Meskipun belum diperkenalkan secara resmi oleh Marvel Studios, namun ada beberapa karakter Mutan sudah terkonfirmasi muncul di Marvel Cinematic Universe (MCU). Sejak Disney berhasil mengakuisisi rumah produksi 20th Century Fox, para fans pun tidak sabar untuk segera menyaksikan properti milik Marvel yang akan muncul di MCU yaitu para mutan.

Seperti yang Geeks ketahui, X-Men dan para mutan lainnya sempat dibeli hak ciptanya oleh Fox untuk kemudian dimunculkan dalam berbagai film mereka. Namun, setelah Disney kemudian mengakuisisi Fox akhirnya properti tersebut kembali ke tangan Marvel melalui Marvel Studios. Dan para fans pun sudah tidak sabar menantikan kemunculan para mutan. Meskipun begitu, secara perlahan Marvel Studios sendiri sudah menghadirkan beberapa karakter yang terkonfirmasi adalah mutan. Siapa saja?

Kamala Khan

Sebenarnya, dalam cerita komiknya sendiri Kamala Khan alias Ms. Marvel secara teknis merupakan Inhuman. Namun, MCU sepertinya memberikan perubahan dari asal-usul Kamala tersebut di mana dia dikonfirmasi adalah mutan. Hal ini diketahui dari apa yang dihadirkan dalam cerita di series Ms. Marvel, di mana Kamala berhasil mendapatkan kekuatan supernya dari teknologi luar angkasa.

Yang menarik adalah karakter Bruno sempat melakukan penelitian terhadap DNA dari Kamala. Dia pun sampai pada kesimpulan di mana DNA milik Kamala mengalami “mutasi” yang memberikan konfirmasi jika Kamala adalah mutan. Berdasarkan hal tersebut, secara teknis Kamala adalah mutan pertama di MCU. Kamala juga tidak pernah diceritakan bergabung dengan tim X-Men di komiknya, namun hal ini bisa berubah di MCU.

Namor

Namor merupakan salah satu mutan pertama yang diperkenalkan dalam cerita Marvel Comics. Sejak pertama kali muncul, Namor memang sudah diperkenalkan sebagai Mutan bahkan dia dianggap sebagai salah satu mutan terkuat. Di MCU sendiri setelah Kamala Khan secara resmi menjadi mutan pertama, Namor kemudian menjadi karakter selanjutnya yang dikonfirmasi adalah seorang mutan.

Hal ini dikonfirmasi setelah kemunculannya di film Black Panther: Wakanda Forever. Beberapa petunjuk mengenai Namor adalah mutan adalah dari kekuatannya, di mana sejak bayi dia sudah memiliki sepasang sayap di kedua pergelangan kakinya. Dia juga bisa terbang dengan menggunakan sayap tersebut. Dia juga memiliki kekuatan fisik yang luar biasa, yang muncul akibat statusnya yang separuh manusia dan separuh Atlantean atau Talokan.

Professor Xavier

Dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, para fans benar-benar dikejutkan oleh kemunculan tim pahlawan Illuminati. Namun, yang menjadi catatan adalah tim tersebut tidak berada di universe utama MCU yaitu Earth-616 melainkan Earth-838. Dalam momennya, Xavier muncul bernama para karakter lain yaitu Reed Richards, Black Bolt, Maria Rambeau, dan Captain Carter.

Meskipun kemunculan Professor X di film tersebut hanya sebagai cameo, namun setidaknya hal ini memberikan petunjuk jika X-Men memang ada (meskipun di universe lain) dan jadi bagian dari canon MCU. Meskipun karakternya kemudian diceritakan tewas akibat Scarlet Witch, menarik untuk melihat bagaimana karakternya akan disguhkan dalam versi MCU secara keseluruhan.

Wolverine

Selain Professor Xavier, karakter X-Men dan mutan lainnya yang sudah dikonfirmasi muncul di MCU adalah Wolverine alias Logan. Sebenarnya, seperti yang Geeks ketahui, Hugh Jackman sudah memutuskan untuk berhenti dari karakternya sejak 2017 lalu. Namun, kabar mengejutkan muncul pada 2022 kemarin di mana dia akan kembali muncul dalam film Deadpool 3.

Sampai sejauh ini, masih belum ada detail plot mengenai bagaimana kemudian Wolverine bisa muncul di MCU. Namun, dari informasi sebelumnya diketahui jika Hugh Jackman akan memerankan dua variant dari Wolverine. Selain itu, bagaimana kemudian Wade akan berurusan dengan TVA mungkin akan memberikan penjelasan mengapa Wolverine bisa ada di timeline dan universe utama MCU.

Deadpool

Seperti yang disebutkan di atas, Deadpool 3 akan tayang dan jadi bagian dari jagat sinematik Marvel. Ini jadi satu-satunya proyek film dari Fox yang langsung dihadirkan atau dikerjakan oleh Marvel Studios dalam waktu yang singkat pasca akuisisi selesai. Ryan Reynolds akan kembali mengisi peran lamanya sebagai Wade Wilson alias Deadpool serta beberapa karakter lama lainnya juga akan kembali.

Deadpool sendiri sudah dikonfirmasi memiliki gen mutan dalam tubuhnya setelah dia disiksa oleh Ajax dalam program Weapon X. Namun, bukannya tewas, justru Wade mendapatkan kekuatan super di mana dia bisa bertahan hidup. Dengan Deadpool 3 akan tayang dan jadi bagian dari MCU, maka artinya Deadpool juga bisa dianggap jadi mutan yang ada di MCU.

Sedikit demi sedikit Marvel Studios sudah mulai memperkenalkan mutan dan berbagai hal yang berkaitan dengan hal tersebut. Mulai dari referensi para mutan, di mana disebut dengan “mutasi,” sampai dengan menghadirkan para karakter yang memang sudah diketahui merupakan mutan. Masih belum diketahui apa rencana kedepan dari Marvel Studios terkait hal tersebut. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.