Dengan kekuatan yang mereka milik terdapat beberapa angkatan laut yang dianggap setara dengan sosok legendaris yaitu Garp. Sudah sejak lama sosok Monkey D. Garp dianggap sebagai salah satu karakter terkuat dalam cerita One Piece. Bahkan, Garp juga dianggap sebagai salah satu karakter paling kuat di angkatan laut. Dan sejauh ini, memang Garp sudah membuktikan hal tersebut.

Sekitar 28 tahun lalu, Garp berhasil mengalahkan Rocks D. Xebec seorang bajak laut kejam yang terkenal. Meskipun dibantu oleh sosok Roger, namun ini menjadi bukti seberapa kuat Garp. Bagaimana dia juga jadi rival dari Garp menjadi bukti lainnya tentang kekuatan sang pahlawan angkatan laut tersebut. Namun, angkatan laut juga memiliki anggota yang dianggap setara dengan Garp dari level kekuatan. Siapa saja?

Sengoku

Sengoku the Buddha dahulunya merupakan Fleet Admiral sebelum time-skip terjadi. Bersama Garp dan tsuru, Sengoku menjadi salah satu angkatan laut terkuat di generasinya. Bukti kedahsyatan dari Sengoku bisa dilihat dalam perang Marineford. Dia menggunakan buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu untuk menyerang Blackbeard yang hendak menghancurkan Marineford.

Dia juga merupakan pengguna Haki yang jadi modal lain dari kekuatan Sengoku. Puluhan tahun lalu, bersama Garp, Sengoku sering berhadapan dengan bajak laut kuat seperti Roger, Shiki, dan lainnya. Ini tentunya jadi bukti kedahsyatan level kekuatan Sengoku dan wajar jika kemudian dia berada di level kekuatan yang setara dengan Garp. Namun, dibandingkan Garp dan Tsuru, Sengoku lebih bijak dan tenang dalam menanggapi berbagai hal.

Akainu

Sosok fleet admiral di markas pusat saat ini yang berhasil mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Sengoku setelah mengalahkan Aokiji. Akainu sudah menunjukan bahwa dia memiliki kekuatan yang luar basa dahsyat. Hal ini berkat Magu Magu no Mi, di mana buah tersebut memberikan kemampuan untuk memanipulasi magma dan berubah menjadi cairan panas tersebut.

Kemampuan magma dari Akainu bahkan mampu mengungguli kemampuan buah iblis Mera Mera yang menyebabkan kematian dari Ace. Dari segi kekuatan Akainu memang tidak bisa dipandang remeh. Bagaimana dia berhasil mengalahkan Aokiji jadi bukti kekuatan Akainu. Bahkan, dalam pertempuran Marineford dia mampu melukai dan menghancurkan tubuh Whitebeard. Banyak fans sendiri yang berharap Garp bisa bertarung menghadapi Akainu apalagi setelah dia menghabisi nyawa Ace.

Aokiji

Selain Akainu, Aokiji juga jadi salah satu angkatan laut yang dianggap memiliki kekuatan setara dengan Garp. Hal ini berkat kekuatan dahsyat buah iblis Hie Hie miliknya yang membuat sekitarnya bisa menjadi es. Aokiji sendiri sebenarnya merupakan angkatan laut yang sangat mengidolakan Garp. Hal ini karena Garp selalu bisa mengikuti apa yang dia inginkan terlepas dari keterikatannya dengan angkatan laut.

Yang juga menarik adalah Aokiji merupakan murid pertama dari Garp. Hal ini diperlihatkan bagaiman puluhan tahun lalu Aokiji belajar banyak dari Garp. Sayangnya, di chapter 1081 kemarin mereka akhirnya harus bertarung. Dan Garp memang diperlihatkan berhasil menghancurkan Aokiji dengan mudah. Namun, mungkin Aokiji masih belum selesai dengan pertarungannya dan akan menunjukan kekuatannya yang sebenarnya.

Kizaru

Salah satu admiral dari generasi lama yang masih bertahan di posisinya. Sesuai dengan jabatan yang dia miliki, Kizaru merupakan salah satu petarung terhebat di angkatan laut. Kemampuan fisik Kizaru yang sangat luar biasa ditunjukan dengan refleks gerakan yang sangat cepat. Kekuatan tersebut merupakan efek dari buah iblis yang dia makan yaitu Pika Pika no Mi.

Berkat buah iblis tersebut, Kizaru memiliki kekuatan dari elemen cahaya. Artinya dia mampu bergerak secepat cahaya dan menyerang dengan sangat cepat. Cahaya tersebut juga bisa dijadikan senjata seperti laser, tembakan energi, juga sebuah serangan energi dahsyat yang bisa menghancurkan gedung. Di arc Sabaody diperlihatkan bagaimana dia sendirian mampu menghancurkan seluruh Worst Generation. Sehingga, rasanya wajar jika Kizaru memiliki kekuatan setara dengan Garp.

Fujitora

Fujitora alias Issho juga merupakan seorang admiral di markas pusat. Dalam masalah kekuatan dalam bertarung, Issho memiliki kemampuan yang sangat luar biasa terlepas dari kekurangan yang dia miliki yaitu tidak mampu untuk melihat. Issho juga merupakan pemakan buah iblis Zushi Zushi no Mi, di mana dia mampu mengendalikan gravitasi di sebuah wilayah sesuka hatinya.

Issho juga merupakan sosok yang menguasai dua jenis Haki, Armament dan Observation Haki. Roronoa Zoro sendiri bahkan sempat kewalahan menghadapi Fujiora dan dia jadi salah satu orang yang ikut menyerang dan mengalahkan Doflamingo. Meskipun begitu, Issho sendiri diperlihatkan tidak senang untuk bertarung dan lebih senang dengan kedamaian seperti halnya Aokiji.

Kong

Mantan Fleet Admiral yang sekarang menduduki jabatan sebagai pemimpin dari seluruh pasukan angkatan laut dan organisasi militer World Government. Kong adalah seorang Fleet Admiral pada 27 tahun lalu sebelum kemudian dipromosikan untuk berada di wilayah Mary Geoise. Namun, sayangnya, sampai saat ini informasi mengenai sosok Kong masih sangat sedikit.

Kita tidak pernah tahu sekuat apa sosok Kong, apakah dia memiliki kekuatan buah iblis atau kekuatan Haki. Namun, melihat bagaimana posisinya di World Government saat ini dan juga melihat bagaimana bekas luka di badannya, bisa disimpulkan bahwa Kong adalah sosok angkatan laut yang kuat. Besar kemungkinan Kong memiliki kekuatan yang setara atau bahkan melebihi kekuatan Garp.

Monkey D. Garp memang tidak diragukan lagi jadi salah satu karakter terkuat di series One Piece, berkat kekuatan dahsyat yang dia miliki. Meskipun begitu, di pihak angkatan laut sendiri juga banyak karakter yang memiliki kekuatan yang setara dengan Garp. Dan beberapa karakter di atas adalah contoh dari hal tersebut. Sebagian bahkan masih dirahasiakan kekuatannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.