Siapa yang tidak mengenal nama besar Eiichiro Oda? Dialah mangaka yang selama lebih dari dua dekade membuat cerita One Piece yang ikonik. Oda mampu membuat cerita One Piece dengan segudang twist dan kejutan menarik, yang membuat ceritanya bertahan hingga sekarang. Karena itulah Oda dianggap sebagai “Goda”, seorang ahli dalam membuat cerita menarik. Ternyata Geeks, One Piece bukan menjadi satu-satunya manga yang dibuat oleh Oda. Ada beberapa manga lainnya yang pernah dia buat. Apa saja? Simak berikut ini Geeks

Wanted

Inilah manga pertama Eiichiro Oda sebelum dia membuat cerita One Piece. Berjudul Wanted, manga ini digarap oleh Oda di tahun 1992. Ketika itu, Oda masih sangat muda, di mana dia tengah duduk di bangku SMA. Wanted sendiri menceritakan tentang seorang pemburu bayaran bernama Wild Joe yang ditugasi misi untuk memburu Gill Bastar. Namun tugas itu tidak pernah mudah, karena Gill Baster adalah sosok yang sangat kuat, dan dia bisa menghabisi siapapun yang mengusiknya. Dan setelah tewas akibat Gill, Joe pun menjadi “arwah terkutuk” karena tidak bisa menghabisi Gill. Satu-satunya cara agar Joe terbebas dari kutukan itu adalah dengan kembali menghadapi Gill. Menariknya nih Geeks, ketika membuat manga ini, Oda tidak memasukkan nama aslinya sebagai penulis, melainkan menggunakan nama samaran bernama Himizu Kikondo.

God’s Gift For the Future

Nah manga kedua yang ditulis oleh Oda berjudul God’s Gift For the Future. Manga ini ditulis olehnya pada tahun 1993. Manga ini menceritakan tentang Bran, seorang pencuri yang menyadari bahwa perbuatannya salah dan mencoba menjadi lebih baik. Namun usahanya tidak pernah berhasil sehingga membuat dewa marah kepadanya. Suatu ketika, Bram melakukan tindakan benar yang membuat dewa takjub akan perubahan sikapnya yang drastis. Karena sukses besar, manga ini muncul dalam Monthly Shonen Jump Original edisi Oktober 1993. Bahkan manganya dicetak ulang sebagai kompilasi cerita buatan Oda di tahun 1998. Dan lagi, manga ini juga mendapat banyak pujian dari para pembacanya di seluruh Jepang.

Night Parade of One Demon

Sama seperti God’s Gift for the Future, Night Parade of One Demon alias Ikki Yakoo juga mendapat pujian dari para penduduk Jepang. Manga ini dirilis pada tahun 1994, dan menjadi bagian dari Shonen Jump Spring Spesial. Manganya menceritakan tentang seorang biksu bernama Guko yang tengah melintasi hutan. Saat akan bermalam, seekor monster menyerangnya. Tetapi karena keberuntungan, biksu itu berhasil meyelamatkan diri dengan berlari ke sebuah desa. Namun setelah kejadian tersebut, para penduduk desa meminta Guko untuk membunuh monster itu, hingga akhirnya Guko mau tidak mau harus menghabisinya, meski sangat berat untuk dia lakukan.

Monsters

Pada tahun 1995, Eiichiro Oda juga membuat manga berjudul Monsters. Menariknya, Oda sempat mengatakan bahwa manga ini sebenarnya masih berada di universe One Piece, meski timelinenya tidaklah sama. Manganya menceritakan tentang karakter bernama Ryuma, karakter legenda yang selama ini muncul dalam cerita One Piece. Manganya memang menjelaskan mengapa Ryuma dianggap sebagai dewa pedang. Seperti yang kita ketahui bahwa Ryuma dianggap sebagai ahli pedang terbaik, bukan hanya di Wano melainkan di seluruh dunia. Dalam manganya, kita akan menyaksikan bagaimana kehebatan Ryuma, termasuk ketika dia menghabisi seekor naga yang sangat kuat dan mematikan. Pada tahun 1998, manga Monsters juga pernah dicetak dan rilis ulang di tahun 1998.

Romance Dawn

Rilis di tahun 1996, Romance Dawn adalah manga yang menjadi cerita dasar One Piece. Ada beberapa cerita Romance Dawn yang kemudian diadaptasi dalam cerita One Piece, bahkan Romance Dawn sendiri sempat dibuatkan versi animenya. Sama seperti One Piece, Romance Dawn menceritakan tentang sang karakter utama bernama Luffy yang diberkahi dengan kemampuan seperti manusia karet. Luffy diperlihatkan bertemu dengan seorang karakter bernama Silk, seorang yatim piatu yang mirip seperti Nami dalam cerita One Piece. Meski ceritanya hampir serupa dengan One Piece, tetapi tentu saja bagi para penggemar One Piece, Romance Dawn juga patut untuk kalian simak.

Romance Dawn 2

Menariknya nih Geeks, Oda tidak hanya membuat satu versi Romance Dawn saja, melainkan dua. Romance Dawn 2 dirilis pada tahun 1996 dan sempat muncul dalam Weekly Shonen Jump #41. Romance Dawn 2 adalah manga terakhir yang dibuat oleh Eiichiro Oda, sebelum dia beralih menggarap One Piece seperti yang kita kenal sekarang. Dalam Romance Dawn 2, kita masih diceritakan tentang sosok Luffy yang memiliki kekuatan buah iblis Gomu Gomu. Bedanya dalam yang kedua, Garp memiliki peran yang sangat besar. Dialah yang menjadi inspirasi Luffy untuk menjadi bajak laut kuat, bukan Shanks seperti dalam cerita One Piece. Garp jugalah sosok yang memberi Luffy buah iblis.

Itulah dia Geeks beberapa manga buatan Eiichiro Oda, yang dia buat jauh sebelum menggarap cerita One Piece. Di antara manga tersebut, mana yang pernah kalian lihat Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/