Baru saja debut di film Guardians of the Galaxy Vol 3 sebagai villain utama, penampilan High Evolutionary dari aktor Chukwudi Iwuji telah mendapatkan banyak pujian dari para penggemar. Selain karena penampilan Iwuji yang sudah tidak perlu kita ragukan lagi, penggambaran karakter Evolutionary sebagai maniak evolusi terbilang sangat mengerikan. Menariknya tidak sedikit penggemar yang merasa bahwa dia mirip seperti big bad villain Multiverse Saga’ Nathaniel Richards alias Kang. Untuk itulah kali ini kita akan membahas teori tentang Evolutionary yang mungkin merupakan leluhur Kang the Conqueror di MCU!

Evolutionary dan Kang Punya Banyak Kemiripan

Sejak penampilan live action High Evolutionary dari Iwuji terlihat dalam acara Comic Con 2022, penggemar bisa tahu bahwa sutradara James Gunn dan Marvel Studios telah mengubah penampilan sang villain di MCU. Di mana versi MCU diperankan oleh aktor berkulit hitam dan mempunyai kostum yang berwarna ungu, berbeda dengan penampilan komiknya yang merupakan seorang pria kaukasia serta mempunyai armor eksoskeleton berwarna magenta. Hal yang sama sudah lebih dahulu dialami oleh Kang dan semua variannya di MCU, di mana dia berkulit hitam dan ungu adalah warna favoritnya.

Selain penampilan ada kemiripan lain yang membuat orang merasa cukup yakin bahwa Evolutionary adalah leluhur Kang, yaitu kecerdasan dan ambisinya. Evolutionary adalah seorang ahli genetik dan evolusi yang sangat berambisi untuk menjadikan semua yang ada di sekelilingnya lebih sempurna, khususnya dengan menciptakan sebuah bangsa baru di galaksi yang tidak mempunyai kekurangan. Untuk mencapai tujuan tersebut dia bahkan sampai tega melakukan banyak eksperimen keji terhadap hewan-hewan malang seperti Rocket Racoon, yang akhirnya melahirkan beberapa hewan humanoid yang lebih cerdas.

Sama seperti Evolutionary, Kang dan semua variannya pada umumnya punya kecerdasan dan juga ambisi yang besar untuk menaklukkan berbagai timeline dan membuat semua orang tunduk kepadanya. Kemudian ketika ingin mencapai tujuan tersebut dia biasanya akan menggunakan berbagai teknologi canggihnya untuk melakukan perjalanan waktu dan menghabisi semua orang yang menghalanginya. Cerdas, ambisius, serta kejam menjadi ciri khas keduanya di MCU. Berbekal semua fakta ini bukan tidak mungkin Evolutionary yang eksis pada abad ke-21 adalah leluhur jauh Kang yang lahir setelahnya pada abad ke-31.

Apakah Keduanya Berhubungan di Komik?

Di Marvel Universe sendiri Nathaniel Richards debut tiga tahun lebih awal daripada High Evolutionary, tepatnya sebagai Rama-Tut di komik Fantastic Four #19 (1963). Setahun kemudian dia kembali sebagai Kang the Conqueror di The Avengers #8 (1964) dan barulah setelah itu Herbert Wyndham alias High Evolutionary diperkenalkan melalui komik Thor #134 (1966). Meskipun sama-sama terkenal sebagai supervillain yang sangat tangguh, tetapi ternyata keduanya sama sekali tidak punya hubungan darah dan bahkan tidak pernah bertemu secara langsung.

Faktanya leluhur jauh Kang di Marvel Universe adalah superhero genius Reed Richards alias Mister Fantastic dari Fantastic Four, bukan Evolutionary. Itulah mengapa Kang juga terkenal cerdas dan mahir dalam mengoperasikan teknologi canggih. Sedangkan kecerdasan Evolutionary berubah menjadi maniak evolusi setelah dirinya mendapatkan kunci evolusi dari bangsa Inhuman. Nah walaupun tidak berhubungan, tetapi sejak dahulu banyak penggemar yang sangat ingin melihat keduanya bertarung. Alasannya, karena keduanya sama-sama terkenal sebagai villain cerdas yang selalu punya rencana besar.

Chukwudi Iwuji Bisa Gantikan Jonathan Majors

Untuk saat ini memang belum ada kisah yang mengindikasikan bahwa High Evolutionary adalah leluhur Kang the Conqueror. Namun bukan berarti teori ini langsung terbantahkan, karena belum ada juga kisah lainnya yang menegaskan siapa leluhur Kang yang sesungguhnya di MCU. Apalagi kita sendiri masih belum diperlihatkan pada karakter Mister Fantastic yang baru akan muncul di film Fantastic Four mendatang. Nah sebelum ada bukti konkrit, apa salahnya kita berharap bahwa Evolutionary dari aktor Chukwudi Iwuji adalah leluhur Kang di MCU. Terlebih lagi penampilannya sudah sangat memukau sebagai villain.

Mengingat sekarang aktor Jonathan Majors tengah tersandung masalah hukum dan perannya sebagai Kang di MCU berpotensi digantikan oleh orang lain, sepertinya akan sangat menarik juga jika Iwuji yang mengambil kesempatan tersebut. Penampilannya sebagai Evolutionary di GOTG 3 dan Clemson Murn di serial DC Peacemaker, telah membuktikan bahwa dia adalah aktor yang multitalenta. Dia terbukti mampu memerankan karakter yang jenaka, serius, bahkan melankolis. Sehingga kembalinya Iwuji sebagai Kang dan semua variannya di MCU mungkin dapat menjadi win win solution bagi semua pihak.

Sekian pembahasan tentang teori bahwa High Evolutionary adalah leluhur Kang the Conqueror di MCU. Untuk sekarang belum ada informasi atau kisah resmi yang mengonfirmasi atau membantah teori ini, jadi status Evolutionary sebagai kakek buyut Kang masih bisa saja terungkap suatu hari nanti. Dan sepertinya tidak sedikit juga penggemar yang mengharapkan Iwuji bisa kembali pada masa depan MCU sebagai pemeran Kang atau variannya. Bagaimana menurut kalian? Kita nantikan saja kejutannya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.