Terdapat kurang lebih delapan Breathing Styles atau Teknik Pernafasan yang dianggap sebagai yang terbaik dalam cerita Demon Slayer. Dalam cerita Demon Slayer, Teknik Pernafasan atau Breathing Styles tersebut menjadi elemen penting yang harus dikuasai oleh para Demon Slayer Corps. Ini adalah kemampuan berpedang yang bisa digunakan untuk menghadapi para iblis.

Biasanya, berbagai Breathing Styles tersebut akan diajarkan kepada para anggota Demon Corps ketika mereka berlatih. Dengan menguasai salah satu – atau bahkan lebih dari satu – Breathing Styles akan membuat mereka jadi sosok yang kuat dan tangguh. Dan yang menarik juga adalah Breathing Styles ini erat kaitannya dengan elemen. Berikut adalah beberapa Breathing Styles yang dianggap terbaik dalam cerita Demon Slayer.

Love Breathing

Mungkin, banyak yang heran dengan salah satu teknik berpedang ini karena tidak ada kaitannya dengan teknik pernafasan. Namun, Love Breathing dianggap sebagai salah satu yang terbaik karena benar-benar berasal dari dalam jiwa sang penggunanya. Love Breathing merupakan turunan dari Flame Breathing dan sejauh ini hanya ada satu pengguna teknik ini yaitu Mitsuri Kanroji.

Sesuai namanya, Love Breathing adalah kemampuan yang membuat penggunanya bisa memanfaatkan rasa cinta dalam dirinya untuk menjadi sebuah gaya bertarung. Love Breathing bisa meningkatkan kelincahan, kecepatan, dan juga kemampuan menghindari. Di sisi lain, Love Breathing memang sesuai dengan Kanroji yang diketahui memiliki ketebalan otot yang luar biasa.

Wind Breathing

Salah satu dari lima Breathing Styles yang diturunkan atau turunan langsung dari Sun Breathing. Wind Breathing juga dianggap sebagai salah satu Breathing Style yang paling kuat. Teknik ini membuat penggunanya mampu untuk menciptakan atau menghasilkan angin untuk kemudian mereka manfaatkan dengan kemampuan berpedang yang mereka kuasai. Dalam hal ini, setiap serangan pedang yang dilakukan penggunanya bisa menghasilkan efek angin yang dahsyat. Sejauh ini hanya ada dua pengguna Wind Breathing yang diketahui yaitu Sanemi Shinazugawa dan Masachika Kumeno.

Water Breathing

Ini adalah Breathing Styles yang diperkenalkan pertama kepada para fans dalam cerita Demon Slayer. Water Breathing memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk mampu menggunakan dan memanfaatkan elemen air yang dipadukan dengan kemampuan berpedang mereka. Selain itu, mereka juga bisa menirukan gaya dari air itu sendiri. Water Breathing benar-benar sangat serbaguna karena membuat penggunanya bisa mengendalikan elemen. Meskipun begitu, jika kemudian teknik ini digunakan oleh sosok yang tepat maka akan jadi sebuah hal yang mengerikan seperti diperlihatkan oleh Urokodaki atau Giyu Tomioka.

 Thunder Breathing

Selain Wind Breathing, Thunder Breathing adalah Breathing Styles lain yang diwariskan dari dari Sun Breathing. Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh salah satu protagonis utama dalam ceritanya yaitu Zenitsu Agatsuma. Tekniknya sendiri menirukan cara kerja dari petir, di mana mampu untuk bergerak secara cepat. Pengguna dari Thunder Breathing biasanya akan mampu melakukan serangan atau pergerakan dengan cepat dan mematikan. Tidak jarang, musuh atau targetnya juga terkena sengatan listrik/petir. Menurut Zenitsu, mengapa kemudian pengguna Breathing Styles ini bisa bergerak dengan cepat karena seluruh otot, terutama pada bagian kaki, akan digunakan secara maksimal.

Sound Breathing

Sound Breathing merupakan pengembangan dari Thunder Breathing dan hanya muncul sekilas dalam cerita Demon Slayer. Satu-satunya pengguna Sound Breathing yang diketahui adalah Tengen Uzui. Menggunakan Breathing Styles ini terbukti membuat Tengen jadi sosok yang patut diperhitungkan dalam pertarungan karena memang sangat mematikan. Dengan teknik Sound Breathing, Tengen mampu bergerak secepat suara, memiliki pendengaran yang tajam, dan berbagai teknik dahsyat lainnya.

Moon Breathing

Moon Breathing adalah salah satu Breathing Styles yang sangat unik yang merupakan pengembangan atau turunan dari Sun Breathing. Yang juga menarik adalah teknik Moon Breathing ini sangat spesial karena mereka menggunakan bentuk bulan sabit ketika menyerang musuh. Michikatsu adalah karakter yang menggunakan Breathing Styles ini.

Bukti kedahsyatan dari Breathing Styles ini bahkan masih terasa ketika Michikatsu sudah berubah menjadi iblis. Dengan memanfaatkan Demon Blood Arts membuat Michikatsu bisa menciptakan pedang yang memiliki bentuk bulan sabit yang terbuat dari tubuhnya. Gabungan dua hal tersebut yang membuat Michikatsu jadi salah satu karakter terkuat di series ini.

Flame Breathing

Seperti namanya, Flame Breathing adalah Breathing Style yang berfokus pada penggunaan api dalam pertempuran. Flame Breathing juga jadi salah satu teknik yang dikembangkan atau turunana dari Sun Breathing. Seperti halnya Wind Breathing, Flame Breathing juga merupakan salah satu teknik berpedang yang sangat kuat karena menirukan bagaimana cara kerja dari api.

Pengguna teknik Flame Breathing akan mampu membakar target mereka dan bahkan menghanguskannya dalam waktu singkat. Meskipun begitu, semuanya tergantung dari level penguasaan teknik tersebut. Salah satu Hashira di Demon Slayer Corps, Engoku, adalah salah satu pengguna Flame Breathing terbaik.

Sun Breathing

Ini adalah Breathing Style atau teknik berpedang pertama yang ada di cerita Demon Slayer. Breathing Style sendiri merupakan sebuah teknik berpedang yang memang menjadi milik dari keluarga Kamado. Ini adalah Breathing Style paling kuat dalam ceritanya dan merupakan Breathing Style pertama yang diciptakan untuk kemudian diwariskan dari generasi ke generasi di keluarga Kamado.

Meskipun Sun Breathing awalnya adalah milik keluarga Kamado, namun teknik ini bisa juga dipelajari oleh yang lain. Bahkan, banyak juga pengembangan atau turunan dari Sun Breathing seperti yang disebutkan di atas. Salah satu bukti kedahsyatan dari Sun Breathing adalah bagaimana Muzan Kibutsuji awalnya hampir berhasil dikalahkan oleh Yoriichi Tsukiguni yang merupakan pencipta dari teknik ini.

Untuk bisa menghadapi para iblis dalam cerita Demon Slayer seorang Demon Slayer Corps perlu menguasai salah satu teknik berpedang yang ada. Terdapat beberapa teknik yang dianggap sangat luar biasa seperti yang dijelaskan dalam poin-poin di atas. Semakin mahir seseorang dalam menguasai tekniknya, maka akan semakin dahsyat juga serangan yang dihasilkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.