Pertama kali melakukan debutnya pada tahun 2004 di komik Thanos #8, Peter Quill alias Star Lord adalah superhero luar angkasa yang dikenal sebagai salah satu pendiri tim Guardians of the Galaxy. Hal yang sama juga berlaku di Marvel Cinematic Universe yang saat ini tengah menayangkan film Guardians of the Galaxy Vol 3 di bioskop. Namun tahukah kalian Geeks, walaupun dikenal sebagai pemimpin Guardians, Star Lord juga ternyata memiliki sejarah menarik dengan beberapa kelompok luar angkasa lainnya. Berikut ini adalah lima tim super Star Lord selain Guardians di Marvel Universe!

Ravagers

Sama seperti di MCU, sebelum membentuk tim super Guardians, Star Lord sempat lebih dahulu bergabung dengan gerombolan kriminal luar angkasa Ravagers. Bedanya di Marvel Universe, bergabungnya Star Lord dengan Ravagers baru terjadi saat dirinya beranjak remaja, tepatnya ketika dia memutuskan untuk pergi ke luar angkasa karena sudah muak dengan planet kelahirannya Bumi. Di Ravagers dia untuk pertama kalinya bertemu dengan Yondu dan sering berselisih paham bahkan bertarung dengannya. Setelah melalui banyak peristiwa dan sedikit lebih mengenal luar angkasa, Star Lord akhirnya memutuskan untuk keluar dari Ravagers dan menemukan jalannya sendiri.

Imperial Guard

Di Marvel Universe, Imperial Guard adalah sebutan untuk tim elite Kekaisaran Galaksi Shi’ar yang dikenal sebagai bangsa alien penakluk. Meskipun sering digambarkan sebagai tim antagonis dalam berbagai kisah Marvel, tetapi Imperial Guard juga pernah diceritakan merekrut Star Lord. Semuanya bermula dari pertemuan antara pemimpin Imperial Guard bernama Gladiator dengan Star Lord di Klyn. Pada titik inilah Gladiator yang tertarik pada kegigihan Star Lord lantas mengajaknya bergabung dengan Imperial Guard untuk kemudian bersama-sama menghadapi Thanos dan Fallen One yang mengancam Shi’ar dan galaksi secara keseluruhan. Setelah misi tersebut Star Lord langsung keluar juga.

United Front

Tidak lama setelah keluar dari Imperial Guard dan mulai dikenal sebagai Star Lord di galaksi, tim super selanjutnya yang pernah merekrut Peter Quill adalah United Front, yang terdiri dari Drax, Gamora, Talos, dan Ronan. Tim yang dibentuk Nova ini sengaja dipersiapkan untuk menghadapi ancaman supervillain kosmik Annihilus dan para sekutunya yang mencoba menaklukkan galaksi di peristiwa ‘Annihlation Wave’. Setelah supervillain Annihilus, Ultron, dan Phalanx berhasil mereka kalahkan, Star Lord kembali memutuskan untuk keluar dari tim. Berbekal semua pengalaman yang dia dapatkan sebelumnya, Star Lord akhirnya berani mendirikan timnya sendiri yang dia beri nama Guardians of the Galaxy.

Infinity Watch

Di peristiwa komik ‘Infinity Wars’, Star Lord juga pernah diceritakan bergabung dengan tim super lain bernama Infinity Watch. Semuanya bermula dari upaya Doctor Strange yang menjaga Time Stone, memanggil semua penjaga Infinity Stone lain termasuk Star Lord yang pada saat itu diberi tugas oleh Nova Corps untuk melindungi Power Stone. Mereka lantas sepakat untuk berusaha sekuat tenaga menjauhkan Inifnity Stone dari tangan orang jahat, khususnya Thanos yang sangat berambisi merebutnya. Meskipun misinya sangatlah sulit, berkat bantuan Cosmic Avengers dan sejumlah superhero lainnya, Star Lord bersama Infinity Watch akhirnya berhasil mengalahkan Thanos sekaligus melindungi galaksi.

 

Defenders

Tim super terakhir yang pernah menjadi bagian dalam sejarah Star Lord di Marvel Universe adalah Defenders. Bedanya dengan tim super lain keterlibatan Star Lord dengan Defenders ini terjadi di semesta alternatif, tepatnya di peristiwa ‘Age of Ultron’ versi komik yang dirilis tahun 2013. Di mana kemunculan tim ini bermula saat Wolverine pergi ke masa lalu untuk membunuh Hank Pym agar Ultron tidak lahir. Akibatnya, masa depan dunia justru berubah, di mana Avengers tidak pernah eksis dan sebagai gantinya Defenders yang bertugas melindungi Bumi. Penampilan Star Lord di Defenders ini terlihat sedikit berbeda dengan kaca mata dan bagian topen yang terbuka.

Itulah lima tim super selain Guardians of the Galaxy yang pernah menjadi ‘rumah’ bagi Star Lord. Hampir semua tim yang diikuti oleh Star Lord berbasis di luar angkasa, karena sejatinya dia bukanlah superhero Bumi seperti yang lain. Itu juga yang menjadi alasan mengapa Star Lord tidak pernah menjadi bagian dari Avengers atau X-Men yang lebih banyak berfokus pada peristiwa Bumi. Walaupun untuk kasus yang sangat langka, dia juga pernah bergabung dengan Defenders di semesta alternatif.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.