Avengers, atau yang sering disebut juga dengan Earth’s Mightiest Heroes, adalah salah satu tim superhero andalan Marvel yang kisahnya terbilang sudah sangat banyak dan juga beragam. Namun, tidak semua aspek dalam kisah yang melibatkan para superhero ini selalu mendapatkan sambutan positif dari penggemar. Bahkan dalam sejarahnya, ada beberapa kematian dari sejumlah anggota Avengers yang justru memicu perdebatan karena sebagian besar penggemar membencinya. Mulai dari kisah crossover sampai kisah solo, berikut ini tujuh kematian Avengers paling kontroversial di Marvel Universe!

Hawkeye – Avengers Disassembled (2004)

Salah satu kematian anggota Avengers yang terbilang kontroversial di kalangan penggemar adalah ketika Hawkeye mati secara mengenaskan di peristiwa Avengers Disassembled. Semuanya bermula ketika Scarlet Witch yang hilang kendali memicu invasi bangsa alien Kree ke Bumi. Dalam prosesnya Avengers bertarung dengan sangat gagah berani untuk melindungi Bumi, khususnya Clint Barton alias Hawkeye. Mirisnya dalam cerita ini Hawkeye diperlihatkan meledakan dirinya sendiri sambil membawa pejuang Kree ke kapal luar angkasa mereka. Tidak sedikit penggemar yang merasa marah karena kisah ini sangat bertentangan dengan tekad kuat Hawkeye yang tidak pernah menyerah.

Goliath – Civil War I (2006)

Dalam sejarah Marvel, kisah Civil War yang terjadi di kalangan superhero mungkin bisa dibilang merupakan peristiwa yang paling menyesakkan hati. Salah satu alasannya karena sepanjang kisahnya kita diperlihatkan pada pertempuran antara dua kubu superhero, yang berbeda pendapat tentang perlu atau tidaknya superhero mendaftarkan dirinya kepada pemerintah. Salah satu korban dari pertempuran ini adalah Bill Foster alias Goliath yang mati di tangan robot Thor ciptaan Iron Man, Mister Fantastic, dan Hank Pym. Kematian Goliath yang cukup brutal ini lantas menjadi sangat kontroversial karena Marvel dianggap telah sengaja mematikan salah satu ‘Black Avengers’ paling berpengaruh.

Captain America – Civil War I (2006)

Masih dengan kisah yang sama, ending kisah Civil War sendiri terbilang sangat tragis karena superhero populer sekelas Steve Rogers alias Captain America yang menentang hukum pemerintah justru terpaksa menyerahkan dirinya agar tidak ada lagi korban yang berjatuhan. Mirisnya ketika tengah dibawa ke pengadilan dalam keadaan terborgol, Steve ditembak oleh Crossbone dari belakang menggunakan sniper. Tidak hanya itu saja Sharon Carter yang pikirannya dikendalikan Doctor Faustus bahkan memperparah keadaan dengan menembak mati Captain America dari dekat. Alasan mengapa kematian ini terbilang kontroversial adalah karena pemimpin Avengers ini dibunuh saat tidak bisa melawan.

Hulk – Civil War II (2016)

Kisah Civil War II yang terjadi sepuluh tahun kemudian di Marvel Universe juga tidak ada bedanya dari Civil War pertama. Dalam kisah ini kematian anggota Avengers yang paling tragis sekaligus kontroversial adalah ketika Hawkeye menghabisi nyata Bruce Banner. Pemicu dari peristiwa tragis ini adalah prediksi Ulysses yang menuduh Hulk akan mengamuk dan membunuh banyak orang. Hawkeye yang tidak ingin semuanya terlambat lantas melesatkan anak panahnya ke kepala Bruce dan membunuhnya di tempat. Meskipun akhirnya terungkap bahwa Bruce sendiri yang meminta Hawkeye untuk melakukan hal tersebut, tetapi para penggemar merasa motifnya terlalu lemah.

Wasp – Ultimatum (2009)

Peristiwa Ultimatum memang tidak terjadi di timeline utama Marvel Universe, melainkan di Ultimate Universe yang segalanya memang lebih kejam. Walaupun begitu, kematian kontroversial Janet van Dyne alias Wasp dalam cerita Ultimatum sampai sekarang dianggap terlalu berlebihan untuk seorang pendiri Avengers. Di mana Wasp diperlihatkan dalam keadaan yang sangat mengenaskan karena dimakan oleh Blob. Yang lebih parahnya lagi, Blob sampai tega mengatakan kepada Hank Pym bahwa daging istrinya terasa seperti ayam. Hank yang marah langsung berubah menjadi raksasa dan membalaskan dendam Wasp dengan memakan kepala Blob.

Spider-Man – Dying Wish (2012)

Meskipun terkenal sebagai salah satu kisah paling ikonis dalam sejarah perseteruan Spider-Man dan Doctor Octopus, tetapi tidak sedikit penggemar yang membenci peristiwa Dying Wish. Salah satu alasannya karena karakter Marvel sepopuler Peter Parker alias Spider-Man diceritakan mengalami kematian yang sangat kontroversial, di mana Doc Ock menukar pikirannya dengan Peter sehingga sang superhero terjebak di dalam tubuhnya yang sudah ditakdirkan untuk mati. Pasca peristiwa Dying Wish, Dock Ock memang terlahir kembali sebagai superhero baru bernama Superior Spider-Man, tetapi Peter justru mati secara tragis dan dibiarkan seperti itu untuk waktu yang cukup lama.

Black Widow – Secret Empire (2017)

Satu lagi kematian anggota Avengers yang terbilang sangat kontroversial adalah ketika Black Widow mati di tangan sahabatnya Captain America. Di kisah Secret Empire, Captain America yang telah lama menjadi anggota Avengers tiba-tiba mengaku sebagai agen rahasia Hydra. Semua ini bisa terjadi karena perwujudan Cosmic Cube yang bernama Kobik mengubah realitas yang selama ini dikenal penggemar. Hasilnya Captain America menjadi sosok jahat yang tidak segan-segan membunuh para sahabatnya, termasuk Black Widow yang akhirnya tewas karena dihantam dengan perisai vibranium oleh Captain America. Di sisi lain tragedi ini dianggap tidak terhormat karena penyebab kematiannya terlalu sepele.

Itulah tujuh kematian paling kontroversial yang menimpa Avengers di Marvel Comics. Kematian Avengers memang selalu menjadi momen yang sangat emosional bagi para penggemarnya. Namun beberapa kematian seperti di atas justru pada akhirnya membuat penggemar marah dan membenci aspek dalam kisah tesebut. Hal ini secara tidak langsung menjadi peringatan bagi para penulis Marvel untuk lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan cerita. Khususnya yang menyangkut kematian dari karakter yang sangat dicintai dalam cerita Avengers.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.