Di dalam Marvel universe atau MCU ada banyak sekali realitas yang masing-masing memiliki karakteristik unik serta ciri khasnya tersendiri. Tiga istilah umum yang seringkali digunakan oleh Marvel untuk mengelompokan berbagai realitas yang ada di semestanya adalah realm, dimensi, dan universe. Meskipun banyak penggemar yang menganggap ketiganya sama, ternyata sebenarnya realm, dimensi, dan universe adalah tiga hal yang sepenuhnya berbeda. Jika kalian salah satu di antara penggemar yang masih bingung dengan perbedaan ketiganya, langsung saja simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Realm Marvel

Realm merupakan istilah yang cukup sering digunakan oleh Marvel untuk menggambarkan alam yang berbeda dari Bumi. Realm di Marvel Universe sendiri merupakan dunia yang lokasinya sangat jauh serta mempunyai perbedaan yang cukup signifikan dengan planet kita. Contohnya Asgard yang kerap muncul dalam cerita Thor, di mana realm ini diceritakan sebagai tempat asal dewa Nordik yang sangat maju dan megah. Asgard sendiri sebenarnya ada di alam semesta yang sama seperti Bumi, hanya saja dibutuhkan cara khusus untuk mencapainya, misalnya menggunakan Bifrost Bridge atau artefak dengan fungsi serupa.

Contoh realm lainnya yang cukup familier di kalangan penggemar adalah Quantum Realm. Jika kalian sudah melihat film terbaru MCU Ant-Man and the Wasp: Quantumania, pasti kalian sudah tahu apa itu Quantum Realm. Dari film yang bercerita tentang pertempuran keluarga superhero Ant-Man melawan salah satu varian Kang tersebut, bisa kita simpulkan bahwa Quantum Realm sebenarnya ada di ruang semesta yang sama dengan Bumi. Hanya saja untuk bisa mengaksesnya seseorang harus bisa memperkecil ukurannya sampai ke tingkat sub atom, dan hal tersebut salah satunya bisa dicapai dengan pym particle.

Dimensi Marvel

Setelah mengetahui apa itu realm, sekarang kita masuk ke konsep dimensi di Marvel Universe, di mana perbedaan terbesar antara keduanya terletak pada karakteristik dunia yang digambarkan. Jika tadi realm adalah dunia khusus yang berada di semesta yang sama, dimensi justru merupakan realitas yang lokasinya berada di dimensi lain. Dimensi Marvel biasanya digambarkan sebagai area yang tidak dapat diakses dari semesta biasa. Sebagai contoh, Dark Dimension adalah tempat yang berada di dimensi berbeda dengan Bumi dan seluruh alam semesta, tetapi masih bisa berisi banyak hal di dalamnya.

Selain Dark Dimension, ada juga Negative Zone yang merupakan dimensi alternatif yang banyak dijelajahi oleh para superhero, seperti Fantasitc Four. Di dalam Negative Zone, gravitasi dan cahaya bekerja dengan sangat berbeda dengan alam semesta biasa. Untuk mengakses dimensi lain biasanya ada dua hal yang bisa dimanfaatkan, yaitu sihir dan teknologi. Misalnya dengan sihir, Doctor Strange bisa membuka portal agar bisa pergi ke Dark Dimension. Sedangkan teknologi seperti Negapod buatan Mister Fantastic bisa dipakai untuk melalui portal Negative Zone tanpa perlu khawatir dengan efek sampingnya.

Universe Marvel

Terakhir, universe adalah istilah yang digunakan oleh Marvel untuk menggambarkan alam semesta secara keseluruhan, tempat planet kita dan realm-realm lain yang ada di dalamnya. Setiap universe memiliki karakteristik dan aturan yang berbeda-beda pula. Salah satu contohnya adalah universe utama Marvel Comics yang sering disebut Earth-616, di mana semua cerita canon yang ada di komik pasti berlangsung di sini. Earth-616 versi komik tentunya memiliki cerita yang berbeda dari MCU. Meskipun MCU menamai semesta utamanya ‘616’, tetapi sebagai pembeda, komik menganggapnya sebagai Earth-199999.

Perbedaan antara universe dengan realm dan dimensi terletak pada lokasi dan skalanya. Di mana realm digunakan untuk menyebut lokasi yang ada di alam semesta yang sama dengan Bumi, sedangkan dimensi adalah area yang lokasinya berada di dunia lain, dan universe adalah induk dari semuanya. Dengan kata lain di dalam universe pasti ada banyak realm yang membutuhkan cara khusus untuk mengaksesnya dengan pergi ke luar angkasa atau mengecil sampai ke tingkat sub atom, dan di universe tentunya juga ada sejumlah dimensi lain yang hanya bisa diakses dengan membuka portal khusus.

Kesimpulannya kita mungkin bisa menganalogikan perbedaan konsep realm, dimensi, dan universe dengan sebuah kotak besar berisi banyak bola. Bola-bola yang terlihat di dalam kotak adalah realm, ruang dan celah di antara bola adalah dimensi lain, dan kotak besarnya adalah universe. Sedangkan di luar kotak sudah termasuk ranah multiverse di mana terdapat lebih banyak lagi kotak besar yang berisi bola yang masing-masing punya celah tersendiri di dalamnya. Bagaimana, Geeks, sudah cukup jelas?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.