Para Gorosei atau lima tetua bintang kemungkinan adalah pelayan dari Monkey D Luffy mengingat dia adalah perwujudan dari Sun God Nika. Gorosei adalah kelompok yang ada di World Government dan terdiri dari lima orang tua yang namanya masih belum diketahui seluruhnya. Para Gorosei adalah orang-orang penting di World Government dan memiliki jabatan yang lebih tinggi dari pada masyarakat biasa.

Mereka diperlihatkan memiliki akses untuk bisa bertemu sang penguasa dunia yaitu Im. Bahkan, Gorosei diperlihatkan jadi pelayan bagi Im. Gorosei juga menjadi misteri besar sampai saat ini. Kita tidak tahu seberapa besar kekuatannya dan bagaimana asal-usulnya. Namun, terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan bahwa Gorosei bisa jadi sebenarnya adalah pelayan bagi Monkey D Luffy.

Spekulasi Nama Gorosei

Seperti yang disebutkan di atas, kita masih belum tahu banyak tentang Gorosei. Oda Sensei sendiri hampir tidak pernah mengungkapkan tentang nama dari atau identitas dari para Gorosei tersebut. Sampai kemudian di chapter 1073 Oda mengungkapkan salah satu nama dari Gorosei yaitu Saint Jay Garcia Saturn. Dalam chapternya diperlihatkan Gorosei tersebut ikut menuju pulau Egghead.

Pasca Oda memperkenalkan Saturn kepada para fans muncul berbagai teori tentang kemungkinan nama atau identitas dari Gorosei lainnya. Para fans sendiri meyakini jika Gorosei yang lainnya juga memiliki koneksi atau kaitan dengan nama planet. Ada beberapa petunjuk terkait dengan spekulasi tersebut. Pertama adalah nama Saturn yang diduga adalah Saturnus.

Saturnus sendiri, seperti yang Geeks ketahui, adalah nama salah satu planet yang ada di sistem tata surya. Dan hal ini berkaitan dengan petunjuk kedua yaitu nama dari ‘Gorosei’ itu sendiri. Gorosei bisa diartikan sebagai “Lima Tetua Bintang” dan kanji dari “bintang” bisa juga diartikan sebagai “planet.” Sehingga, terjemahan lainnya dari Gorosei adalah “Lima Tetua Planet.”

Teori yang berkembang menyebutkan jika Gorosei lainnya mungkin memiliki nama yang juga berasal dari tata surya seperti Venus, Uranus, Mars, dan Jupiter. Namun, yang menarik adalah dalam cerita One Piece diperlihatkan jika Gorosei justru jadi pelayan bagi sosok Im. Mereka selalu mematuhi apa yang diperintahkan atau disebutkan oleh Im. Muncul pertanyaan bagaimana jika sebenarnya Gorosei bukan pelayan dari Im, melainkan Luffy?

Alasan Gorosei Adalah Pelayan Luffy

Apa yang kemudian jadi alasan jika Gorosei adalah pelayan dari Luffy? Tidak lain ini ada kaitannya dengan kekuatan dan julukan baru Luffy, yaitu Sun God Nika. Nama Nika sang dewa matahari atau Sun God Nika pertama kali disebutkan di chapter 1018 kemarin, di mana saat itu Who’s Who menjelaskan tentang sosok legendaris bernama “Nika” yang memiliki julukan “Sun God” atau dewa matahari.

Sosok tersebut diketahui oleh Who’s Who ketika dia dipenjara. Who’s Who mendapatkan cerita dari salah satu penjaga bahwa ada sosok misterius bernama Nika, yang selalu menolong para budak yang tertindas. Apa yang kemudian membuat Nika mendapatkan julukan Dewa Matahari atau Sun God memang masih jadi tanda tanya. Namun, dari Gear 5 Luffy diperlihatkan bagaimana kekuatan Nika memang erat dengan matahari.

Banyak fans yang beranggapan jika Nika sering membawa kehangatan bagi orang-orang. Namun, bisa jadi juga kekuatannya yang kemudian membuat Nika mendapatkan julukan Dewa Matahari. Nika dan matahari ini juga yang kemudian menjadi salah satu alasan dan dasar mengapa kemudian muncul spekulasi tentang para Gorosei yang merupakan pelayan dari Luffy.

Dalam sistem tata surya diketahui jika berbagai planet yang ada di luar angkasa berputar mengelilingi matahari. Hal tersebut dikarenakan matahari adalah pusat tata surya dan merupakan planet paling besar dalam tata surya. Spekulasinya menyebutkan dengan berbagai planet tersebut mengitari matahari hal ini juga kemungkinan sama seperti para Gorosei dan Luffy.

Dianalogikan jika Luffy adalah matahari dan para Gorosei adalah berbagai planet yang mengitari matahari. Sehingga, para Gorosei tersebut sebenarnya memiliki fungsi untuk menjadi pelayan bagi Luffy seperti halnya berbagai planet yang ada di sistem tata surya mengitari matahari dan bukan melayani Im. Menarik tentunya untuk melihat interaksi antara Luffy dan juga para Gorosei dalam cerita One Piece selanjutnya. Apakah Gorosei akan tunduk kepada Luffy? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.