Terdapat beberapa bukti nyata yang muncul dalam cerita One Piece tentang sosok Shanks yang merupakan murid dari sang raja bajak laut Gol D Roger. Shanks merupakan salah satu kru yang diketahui pernah berada di kapal dari Oro Jackson, kapal milik kelompok bajak laut Roger. Sejak masih bayi sampai kemudian dia remaja, Shanks selalu berada di kapal tersebut.

Kru bajak laut Roger akhirnya harus bubar setelah mereka berhasil menuju Laugh Tale. Roger sendiri dieksekusi mati 20 tahun yang lalu yang mana hal tersebut membuat Shanks memutuskan untuk membentuk kelompok bajak lautnya sendiri. Saat ini, Shanks adalah salah satu bajak laut yang paling kuat dan ditakuti di dunia One Piece. Dan yang menarik adalah dia dianggap merupakan murid dari Roger berdasarkan petunjuk yang ada. Apa saja?

Penguasa Kemampuan Haki

Salah satu hal yang erat kaitannya dengan sosok Shanks adalah kemampuan Haki yang sangat dahsyat. Dan hal ini tidak terlepas dari pengaruh dari sosok sang mantan kapten yaitu Roger. Dalam ceritanya diketahui jika Roger tidak memiliki kekuatan buah iblis. Dia hanya mengandalkan kemampuan Haki miliknya untuk mengarungi lautan dan menjadi raja bajak laut.

Bahkan, kemampuan Haki dari Roger diakui oleh banyak pihak seperti sosok Kaido. Kaido menyebutkan jika kekuatan buah iblis saja tidak cukup untuk menguasai dunia. Dibutuhkan kekuatan Haki untuk bisa melakukan hal tersebut layaknya Gol D. Roger. Hal ini juga yang kemungkinan coba dilakukan oleh Shanks. Dia adalah satu-satunya Yonko yang tidak memiliki kekuatan buah iblis dan hanya mengandalkan Haki.

Sejauh ini, memang Eiichiro Oda tidak banyak menghadirkan momen pertarungan dari Shanks. Meskipun begitu, dalam beberapa kesempatan kita bisa melihat seberapa dahsyat kekuatan Haki milik Shanks. Yang paling baru adalah bagaimana dia menggunakan kekuatan Haki untuk menghancurkan Eustass Kid hanya dalam satu serangan saja. Bahkan, selain Kid, Shanks juga berhasil mengalahkan Killer dalam serangan itu.

Yang luar biasa juga adalah Shanks diketahui mampu melihat ke masa depan. Banyak fans yang setuju jika Shanks saat ini adalah pengguna Haki paling kuat di dunia One Piece. Bagaimana kemudian Shanks ahli dalam menggunakan kemampuan Haki, bahkan mungkin dia sudah berada di level tertinggi penggunaan Haki tersebut, ditambah juga penguasaan kemampuan berpedang menjadi salah satu bukti nyata jika Shanks adalah murid dari Roger.

Shanks tentunya tidak serta merta bisa menggunakan teknik dahsyat milik Roger, seperti Kamusari. Tentunya ada pihak yang mengajarinya, yang mana tidak lain sang kapten sendiri yaitu Roger. Potensi Haki dari Shanks sendiri bahkan diakui sangat dahsyat oleh sang kreator, Eiichiro Oda. Menarik untuk melihat potensi dahsyat Haki lainnya dari Shanks.

Membawa Tekad Roger Ke Generasi Baru

Sejak awal diperkenalkan dalam cerita One Piece, Shanks adalah sosok yang paling santai, tidak peduli apa pun, dan nampak selalu riang bersama dengan para krunya. Di chapter awal diperlihatkan bagaimana Shanks tidak marah ketika Higuma dan kelompoknya justru menumpahkan makanan dan minuman ke arah Shanks. Dia justru menertawakan hal tersebut, bahkan para kru lainnya pun tertawa.

Namun, hal tersebut berubah ketika Shanks mengetahui jika Higuma mengancam nyawa Luffy dan para penduduk lain. Lucky Roux bahkan diperlihatkan menghabisi nyawa salah satu anggota Higuma ketika mengancam Shanks. Apa yang dihadirkan oleh Shanks nyatanya sangat mirip dengan apa yang juga dihadirkan oleh Roger. Seperti yang diungkapkan oleh Rayleigh, sosok Roger selalu bersenang-senang dan gembira.

Namun, hal itu berubah ketika ada teman atau rekannya yang disakiti. Bahkan, Roger pernah menghancurkan sebuah wilayah ketika mengetahui temannya dilukai. Yang menarik adalah disadari atau tidak apa yang dihadirkan oleh Roger kemudian diwariskan kepada Shanks dan Shanks kemudian mewariskan hal tersebut kepada generasi baru. Dalam hal ini, secara spesifik dia mewariskan sifat tersebut kepada Luffy.

Hubungan Luffy dan Shanks benar-benar sangat dekat dan luar biasa, di mana bahkan Shanks mau meminjamkan topi jerami miliknya kepada Luffy. Shanks sendiri sempat terkejut saat bertemu Luffy, di mana dia tidak menyangka jika ada sosok yang mirip dengan sang mantan kapten. Apa yang diperlihatkan oleh Shanks tentang tekad serta sifat dan perilaku Roger ini membuat banyak pihak menaruh hormat kepadanya, seperti yang diperlihatkan dalam perang besar Marineford.

Membuka Jalan Kembalinya Joy Boy

Geeks mungkin bertanya bagaimana kemudian Shanks bisa jadi jalan pembuka bagi kembalinya Joy Boy? Dan apa kaitannya dengan Shanks jadi murid dari Roger? Seperti yang Geeks ketahui, di awal ceritanya diperlihatkan bagaimana Shanks dan kelompoknya berhasil mencuri buah iblis Hito Hito no Mi, Model: Nika dari tangan World Government.

Saat itu, buah iblisnya dijaga oleh CP9 di mana salah satunya adalah Who’s Who. Shanks kemudian berhasil mencurinya dan kemudian membawanya ke desa Foosha, sebelum kemudian kejadian mengejutkan muncul. Luffy tidak sengaja memakan buah iblis tersebut yang memberikannya kekuatan dahsyat seperti saat ini. Dan yang menariknya adalah Luffy sendiri sudah diakui sebagai sosok Joy Boy yang baru.

Hal ini terungkap dalam pertempuran puncak Onigashima, di mana Zunesha mengonfirmasi jika Joy Boy sudah kembali yang mana sosok tersebut adalah Luffy. Tentunya ada alasan kuat mengapa Shanks memutuskan untuk mencuri buah iblis Nika, yang mana salah satu kemungkinannya adalah dia jadi orang yang mempersiapkan kemunculan sosok Joy Boy yang lain.

Yang jelas ekspektasi Shanks saat itu bukan Luffy, namun orang lain. Sampai kemudian dia melihat adanya kemiripan dari sosok Luffy dan Roger serta bagaimana Luffy tidak sengaja memakan buah iblis tersebut. Shanks bahkan berani bertaruh demi Luffy dengan mengorbankan sebagian lengannya. Lalu, apa kaitannya dengan Roger? Dalam kilas balik Oden diketahui jika Roger dan krunya datang terlalu cepat menuju Laugh Tale.

Dalam artikel sebelumnya dijelaskan, jika Shanks mungkin mencari atau mempersiapkan sosok baru untuk menjadi penerus dari Roger dalam mewujudkan mimpi Joy Boy. Pencarian Shanks sendiri kemudian berhenti setelah dia menemukan sosok Luffy. Jadi, meskipun tidak langsung, Shanks sudah membuka jalan bagi kembalinya Joy Boy demi meneruskan tugas dan mimpi sang kapten.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.