Julukan manusia paling kuat di dunia yang dimiliki oleh Whitebeard rasanya akan lebih pantas jika diberikan kepada Monkey D Garp. Mengapa demikian? Hal ini jika dilihat dari perbandingan kekuatan kedua karakter tersebut. Whitebeard merupakan sosok karakter yang diketahui memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Kedahsyatan kekuatan dari Whitebeard sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kita bisa melihat hal tersebut dalam pertempuran Marineford, di mana dia berhasil menghancurkan markas angkatan laut dan bahkan hampir menenggelamkannya. Whitebeard sendiri diketahui memiliki julukan manusia paling kuat di dunia. Namun, kemungkinan julukan tersebut akan lebih pantas ditujukan kepada karakter lain yaitu Monkey D Garp. Apa yang kemudian jadi alasan Garp lebih pantas jadi manusia paling kuat dibanding Whitebeard?

Level Kekuatan Whitebeard

Edward Newgate alias Whitebeard merupakan orang yang dikenal sebagai manusia paling kuat di dunia dan orang yang paling dekat dengan One Piece, setelah Gol D. Roger tewas. Sengoku, Garp, dan para angkatan laut senior lainnya pun mengakui bahwa Whitebeard adalah sosok yang paling kuat di dunia. Bahkan, Whitebeard dianggap memiliki kekuatan untuk bisa menghancurkan dunia.

Informasi dalam data book Vivre Card Vol. 4 mengkonfirmasi bahwa Whitebeard mendapatkan julukan sebagai manusia paling kuat di dunia jauh sebelum Great Age of Pirates atau Era Besar Bajak Laut. Whitebeard memegang titel tersebut meskipun ada Roger pada saat itu. Big Mom pun pada era tersebut masih aktif dan sangat muda. Namun, meskipun Big Mom kuat tetap saja namanya berada di bawah bayang-bayang Whitebeard.

Shanks, Kaido, dan Big Mom sendiri menghormati sosok Whitebeard karena mereka memiliki ceritanya masing-masing bersama Whitebeard. Bahkan Big Mom sendiri memiliki penilaian yang sangat luar biasa terhadap sosok Whitebeard, dibandingkan Yonko lainnya. Untuk bisa mengalahkan Whitebeard, Big Mom bahkan membutuhkan bantuan dari para suku raksasa.

Yang juga membuat Whitebeard jadi sosok yang dihormati dan diakui kekuatannya adalah buah iblis Gura Gura. Buah iblis Paramecia yang bisa menimbulkan getaran tersebut disebut-sebut mampu untuk menghancurkan dunia. Bahkan, seperti disebutkan di atas bahwa Whitebeard hampir saja mampu untuk menenggelamkan Marineford berkat kekuatan buah iblis tersebut.

Garp Manusia Paling Kuat Di Dunia

Meskipun Whitebeard memang memiliki kekuatan yang dahsyat, namun sebagian fans tidak setuju dengan julukan Whitebeard adalah manusia terkuat di dunia. Justru, julukan manusia paling kuat seharusnya menjadi milik karakter lain yaitu Monkey D Garp. Mengapa demikian? Ini dikarenakan perbandingan kekuatan diantara mereka yang bisa dibilang memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Apa maksudnya? Harus diakui jika kondisi fisik Whitebeard sangat luar biasa. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana Whitebeard mampu menahan serangan dahsyat dari banyak orang seperti yang diperlihatkan saat di Marineford. Dia menerima ratusan tusukan pedang, ratusan peluru, dan juga bagian wajah yang hilang sebagaian sebelum kemudian benar-benar tewas.

Meskipun begitu, satu hal yang membuat titel manusia paling kuat di dunia di tangan Whitebeard dipertanyakan adalah kekuatan buah iblis yang dia miliki. Dengan kata lain, secara tidak langsung kekuatan buah iblis Gura Gura juga membuat kekuatan Whitebeard bertambah. Hal ini tentunya berbeda dengan Monkey D Garp di mana seluruh kekuatannya benar-benar berdasarkan kekuatan fisiknya.

Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya sejauh ini, Garp adalah salah satu karakter terkuat dalam cerita One Piece yang tidak memiliki kekuatan buah iblis. Terdapat beberapa bukti kedahsyatan dari Garp, misalnya bagaimana dia mampu menjadi rival bagi sang raja bajak laut Gol D Roger. Dan tentunya, Garp juga pernah berhadapan dengan Whitebeard dan jadi rivalnya.

Bukti lainnya adalah dia pernah berhadapan dengan sosok legendaris lainnya, seperti Shiki the Golden Lion. Atau yang paling fenomenal adalah Don Chinjao, di mana untuk bisa megalahkan Chinjao sosok Garp bahkan menghancurkan banyak gunung dengan tangan kosong sebagai bentuk latihan dan pemanasan. Efeknya, Chinjao berhasil dikalahkan dengan hanya satu serangan bahkan kepalanya yang awalnya lurus harus bengkok akibat serangan Garp.

Kesimpulan

Whitebeard memang adalah sosok yang sangat kuat terbukti bagaimana dia sanggup menghadapi seluruh angkatan laut sendirian. Dia juga mampu dan sanggup untuk menghancurkan dunia dengan kekuatannya. Namun, jika dibandingkan dengan Monkey D Garp rasanya Garp lebih memiliki keunggulan dibanding Whitebeard. Keunggulan tersebut bagaimana Garp tidak memanfaatkan buah iblis.

Garp benar-benar memanfaatkan seluruh kekuatan tekad dan fisik yang dia miliki untuk menciptakan kedahsyatan serangan dan pertahanan dalam dirinya. Di chapter 1081 kemarin bahkan kita melihat bagaimana Garp sanggup untuk menghancurkan sebagian pulau Beehive dalam pertarungan melawan Aokiji. Sehingga, berdasarkan penjelasan di atas rasanya titel manusia paling kuat di dunia akan lebih baik jika diberikan atau dimiliki oleh Garp. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.