Buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika yangsaat ini ada di tangan Monkey D Luffy ternyata adalah salah satu Senjata Kuno yaitu Uranus. Senjata kuno memang jadi salah satu ketakutan besar dari World Government dalam cerita One Piece. Kita masih belum tahu apa yang membuat Senjata Kuno begitu dahsyat dan apa yang jadi alasan dibuatnya senjata luar biasa tersebut.

Selain itu, kita juga masih belum tahu apa alasan World Government takut terhadap Senjata Kuno. Berdasarkan informasi yang ada Senjata Kuno sempat digunakan dalam perang besar yang terjadi pada 800 tahun yang lalu. Sejauh ini, dari tiga Senjata Kuno yang sudah diketahui ada satu yang masih misterius yaitu Uranus. Dan buah iblis Nika bisa jadi adalah Senjata Kuno Uranus tersebut.

Berbagai Senjata Kuno

Seperti disebutkan di atas, Senjata Kuno masih jadi salah satu teka-teki besar dalam cerita One Piece. Kita masih belum tahu siapa yang membuatnya atau apa yang jadi tujuan dibuatnya senjata tersebut. Meskipun begitu, mungkin Oda sudah memberikan petunjuk terkait hal tersebut dalam arc Egghead yang sedang berjalan sekarang. Apa petunjuknya? Tidak lain tentang teknologi mutakhir di abad yang lalu.

Seperti yang dijelaskan oleh Shaka dan Vegapunk jika semua teknologi maju yang ada saat ini sebenarnya berasal dari masa lalu. Peradaban masa lalu bisa dibilang sangat maju dan jauh lebih modern. Hal ini berdasarkan isi Poneglyph dan catatan sejarah yang dipelajari atau diketahui oleh Vegapunk. Dan Vegapunk sendiri kemudian mengaplikasikan semua yang dia ketahui tersebut di era sekarang.

Berdasarkan hal tersebut, rasanya tidak mengherankan jika Senjata Kuno kemungkinan berasal dari era 800-900 tahun yang lalu. Dan yang membuat Senjata Kuno tersebut tidak lain adalah Ancient Kingdom atau Kerajaan Kuno. Mereka memanfaatkan teknologi canggih dan modern di kerajaan mereka untuk menciptakan senjata yang dahsyat yang mampu melindungi mereka dari ancaman mana pun.

Inilah yang kemudian jadi cikal bakal terciptanya Ancient Weapon atau Senjata Kuno. Mereka kemudian menciptakan tiga Senjata Kuno, yaitu Uranus, Poseidon, dan Pluton. Sejauh ini, sudah ada dua Senjata Kuno yang informasinya kita ketahui. Yang pertama adalah Poseidon yang ternyata bukan senjata, melainkan manusia. Dalam hal ini, sosok tersebut ternyata adalah Shirahoshi.

Sebagai salah satu Senjata Kuno yaitu Poseidon sosok Shirahoshi memiliki kekuatan untuk bisa mengendalikan semua makhluk laut. Kemudian, yang kedua adalah Pluton. Pluton merupakan sebuah kapal dahsyat yang memiliki persenjataan yang sangat mengerikan. Kabarnya, senjata yang ada di kapal tersebut mampu untuk menghancurkan sebuah pulau. Setelah sempat diduga ada di Alabasta, faktanya Pluton ada di wilayah Wano dan jadi bagian dari pulau tersebut.

Misteri Uranus

Senjata Kuno yang ketiga adalah Uranus. Untuk Uranus sendiri masih belum ada informasi atau petunjuk yang bisa memberikan gambaran seperti apa wujud dari Senjata Kuno ini. Dengan wujud Uranus yang masih jadi misteri membuat para fans banyak yang berspekulasi mengenai hal ini. Ada yang berspekulasi bahwa Luffy adalah Senjata Kuno yang dimaksud.

Ada juga yang menyebutkan bahwa Momonosuke adalah Uranus. Selain itu, ada juga yang menyebutkan jika Uranus adalah sebuah senjata mengerikan yang ada di langit. Dan ini adalah senjata yang sempat digunakan oleh Im ketika menghancurkan kerajaan Lulusia. Yang menarik adalah para fans sendiri banyak yang beranggapan jika Uranus merupakan Senjata Kuno yang ada kaitannya dengan langit.

Mengapa demikian? Hal ini karena dua Senjata Kuno sebelumnya berkaitan dengan laut – yaitu Poseidon – dan daratan – yaitu Pluton. Sehingga, banyak yang menduga jika Uranus adalah Senjata Kuno yang berkaitan dengan langit. Teka-teki tentang Uranus nampaknya masih belum akan terungkap sampai beberapa waktu kedepan dan masih akan jadi misteri di dunia One Piece.

Buah Iblis Nika Adalah Uranus

Namun, bagaimana jika kemudian Uranus sebenarnya ada di depan mata kita? Bagaimana jika sebenarnya Uranus sudah sejak lama diperkenalkan dalam cerita One Piece? Terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika buah iblis Nika yang saat ini ada di tangan Luffy sebenarnya merupakan Senjata Kuno Uranus yang selama ini jadi misteri. Bagaimana kemudian buah iblis Nika merupakan Uranus?

Terdapat beberapa hal yang dianggap menjadi petunjuk terkait hal ini. Yang pertama adalah bagaimana informasi Uranus masih jadi rahasia atau tidak pernah terungkap. Mengapa kemudian Oda Sensei tidak menghadirkan informasi tentang Uranus? Jawabannya bisa jadi sebenarnya Oda sudah menghadirkan Senjata Kuno tersebut tanpa disadari oleh para fans.

Seperti halnya informasi mengenai buah iblis Nika, Oda mungkin akan memberikan kejutan suatu hari nanti jika kemudian buah iblis Nika tersebut ternyata adalah benda yang penting yaitu Senjata Kuno Uranus. Kedua, bagaimana Shanks dan kelompoknya memutuskan untuk mencuri buah iblis tersebut. Di dunia One Piece ada banyak sekali buah iblis yang bisa dicuri atau dipilih oleh Shanks.

Menarik tentunya mengapa kemudian dia memutuskan untuk mencuri buah iblis tersebut. Shanks bahkan rela mencurinya dari kapal yang dijaga oleh pihak World Government. Artinya, Shanks tahu bahwa buah iblis tersebut sangat penting. Shanks mungkin mendapatkan informasi mengenai buah iblis tersebut dari Roger di mana dia meminta Shanks untuk mendapatkan buah iblis tersebut.

Ketiga, World Government berusaha untuk menutupi fakta dan informasi mengenai buah iblis Nika. Mengapa kemudian mereka melakukan hal tersebut kepada buah iblis Nika, namun tidak terhadap buah iblis lainnya? Yang menarik juga adalah fakta bahwa World Government sudah sejak 800 tahun lalu berusaha untuk mendapatkan buah iblis tersebut. Sayangnya, mereka selalu gagal.

Dengan semua petunjuk tersebut rasanya memang masuk akal jika kemudian buah iblis Nika adalah Uranus, apalagi jika kita mengingat kedahsyatan dari kekuatan buah iblis tersebut. Gorosei sendiri bahkan menyebutkan jika buah iblisnya memiliki kekuatan paling dahsyat di dunia. Apakah Oda Sensei pada akhirnya akan menghadirkan fakta tentang buah iblis Nika adalah Uranus? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.