Sejak pertama kali tampil di film Guardians of the Galaxy pada tahun 2014 silam, karakter Peter Quill alias Star-Lord telah menjadi salah satu superhero paling ikonis dan populer di kalangan penggemar Marvel Cinematic Universe. Di mana sekarang Chris Pratt sendiri dipastikan akan mengulang perannya tersebut di film Guardians of the Galaxy Vol. 3 yang sebentar lagi tayang di bioskop. Namun, tahukah kalian bahwa bahwa sebelum Pratt berhasil memerankan karakternya tersebut, ternyata ada sejumlah aktor lain yang juga sempat mengincar peran Star Lord di MCU. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks!

Lee Pace

Penggemar setia MCU pasti tahu siapa Lee Pace. Aktor yang satu ini dikenal sebagai pemeran karakter antagonis Ronan the Accuser di film pertama Guardians of the Galaxy. Di balik make up-nya yang cukup tebal sebagai seorang panglima perang dari bangsa alien Kree, Pace dianggap telah sukses menghidupkan sosok Ronan walaupun origin karakternya tidak diceritakan secara detail di MCU. Terlepas dari keberhasilannya tersebut, siapa sangka ternyata sebelum menjadi Ronan, aktor yang juga pernah menjadi raja elf di film trilogi The Hobbit ini sempat mengikuti screen test untuk peran heroik sebagai Star Lord. Namun pada akhirnya Marvel Studios justru merasa Lee Pace lebih cocok untuk peran villain.

John Krasinski

Satu lagi aktor yang cukup familier di kalangan pengemar MCU dan sempat mengikuti mengincar peran Star Lord adalah John Krasinski. Setelah gagal mendapatkan peran Captain America untuk film The First Avenger (2011), ternyata Krasinski pernah mengikuti screen test untuk peran Star Lord, sebelum Chris Pratt mendapatkan perannya di film pertama Guardians of the Galaxy. Walaupun telah gagal berkali-kali, pada akhirnya bintang sitkom Office ini berhasil mendapatkan peran MCU-nya sendiri sebagai varian Reed Richards alias Mister Fantastic di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022).

Zachary Levi

Meskipun sekarang lebih terkenal sebagai pemeran Shazam di DCEU, tetapi belakangan terungkap bahwa aktor Zachary Levi juga ternyata pernah mengikuti audisi untuk peran Star Lord di MCU. Sayangnya walaupun telah membaca naskah film pertama Guardians of the Galaxy, Levi justru gagal mendapatkan peran ikonis tersebut. Sebagai gantinya dia sempat diberikan kesempatan untuk memerankan karakter Fandral, Asgardian sekaligus sahabat Thor yang akhirnya diceritakan tewas di film Ragnarok (2017). Kabar baiknya jika saja Levi mendapatkan peran Star Lord, mungkin kita tidak akan pernah melihatnya bersinar sebagai superhero DC.

Joseph Gordon-Levitt

Aktor selanjutnya yang pernah dilaporkan mengikuti audisi dan screen test untuk peran Star Lord di MCU adalah Joseph Gordon-Levitt. Laporan lain bahkan pernah menyebutkan bahwa aktor yang sempat membintangi film DC The Dark Knight Rises (2012) ini sempat mengincar peran Ant-Man juga. Sayangnya tidak ada satu pun yang terwujud karena pad akhirnya Gordon-Levitt lebih memilih untuk merelakan peran MCU-nya agar bisa membintangi film Robert Rodriguez dan Frank Miller yang berjudul Sin City: A Dame To Kill For. Di mana filmnya ditayangkan pada tahun yang sama dengan film pertama Guardians of the Galaxy.

Glenn Howerton

Awalnya mungkin tidak ada yang tahu bahwa aktor Glenn Howerton pernah hampir mendapatkan peran Star Lord sebelum Chris Pratt. Berdasarkan laporan Entertaimnet Weekly terungkap bahwa bintang It’s Always Sunny in Philadelphia (2005) ini adalah pilihan kedua setelah Pratt yang namanya sempat disinggung langsung oleh sutradara Guardians of the Galaxy, James Gunn. “Dia datang sedikit terlambat, sebenarnya ada kesempatan yang bagus. Jika saja saya tidak memilih Chris [Pratt], mungkin saya akan menunjuk Glenn Howerton untuk peran tersebut,” ungkap Gunn.

Chris Lowell

Dikenal sebagai bintang Veronica Mars (2004), Chris Lowell adalah aktor berbakat lainnya yang pernah mengikuti audisi untuk peran Star Lord. Meskipun dia sepakat dengan keputusan akhir Marvel Studios yang menunjuk Chris Pratt, tetapi Lowell mengaku bahwa dia merasa cukup senang dengan pengalaman castingnya. Dalam sesi wawancaranya dengan MTV News Lowell mengatakan, “Saya ingat pernah mengikuti audisi, serta sempat berpikir tidak ada salahnya berbicara dengan seekor rakun yang memegang senjata dan sebuah pohon yang berbicara.” Karakter yang disinggung Lowell tersebut tidak lain adalah dua anggota Guardians di MCU yaitu Rocket Racoon dan Groot.

Deretan Aktor Lainnya

Selain nama-nama di atas, ada sejumlah aktor lain yang sempat dilaporkan oleh Deadline telah melakukan screen test sebagai Star Lord. Mereka adalah Wes Bentley (The Hunger Games), Joel Edgerton (Star Wars), Eddie Redmayne (Fantastic Beasts), Jack Huston (Boardwalk Empire), Jim Sturgess (Cloud Atlas), dan Aaron Paul (Breaking Bad). Meskipun tidak dijelaskan secara detail mengapa mereka tidak berhasil mendapatkan perannya, tetapi keterlibatan para bintang Hollywood ini telah membuktikan bahwa pada saat itu persaingan casting untuk peran Star Lord di MCU sangatlah ketat.

Itulah para para aktor yang terungkap pernah memperebutkan peran Star Lord di MCU. Secara garis besar sebenarnya deretan aktor ini dianggap cukup mampu menghidupkan karakter Star Lord yang jenaka, tetapi pada akhirnya tetap Chris Pratt lah yang berhasil memenangkan hati penggemar. Karena setelah membitangi film pertama Guardians of the Galaxy, tidak sedikit penggemar yang merasa bahwa Pratt memang dilahirkan untuk memerankan Peter Quill alias Star Lord di MCU. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.