Faktor Usia Garp yang sudah tua membuat peluang Garp untuk bernasib sama seperti Whitebeard cukup besar. Monkey D. Garp adalah salah satu karakter yang sangat populer dan juga kuat dalam cerita One Piece karya Eiichiro Oda. Kakek dari Luffy dan juga ayah dari Dragon tersebut bahkan dianggap sebagai salah satu angkatan laut terkuat.

Sejak masih muda Garp sudah menunjukan level kekuatannya yang tidak biasa. Contohnya adalah bagaimana dia berhasil menjadi rival bagi sang raja bajak laut Gol D Roger. Dia juga bahkan sanggup untuk menghadapi Rocks D Xebec dan bahkan manusia paling kuat di dunia, Whitebeard. Berbicara mengenai Whitebeard, kemungkinan Garp akan bernasib sama seperti Whitebeard akibat faktor usia.

Whitebeard dan Garp

Ada beberapa hal yang membuat Garp memiliki kesamaan dan koneksi dengan Whitebeard.Misalnya, Whitebeard adalah kapten dari kelompok bajak laut Whitebeard dan juga seorang bajak laut legendaris yang pernah jadi rival dari Gol D. Roger. Meskipun dia bisa jadi raja bajak laut, namun dia tidak tertarik dengan gelar tersebut dan tidak tertarik untuk menemukan One Piece.

Di sisi lain, Garp juga adalah sosok rival dari Roger. Sudah sangat sering mereka saling bertarung satu sama lain, yang bahkan Roger sendiri menyebutkan jika hal ini membuatnya menganggap Garp sebagai bagian dari krunya dan bukan musuh. Whitebeard melihat bawahan/krunya sebagai anak-anaknya. Dia bahkan rela mengerahkan semua armada dan mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan Ace dari tangan angkatan laut

Garp pun melihat Koby dan Helmeppo sebagai cucunya, selain Luffy. Bagaimana dia mulai bergerak di chapter 1071 menjadi bukti nyata dari hal tersebut. Garp bahkan rela meminta Doll untuk tidak peduli terhadap perintah Kizaru dan Akainu demi meminta armada tersendiri untuk ikut bersamanya ke pulau Beehive demi menyelamatkan Koby. Dan di chapter 1080 kemarin kita melihat aksi Garp dan SWORD dalam membebaskan Koby.

Pulau tersebut dipenuhi oleh bajak laut, yang tidak diketahui kekuatannya seperti apa. Artinya, Garp bisa saja tewas seperti apa yang terjadi kepada Whitebeard di Marineford. Dan yang memperbesar peluang kematian dari Garp di pulau Beehive adalah faktor usia. Seperti halnya Whitebeard, Garp juga mungkin tewas karena usianya yang sudah tidak lagi muda. Dia akan tewas diserbu seluruh bajak laut yang ada di sana termasuk kru Blackbeard.

Nasib Garp Selanjutnya

Dalam chapter 1081 diperlihatkan bagaimana Garp masih memiliki kekuatan dahsyat dalam dirinya. Dia berhasil menggunakan teknik Galaxy Fist untuk menghancurkan separuh wilayah pulau Beehive. Garp juga nampak berhasil menghabisi banyak bajak laut yang ada di sana. Yang paling epik tentunya adalah bagaimana Garp juga berhasil mengalahkan mantan muridnya yaitu Aokiji.

Dalam chapternya, Aokiji diperlihatkan menyerang Hibari dengan buah iblis Hie Hie. Hal itu membuat Garp kecewa dan marah. Meskipun begitu, Garp tetap berharap Aokiji bisa kembali menjadi angkatan laut. Dia pun kemudian diperlihatkan berhasil untuk mengalahkan Aokiji dengan menggunakan teknik Blue Hole, yang berhasil lagi-lagi menciptakan lubang besar di wilayah pulau Beehive.

Namun, apakah Garp akan bisa pergi begitu saja? Meskipun peluang itu ada, tetapi ada juga kemungkinan jika Garp akan mengalami nasib yang buruk. Dalam hal ini, Garp kemungkinan akan tewas dalam momen penyelamatan Koby ini. Mengapa? Salah satu alasannya adalah karena faktor usia. Seperti yang disebutkan dalam poin sebelumnya, Garp dan Whitebeard memiliki beberapa poin kesamaan.

Mereka sama-sama kuat dan pernah jadi rival dari raja bajak laut. Tetapi, Garp dan Whitebeard juga memiliki kesamaan di mana usia mereka tidak muda lagi. Ini juga yang kemudian jadi dasar alasan mengapa Garp mungkin akan mengalami nasib yang sama seperti Whitebeard yaitu tewas dengan banyak luka di tubuhnya. Yang membedakannya Garp akan menerima banyak serangan dari bajak laut.

Garp Bernasib Seperti Whitebeard

Sebelum momen perang Marineford terjadi kondisi kesehatan Whitebeard memang sudah menurun. Apa yang kemudian menjadi alasan tersebut memang masih jadi misteri. Tetapi, kemungkinan besar hal itu dikarenakan faktor usia. Selain Whitebeard, sebenarnya Rayleigh juga mengakui jika usianya membuat level kekuatannya menurun seperti saat berhadapan dengan Blackbeard.

Dan ketika melakukan teknik Galaxy Fist, Garp juga mengatakan bahwa kekuatannya sudah menurun. Memang, Garp tidak mengalami penurunan fungsi kesehatan seperti halnya Whitebeard. Tetapi, faktor usia tetap harus diakui menjadi salah satu hal yang membuat level kekuatannya sedikit menurun. Rayleigh bahkan mengakui jika kondisinya sekarang tidak akan sanggup untuk menghadapi Blackbeard.

Bagaimana dengan Garp? Jika Geeks melihat contoh Rayleigh, maka bisa ditarik kesimpulan jika Garp juga mungkin menang menghadapi semuanya. Dilihat dari kondisinya, Garp saat ini berhadapan dengan ratusan atau bahkan ribuan bajak laut. Belum lagi, dia harus berhadapan dengan kru Blackbeard. Bajak laut selain kru Blackbeard mungkin buka masalah bagi Garp dan SWORD.

Hal tersebut berbeda dengan kru Blackbeard yang tidak bisa dipandang remeh. SWORD pun rasanya belum tentu mampu untuk menghadapi mereka. Karena itulah, dengan asumsi SWORD tidak akan mampu menghadapi kru Blackbeard artinya Garp yang harus menghadapi mereka sendirian. Mungkin, sekitar 10-20 tahun lalu Garp masih sanggup untuk menghadapi pertarungan intens.

Tetapi, usia Garp saat ini sudah menginjak 78 tahun yang artinya kondisi fisiknya sudah tidak prima seperti semula. Dengan kondisi fisik seperti sekarang, bukan hal mustahil jika Garp akan mengalami nasib yang sama seperti Whitebeard yaitu tewas dengan berondongan peluru atau serangan pedang yang luar biasa di tubuhnya. Garp mungkin mampu bertahan untuk beberapa waktu, tapi tidak untuk waktu yang lama. Dan pada akhirnya, dia akan mengalami nasib yang tragis.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.