam pertarungan jika Miles mengenakan kostum yang disebut ‘Bodega Cat Suit’. Tentunya sebagai Spider-Cat dia juga memakai topeng Spider-Man yang membuatnya terlihat keren sekaligus menggemaskan.

Itulah lima fakta menarik tentang Spider-Cat, Spidey versi kucing menggemaskan yang bisa kita lihat di film Spider-Verse 2 nanti. Meskipun perannya mungkin tidak akan terlalu besar karena ada banyak sekali Spider-Totem di filmnya, tetapi penampilannya yang unik membuat Spider-Cat tampil lebih mencolok dari yang lain. Semoga saja penampilannya nanti bisa lebih dari sekadar cameo, misalnya membantu Miles Morales dalam petualangan selanjutnya. Aksi dari Spider-Cat akan bisa kita saksikan saat Spider-Verse 2 tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai tanggal 31 Mei besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.