Chapter 1082 manga One Piece mungkin akhirnya memberikan jawaban atas pertanyaan besar tentang alasan mengapa Crocodile incar salah satu Senjata Kuno, yaitu Pluton. Nama Crocodile sempat menghilang pasca berhasil dikalahkan oleh Luffy di arc Alabasta. Namun, dia kemudian kembali muncul dalam cerita ketika Luffy menerobos ke penjara Impel Down untuk menyelamatkan Ace.

Crocodile kemudian menjalin kerja sama sementara dengan Luffy untuk bisa bebas dari Impel Down dan kemudian mengalahkan pihak angkatan laut. Pasca pertempuran Marineford, Crocodile sempat kembali menghilang sebelum kemudian muncul lagi bersama Daz Bones dalam cerita sampul. Dan yang mengejutkan tentunya adalah dia kemudian membentuk organisasi pemburu angkatan laut yaitu Cross Guild.

Incar Pluton Sejak Lama

Jika Geeks ingat, sosok Crocodile merupakan karakter yang sudah sejak lama mengincar salah satu Senjata Kuno dalam cerita One Piece yaitu Pluton. Bahkan, melalui Crocodile para fans kemudian untuk pertama kalinya mengenal konsep Senjata Kuno. Diketahui dalam arc Alabasta diperlihatkan jika Crocodile sengaja datang dan menginvasi negara tersebut untuk mencari keberadaan Pluton.

Dia kemudian membentuk Baroque Works untuk mencari Senjata Kuno tersebut dan coba untuk menebar teror di sana. Setelah cukup lama membuat penduduk Alabasta menderita, pada akhirnya dia berhasil dikalahkan oleh Luffy. Fakta kemudian terungkap jika ternyata Pluton tidak ada di wilayah Alabasta. Dalam arc Wano diketahui justru Pluton ada di negara tersebut dan mengaktifkan Pluton artinya membuka perbatasan wilayah tersebut.

Untuk saat ini, semua teka-teki tentang Pluton memang masih belum terjawab seluruhnya. Selain tentang Pluton itu sendiri, yang kemudian masih jadi misteri sampai sekarang adalah apa yang kemudian akan dilakukan oleh Crocodile dengan salah satu Senjata Kuno tersebut. Oda Sensei sendiri belum menghadirkan informasi mengenai apa yang akan dilakukan oleh Crocodile dengan Senjata Kuno itu. Yang pasti dia sudah sejak lama mengincar Pluton.

Alasan Crocodile Incar Pluton

Setelah sekian lama menjadi teka-teki, Eiichiro Oda mungkin akhirnya memberikan jawaban bagi pertanyaan tersebut di chapter 1082 kemarin. Dalam chapter tersebut, kita kembali diperlihatkan momen yang terjadi di luar pulau Egghead. Secara spesifik, kita kembali melihat apa yang terjadi kepada kelompok pemburu bajak laut Cross Guild di mana mereka berhasil mendapatkan korban pertamanya, yaitu kapten T-Bone.

Kemudian, dalam chapter ini terdapat momen di mana Crocodile mengungkapkan impian terbesarnya yang mana sekaligus juga jadi alasan mengapa dia kemudian membentuk organisasi atau kelompok itu. Crocodile menuturkan bahwa dia ingin membangun sebuah negara yang bernama ‘Utopia.’ Negara tersebut akan memiliki kekuatan militer yang sangat besar.

Tujuannya adalah agar negara tersebut tidak bisa tergoyahkan atau mendapatkan ancaman dari negara lainnya. Dracule Mihawk sendiri kemudian memberikan saran bahwa untuk membentuk negara Utopia seperti yang Crocodile inginkan, maka mereka membutuhkan lebih banyak lagi kekuatan. Bisa jadi ini adalah petunjuk yang Oda hadirkan terkait dengan alasan Crocodile incar Pluton.

Ada beberapa hal menarik yang kemudian muncul dari hal ini. Pertama, Crocodile ingin membangun sebuah negara militer yang kuat. Dengan adanya Pluton, yang diketahui memiliki kedahsyatan mampu menghancurkan pulau dalam satu serangan, rasanya tidak akan ada yang berani untuk menyerang atau mengancam negara tersebut. Selain memiliki jumlah pasukan yang dahsyat, Pluton bisa jadi senjata rahasia negara tersebut.

Kedua, Crocodile bisa jadi sengaja mencari keberadaan Pluton untuk menantang pihak World Government dan mengambil alih semua negara-negara di bawah afiliasinya. Dengan begitu, negara-negara tersebut kemudian akan beralih menjadi bagian dari Utopia yang sengat besar dan luas. Intinya, Pluton adalah alasan utama mengapa kemudian Crocodile ingin membangun Utopia.

Kerja Sama Dengan Luffy

Berbicara mengenai kemungkinan upaya Crocodile untuk menghancurkan pihak World Government membuka spekulasi tentang adanya kemungkinan kerja sama yang kembali terjalin antara Luffy dan Crocodile. Seperti disebutkan di atas, Crocodile pernah bekerja sama dengan Luffy dalam pertempuran puncak di Marineford sebelum kemudian mereka kembali berpisah.

Mereka berdua bisa saja kembali menjalin kerja sama pada masa depan. Mengapa? Karena, keduanya sama-sama menghadapi musuh yang sama yang tidak lain adalah World Government. Luffy ingin menghancurkan World Government karena sudah membawa penderitaan terhadap banyak orang. Dia juga seolah sudah “ditakdirkan” untuk membawa perubahan besar terhadap dunia.

Di sisi lain, Crocodile ingin membentuk sebuah negara impiannya yaitu Utopia yang mana hal itu mungkin akan terhalang dengan adanya pihak World Government. Artinya, Crocodile perlu menyingkirkan World Government untuk mewujudkan negara Utopia. Meskipun Crocodile dan Luffy berada di pihak berbeda – Cross Guild bagian dari Buggy – tetapi, World Government adalah musuh bersama mereka yang membuat kerja sama Luffy dan Crocodile bisa saja kembali terjadi. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.