Banyak orang yang tidak sadar jika Eiichiro Oda sudah beri petunjuk mengenai arc final dari series One Piece sejak 25 tahun yang lalu. Setelah berjalan lebih dari dua dekade One Piece akhirnya mulai memasuki babak akhir dari ceritanya. Perjalanan babak terakhir ini dimulai dengan berakhirnya arc Wano Country dan dimulainya arc Egghead. Oda Sensei sendiri kemudian menyebutkan bahwa alur cerita terakhir ini akan sangat luar biasa.

Sejauh ini, memang apa yang Oda janjikan tersebut sudah terbukti. Sejak dimulainya arc Eggheadsudah banyak hal-hal menarik atau fakta-fakta luar biasa yang terungkap. Misalnya, kita akhirnya tahu tentang kemungkinan sejarah asal-usul buah iblis. Kita juga mendapatkan informasi tentang apa yang terjadi pada Abad yang Hilang. Dan di arc ini pun banyak pertarungan menarik seperti Shanks menghadapi Eustass Kid.

Berbicara mengenai Shanks sebenarnya ini jadi petunjuk besar dari Oda bahwa cerita akhir One Piece sudah dimulai. Hal ini ternyata sudah Oda ungkapkan sejak 25 tahun yang lalu. Salah satu penggemar One Piece mengunggah salah satu wawancara Eiichiro Oda yang dilakukan pada 1998 di akun Twitter miliknya, SandmanAP. Yang menarik adalah dalam wawancara tersebut Oda mengungkapkan tentang ciri-ciri alur cerita One Piece yang sudah mendekati akhir.

Menurutnya, ketika Shanks sudah mulai sering muncul dalam cerita maka bisa diartikan cerita One Piece sudah memasuki akhir. Shanks sendiri adalah salah satu karakter yang pertama muncul dalam cerita. Namun, seperti yang Geeks ketahui, Oda sangat jarang menghadirkan sosok Shanks. Sebelum alur cerita terakhir One Piece dimulai kemunculan Shanks mungkin bisa dihitung jari dan setiap kemunculannya hanya terbatas dalam beberapa panel saja. Shanks dan krunya juga sangat jarang diperlihatkan bertarung.

Sejak awal kemunculannya, para fans coba untuk menebak apa sebenarnya peran dari Shanks di dunia One Piece. Banyak teori menyebutkan jika dia adalah penjaga keseimbangan dunia. Dan yang membuat fans penasaran adalah bagaimana dia awalnya diperlihatkan tidak mengincar One Piece. Namun, di akhir ceritanya ini Shanks mulai lebih sering muncul dan dia miulai bergerak. Yang mengejutkan adalah bagaimana baru sekarang dia mulai menegaskan untuk mencari keberadaan One Piece. Apakah Shanks akan lebih dahulu mencapai Laugh Tale dibanding Luffy?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.