Teka-teki tentang pria dengan luka bakar selalu mengarah pada sosok Jaguar D Saul, namun bagaimana jika sosok tersebut adalah Monkey D Dragon? Alur cerita One Piece saat ini sudah mulai memasuki babak akhir dengan berakhirnya arc Wano kemarin. Meskipun begitu, Oda Sensei sendiri memastikan jika masih ada banyak cerita yang akan disuguhkan di sepanjang seriesnya.

Dan hal ini terbukti bagaimana kemudian muncul misteri baru dalam ceritanya yaitu tentang sosok “Pria Dengan Luka Bakar.” Eustass Kid yang pertama kali menyebutkan hal itu di akhir arc Wano dan tidak butuh waktu lama bagi para fans untuk kemudian berdiskusi siapa sebenarnya sosok tersebut. Dan yang menarik ada spekulasi yang mengarah pada sosok Monkey D Dragon.

Sosok Pria Dengan Luka Bakar

Siapa sebenarnya sosok “Pria Dengan Luka Bakar” tersebut? Dalam chapter 1056 kemarin Kid dan Killer sempat menyebut seseorang yang misterius. Menurut Kid, sosok tersebut adalah seseorang yang sangat penting yang berkaitan dengan lokasi dari Laugh Tale dan juga One Piece. Orang tersebut memiliki sebuah ciri khusus yaitu bekas luka bakar atau memiliki tanda akibat luka bakar.

Dalam penjelasan Kid, sosok misterius ini dianggap mengetahui di mana lokasi atau keberadaan Road Poneglyph terakhir. Di chapter 1081 kemarin petunjuk tentang “Pria Dengan Luka Bakar” ini kembali muncul di mana Blackbeard ternyata juga mengetahui hal tersebut. Artinya, bisa dispekulasikan jika informasi tersebut tidak diketahui banyak orang di mana terbukti Luffy dan yang lain tidak tahu tentang hal ini.

Oda Sensei sendiri belum memberikan penjelasan detail terkait hal ini. Meskipun begitu, terdapat beberapa karakter yang dianggap sesuai dengan ciri-cirinya. Pertama adalah Aokiji. Seluruh tubuhnya memiliki bekas luka bakar akibat pertarungannya melawan Akainu. Namun, Vasco Shot sendiri kemudian membantah hal itu dengan mengatakan jika lukanya adalah luka yang baru.

Selain Aokiji, ada juga karakter lain yaitu Sabo. Hal ini juga jelas mengingat bekas luka bakarnya bisa kita lihat ada di wajahnya. Namun, terdapat satu karakter terakhir yang juga santer diprediksi para fans yaitu Jaguar D. Saul. Sebelumnya, Saul diduga sudah tewas setelah apa yang terjadi dalam peristiwa Ohara. Namun, dalam kilas balik Vegapunk kemarin diperlihatkan bagaimana Saul ternyata selamat dari peristiwa tersebut dan masih hidup.

Dia kemudian bersembunyi di Elbaf dan sekujur tubuhnya terdapat bekas luka bakar akibat peristiwa besar di Ohara. Namun, di chapter 1081 terdapat petunjuk lainnya mengenai siapa yang memiliki Road Poneglyph terakhir. Menurut penjelasan Blackbeard, sosok “pria dengan bekas luka bakar” memiliki kapal berwarna hitam/gelap. Selain itu, sosok misterius ini memiliki kekuatan dahsat untuk bisa menciptakan pusaran air di mana dia bisa menenggelamkan musuh-musuhnya di lautan.

Monkey D Dragon Adalah Pria Dengan Luka Bakar

Nama Dragon memang tidak masuk dalam kandidat karakter sosok pria dengan luka bakar. Meskipun begitu, ada kemungkinan jika Dragon adalah sosok yang dimaksud dan bukan Saul. Mengapa demikian? Pertama dari petunjuk baru tentang kemampuan untuk mengatur pusaran air. Dragon diketahui atau santer diprediksi memiliki kekuatan yang berkaitan dengan cuaca.

Hal ini karena setiap kali Dragon muncul selalu ada hujan badai di wilayah sekitarnya. Bahkan, dalam peristiwa kebakaran di Grey Terminal ada kumpulan awan dan angin yang kemudian memandu Pasukan Revolusi untuk kemudian menyelamatkan nyawa para penduduk. Entah apakah ini merupakan kekuatan buah iblis atau bukan, yang pasti Dragon memiliki kekuatan yang terkoneksi dengan cuaca atau angin.

Berdasarkan hal tersebut, artinya bukan hal mustahil jika kemudian Dragon mampu menciptakan pusaran air yang besar di lautan. Karena, dia mampu untuk mengendalikan cuaca yang menyebabkan pusaran air untuk muncul. Hal lainnya yang juga dianggap mengarah kepada Dragon adalah kapal yang dia gunakan. Kapal yang digunakan oleh Dragon cenderung berwarna gelap.

Namun, Geeks mungkin bertanya di mana bekas luka bakar yang dimiliki oleh Dragon? Sampai sekarang memang Dragon belum pernah memperlihatkan bagian tubuhnya. Bagian tubuhnya selalu tertutupi oleh pakaian atau jubah yang dia kenakan. Tetapi, bisa jadi jika tato di wajahnya adalah cara untuk menutupi bekas luka bakar di tubuh Dragon. Hal ini mirip seperti yang dilakukan oleh kru bajak laut Matahari.

Petunjuk terakhir mengapa kemudian Dragon adalah pria dengan luka bakar yang dimaksud berkaitan dengan apa dilakukan oleh kelompok Blackbeard. Di arc Dressrosa diperlihatkan bagaimana Burgess mengikuti dan berhasil menyusup ke markas Pasukan Revolusi di Baltigo. Mereka kemudian menyerang wilayah tersebut, meskipun Dragon dan yang lain sudah berhasil pergi terlebih dahulu.

Memang, penyerangan tersebut mungkin ada kaitannya dengan momen pencurian buah iblis. Namun, bisa jadi juga sebenarnya Burgess mendapatkan perintah dari Blackbeard untuk menyusup. Blackbeard kemungkinan tahu jika Dragon adalah pria dengan luka bakar dan jadi alasan mengincarnya.

Alasan Dragon Simpan Road Poneglyph Terakhir

Pertanyaan besar yang mungkin muncul di benak Geeks adalah mengapa kemudian Dragon menyimpan Road Poneglyph terakhir atau mengapa kemudian dia bisa memiliki Road Poneglyph terakhir. Dragon memiliki satu misi utama dalam hidupnya yaitu menghancurkan World Government dan juga kaum naga langit. Seperti yang Geeks ketahui, One Piece dan harta karun di Laugh Tale menyimpan rahasia dunia.

Dengan mengetahui rahasia yang selalu mereka sembunyikan tersebut tentunya Dragon dan Pasukan Revolusi akan bisa menghancurkan World Government. Dan jika Geeks sadari sudah sejak lama Dragon mencari keberadaan Nico Robin sebelum kemudian mereka berhasil bertemu saat timeskip terjadi. Meskipun mungkin ada hal lain yang dilakukan Robin dengan Pasukan Revolusi, tetapi bisa jadi juga Dragon tahu Robin bisa membaca Poneglyph.

Dia ingin Robin menerjemahkan seluruh isi Road Poneglyph tersebut. Tetapi, bisa jadi ada hal lain yang kurang, seperti sosok Luffy. Sehingga, momen untuk menerjemahkan Road Poneglyph terakhir itu belum selesai sepenuhnya. Oda selalu berhasil menghadirkan kejutan di mana ekspektasi atau spekulasi dari para fans dipatahkan. Banyak fans yang berspekulasi jika Saul adalah sosok pria dengan luka bakar. Namun, mungkin, pada akhirnya bukan Saul pria dengan luka bakar tersebut melainkan Dragon.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.