Ada alasan tertentu mengapa Batman jadi sosok penting di film The Flash di DC Universe. Kemunculan dua versi Batman dalam film The Flash memang menjadi salah satu kejutan besar yang dihadirkan dalam cerita The Flash di flmnya. Dua versi Batman yang akan muncul di filmnya adalah versi Ben Affleck dan juga Michael Keaton.

Mengapa kemudian bisa ada dua Batman dalam satu film bisa dijelaskan secara simpel, yaitu karena Barry Allen mengubah timeline yang ada di DC Universe. Kemunculan sosok Batman bagi sebagian fans mungkin adalah nostalgia atau sesuatu yang luar biasa yang dihadirkan oleh Andy Muschietti. Namun, di sisi lain, ini juga semakin mempererat koneksi Barry Allen dan Bruce Wayne. Mengapa kemudian Batman penting dalam cerita film The Flash?

Hubungan Batman Dan The Flash di DCU

Sejauh ini, Batman versi Ben Affleck jadi satu-satunya anggota Justice League yang dikonfirmasi akan muncul di flmnya The Flash. Di jagat sinematik DC sendiri Batman diketahui memiliki koneksi yang sangat kuat dengan sosok Flash. Meskipun, memang Barry Allen kemudian baru bertemu dengan Barry Allen di film Justice League.

Momen “pertemuan” antara Barry Allen dan Bruce Wayne sendiri sebenarnya sudah terjadi sejak Batman v Superman: Dawn of Justice. Diceritakan jika Flash adalah salah satu dari sedikit Justice League yang selamat dari invasi Darkseid ke bumi dalam timeline Knightmare di filmnya. Barry kemudian berusaha untuk merubah hal tersebut.

Dia kemudian membuat Cosmic Treadmill untuk kembali ke masa lalu dan berusaha memberi peringatan kepada Bruce Wayne. Barry berusaha memperingati Bruce bahwa Lois Lane adalah kunci dari semua bencana yang terjadi. Mencegah Lois dari kematiannya akan mencegah momen Knightmare terjadi di timeline tersebut.

Sayangnya, Barry terlalu cepat sehingga membuat Bruce Wayne bingung apa yang sebenarnya terjadi. Bruce Wayne juga kemudian membuka data metahuman milik Lex dan melihat kehebatan dari kekuatan Barry. Semua itu kemudian jadi alasan mengapa di film Justice League nampak Bruce Wayne seolah sudah tidak asing dengan semua hal tentang Barry Allen.

Batman memang masih belum memahami penuh bagaimana Barry Allen bisa mendapatkan kekuatannya dan bagaimana kekuatan tersebut bekerja. Tetapi, Bruce bisa yakin bahwa Barry adalah sosok yang pernah memberikannya peringatan. Ini juga yang kemudian membuat Batman nampak berusaha melindungi Barry Allen di film Justice League.

Dan juga, berbicara dari sisi lain karakter, Barry adalah anggota Justice League yang paling muda. Dalam sejarahnya, Batman selalu bekerja sama dengan orang-orang yang jauh lebih muda dari usianya seperti Dick Grayson atau Jason Todd. Dengan kata lain, Bruce selalu berusaha untuk menjadi mentor bagi Barry.

Dua Pahlawan Epik DC

Bruce Wayne sebagai mentor bagi Barry Allen mungkin memang hanya terjadi dalam jagat sinematik DC. Meskipun begitu, dalam cerita komiknya sendiri Batman dan Flash memang memiliki koneksi yang kuat sebagai anggota Justice League atau pun sebagai pahlawan. Barry dan Bruce sama-sama merupakan yatim piatu akibat sebuah tragedi menyedihkan saat mereka masih kecil.

Tragedi tersebut sama-sama membuat keduanya menjadi apa yang kita kenal saat ini. Yang juga menarik adalah para anggota Justice League biasanya berisi alien, cyborg, keturunan dewa, dan sebagainya. Mereka adalah sosok kuat yang memang sedari awal memiliki kekuatan. Mereka adalah sosok yang sulit dikalahkan.

Namun, hal berbeda diperlihatkan oleh Batman dan the Flash di mana keduanya adalah dua karakter dari sedikit manusia yang bergabung dalam tim pahlawan tersebut. Bahkan, the Flash “unggul” dari Batman di mana dia memiliki kekuatan super. Salah satu bukti koneksi atau kedekatan antara Barry dan Bruce bisa dilihat di komik Flashpoint yang jadi inspirasi filmnya.

Pasca Barry merubah timeline yang ada setelah mencoba untuk mencegah kematian ibunya, dia justru terlibat dalam alur cerita kehidupan Bruce Wayne. Dia bertemu dengan Thomas Wayne, ayah dari Bruce yang jadi Batman di timeline berbeda. Barry juga bahkan membawakan surat yang ditulis oleh Thomas untuk Bruce yang mana membuat Bruce menangis.

Karena hal tersebut Bruce memuji sosok Barry sebagai “pembawa pesan yang luar biasa.” Koneksi antara Bruce dan Barry ini pun kemudian diperlihatkan kembali di film The Flash. Dalam trailernya diperlihatkan bagaimana Bruce Wayne versi Ben Affleck berusaha untuk melindungi Barry dengan mencegahnya melakukan apa yang dia rencanakan.

Menurutnya, yang dilakukan oleh Barry bukan hanya merubah timeline tapi merusak timeline itu sendiri. Kemudian, ketika kemudian Barry sudah terlanjur melakukannya dia kemudian bertemu dengan sosok Batman versi Michael Keaton. Setelah menjelaskan apa yang terjadi Bruce Wayne versi Keaton justru berusaha untuk membantu Barry memperbaiki semuanya.

Menarik tentunya untuk melihat kerja sama dan hubungan Barry dan Bruce Wayne di film The Flash. Film tersebut bisa jadi momen “terakhir” yang memperlihatkan momen kedekatan dua pahlawan tersebut sebelum kemudian semuanya dirubah lagi dari awal. Jadi, apa alasan Batman penting di film The Flash? Dia adalah sosok mentor bagi Barry Allen. Batman juga adalah penyelamat nyawa dari Barry Allen, karena dengan bantuan Batman Barry berusaha untuk mengembalikan semua kekacauan yang dia buat kembali seperti semula.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.