Sampai saat ini memang identitas dari Im masih belum terungkap, namun terdapat spekulasi jika sosok sebenarnya dari Im adalah Rocks D Xebec. Dalam dunia One Piece memang ada banyak karakter yang sampai saat ini masih jadi misteri besar. Eiichiro Oda masih belum banyak memberikan informasi tentang karakter tersebut. Contohnya adalah Monkey D Dragon atau bahkan Shanks.

Oda biasanya sengaja merahasiakan informasi dari sebuah karakter sampai kemudian muncul momen yang tepat untuk mengungkapkannya. Namun, dari sekian banyak karakter yang masih misterius sejauh ini dalam cerita One Piece yang paling mengundang perhatian adalah sosok Im. Ada banyak spekulasi tentang karakternya dan salah satu yang menarik menyebutkan jika Im adalah Rocks D Xebec.

Im Sang Pemimpin Dunia

Seperti yang disebutkan di atas, sejauh ini masih belum banyak informasi yang diketahui tentang sosok Im. Baru ada beberapa hal tentang Im yang sudah diketahui dari ceritanya. Contohnya dia adalah pemimpin atau penguasa di dunia One Piece. Im Sama merupakan pemimpin dari World Government, kelompok yang berkuasa di dunia One Piece. Sosok Im bahkan jauh lebih berkuasa dari Gorosei.

Semua perintah dari Im Sama akan segera dilaksanakan atau dilakukan oleh para Gorosei. Dan semua keputusan besar harus sesuai dengan persetujuan Im. Sosok Im juga diketahui sangat misterius. Orang-orang atau para karakter yang ada di dunia One Piece pun tidak tahu keberadaan sosok Im. Hal ini bisa kita analisis dari pernyataan Sabo kemarin di chapter 1060, yang tidak menyangka bahwa ada sosok penguasa dunia.

Logikanya, jika Pasukan Revolusi sendiri tidak tahu hal itu maka semua orang pun tidak tahu. Bahkan, terdapat spekulasi lain yang menyebutkan jika Gorosei sendiri belum pernah melihat wajah dari sosok Im. Apa alasan Im selalu berada di bawah bayang-bayang memang masih jadi misteri besar. Namun, satu hal yang pasti dia tidak ingin orang mengetahui keberadaan atau identitasnya.

Im Adalah Rocks D Xebec

Dengan identitas dan keberadaanya yang sangat misterius membuat akhirnya para fans banyak berspekulasi mengenai siapa sebenranya Im. Salah satu yang menarik menyebutkan jika Im adalah Rocks D Xebec. Nama Rocks mungkin tidak banyak dikenal oleh banyak orang. Hal ini karena semua identitas dan berbagai bukti tentang Rocks sudah dihapus dari catatan sejarah.

Rocks D. Xebec merupakan bajak laut yang namanya sempat disebutkan oleh Sengoku sebagai bajak laut yang mengerikan. Saking mengerikannya, nama Rocks dihapus dari sejarah. Bahkan, momen dari peristiwa God Valley sendiri coba untuk dihapus juga dari dengan menghilangkan pulau tersebut. Sengoku kemudian menuturkan bahwa berkat kerja sama Garp dan Roger, kelompok Rocks bisa dihancurkan, dan kemudian dibubarkan.

Dalam ceritanya diketahui jika Rocks memiliki satu impian besar yaitu menguasai dunia. Dan ini juga yang kemudian jadi alasannya untuk pergi ke God Valley yang mana saat itu di pulau tersebut banyak kaum naga langit berkumpul. Yang menarik adalah meskipun Sengoku menyebutkan jika Rocks berhasil dikalahkan oleh Roger dan Garp, namun tidak ada informasi yang menyebutkan dia sudah tewas.

Ini yang kemudian jadi dasar dari sebuah teori yang berkembang di kalangan fans, di mana kemungkinan Rocks masih hidup. Dan sebenarnya sosok misterius Im adalah Rocks D Xebec. Dalam teorinya disebutkan jika Rocks berhasil untuk mewujudkan mimpinya yaitu menguasai dunia. Hal ini setelah dia mendapatkan sebuah kekuatan dahsyat yang membuatnya jadi tidak terkalahkan.

Setelah itu, Rocks kemudian menghapus semua catatan sejarah yang berkaitan dengan namanya. Hal tersebut agar kerahasiaan dari identitasnya tetap terjaga. Sejauh ini, hal tersebut terbukti efektif di mana hanya segelintir orang yang tahu tentang Rocks seperti yang diperlihatkan di chapter sebelumnya. Dan yang juga menarik adalah ada beberapa orang yang kemungkinan tahu mengenai hal ini.

Garp Tahu Im Adalah Rocks

Ada kemungkinan juga jika Monkey D Garp tahu jika Im adalah Rocks. Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, Garp adalah sosok yang terlibat langsung dalam peristiwa God Valley. Diketahui dia bekerja sama dengan Roger untuk mengalahkan Rocks. Pasca kejadian tersebut Garp tidak pernah mau lagi membahas hal tersebut. Banyak yang menduga jika ini ada kaitannya kerja sama dengan Roger.

Namun, bisa jadi juga ada kemungkinan lain darihal tersebut. Menurut spekulasinya, kemungkinan ada alasan mengapa Garp begitu “sensitif” mengenai insiden di God Valley. Bukan karena dia terpaksa harus bekerja sama dengan Roger, melainkan karena mereka kalah dan kemudian kebohongan pun muncul dan sampai ke telinga angkatan laut bahkan World Government.

Dalam arc Wano sosok Garp sempat menyebutkan bahwa kelompok Rocks, yaitu Big Mom dan Kaido, yang kembali bersatu akan menyebabkan kekacauan dan masalah. Namun, bisa jadi sebenarnya mereka berdua mengetahui bahwa Rocks mungkin adalah Im, mengingat mereka adalah mantan krunya. Seperti yang diungkapkan Sengoku, kelompok Rocks tidak pernah saling bantu.

Mereka justru saling menjatuhkan, saling serang satu sama lain. Sehingga keinginan Kaido untuk menghadirkan perang besar dan juga keinginan untuk menemukan One Piece dan menjadi penguasa dunia dirasa saling terhubung. Im atau Rocks saat ini sudah bisa dipastikan sudah sangat tua dan Blackbeard mungkin akan berusaha untuk menggeser posisinya. Insiden perang God Valley yang baru mungkin akan terjadi dengan skala yang jauh lebih besar dan juga jumlah pihak yang terlibat pun akan lebih banyak. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.