Dalam petualangan Mario di game Super Mario Bros. sosok Mario diketahui memiliki beberapa item atau benda yang mampu memberikannya kekuatan alias power-up. Game Super Mario Bros. yang merupakan ciptaan dari perusahaan game Nintendo sudah jadi sebuah game yang fenomenal. Bahkan, hampir seluruh elemen dalam game tersebut sudah jadi sesuatu yang ikonik.

Misalnya, para karakter yang ada dalam gamenya banyak dikenal oleh para fans. Contohnya adalah Mario, Luigi, Goombas, Bowser, Princess Peach, dan masih banyak lainnya. Dan jika Geeks sadari, dalam petualangan Mario dia bisa memiliki kekuatan dahsyat berkat beberapa benda. Benda yang memberikan power-up atau peningkatan kekuatan ini juga tidak kalah ikonik. Apa saja?

Cat Mario

Item power-up ikonik dalam franchise Super Mario Bros. pertama adalah Cat Mario. Ini merupakan benda yang unik karena bentuknya adalah kostum kucing. Item ini pertama kali muncul dalam game Super Mario 3D World. Untuk bisa mendapatkannya, para pemain harus terlebih dahulu menemukan item yang berbentuk bel bernama Super Bell dengan cara menghancurkan kotak dengan simbol tanda tanya berwarna kuning.

Dengan menggunakan item Cat Mario ini, Mario (atau bahkan karakter lain) akan memiliki kemampuan unik di mana mereka bisa memanjat mana pun dalam waktu yang sudah disediakan. Selain itu, Mario dan para karakter lainnya juga akan mengalami peningkatan kecepatan. Juga, dengan memanfaatkan Cat Mario para pemain bisa menyerang musuh dengan serangan cakaran. Sayangnya, serangan ini hanya efektif dalam jarak dekat.

Super Leaf

Item power-up lainnya yang ikonik dari franchise Super Mario Bros. adalah Super Leaf. Item ini mampu memberikan peningkatan kekuatan bagi Mario dan juga karakter lainnya untuk terbang. Super Leaf pertama kali diperkenalkan dalam game Super Mario Bros. 3. Ketika Mario atau Luigi mendapatkan kekuatan dari Super Leaf, maka mereka akan mampu untuk terbang dan menyerang musuh dengan ekor mereka.

Yang menarik adalah serangan ekor dari Super Leaf ini bahkan jadi satu-satu cara untuk mengalahkan musuh tertentu. Namun, kekuatan dari Super Leaf ini tidak berlaku atau tidak akan efektif ketika berada di misi bawah air. Pasalnya, karakternya tidak akan bisa terbang atau menggunakan serangan ekor. Yang menjadi catatan adalah kekuatan dari Super Leaf berbeda dari kekuatan Tanooki Mario, meskipun keduanya sama-sama bisa menggunakan serangan ekor dan membuat karakternya terbang. Yang berbeda adalah Super Leaf tidak bisa membuat Mario menjadi patung.

Invincibility Star

Invincibility Star atau yang biasa disebut sebagai Star, Starman, atau bahkan Super Star adalah salah satu item power-up pertama yang diperkenalkan dalam franchise Super Mario. Item ini pertama kali muncul dalam game Super Mario Bros. pada tahun 1980an. Seperti yang sudah Geeks ketahui, item berbentuk bintang ini akan memberikan Mario atau Luigi sebuah “kekuatan super” di mana mereka akan kebal terhadap semua serangan dalam waktu tertentu.

Namun, untuk mendapatkan Invincible Star memang tidak mudah. Karena dari sekian banyak kotak yang ada di sebuah stage biasanya hanya satu atau dua yang menyediakan bintang ini. Belum lagi, terkadang keberadaanya tersembunyi membuat Invincibility Star menjadi item power-up yang langka. Terdapat sebuah fakta menarik di mana ketika Mario atau Luigi berhasil mengalahkan lebih dari 8 musuh menggunakan item ini, maka pemain akan mendapatkan satu tambahan nyawa.

Fire Flower

Selain Invincibility Star, Fire Flower adalah salah satu item power-up ikonik lain yang juga pertama kali diperkenalkan dalam franchise Super Mario. Sama-sama pertama kali muncul di game Super Mario Bros., Fire Flower juga termasuk salah satu item power-up yang langka. Karena keberadaanya yang sangat tersembunyi, membuat para pemain sulit untuk menemukannya.

Ketika Mario atau para karakter lainnya mendapatkan kekuatan dari Fire Flower, maka mereka akan mampu memuntahkan bola api yang mana hal tersebut mampu mengalahkan semua musuh. Bahkan, kekuatan dari Fire Flower ini juga mampu untuk digunakan dalam air. Yang menarik adalah mirip seperti ketika mendapatkan Super Leaf atau Super Bell, Mario juga akan mengalami perubahan desain ketika kekuatan Fire Flower aktif. Warna dominan Mario akan berubah menjadi putih dan merah.

Super Mushroom

Dari semua item power-up ikonik dalam franchise Super Mario, rasanya Super Mushroom adalah item yang paling populer dan paling ikonik. Bahkan, Super Mushroom sudah menjadi wajah dari franchise Super Mario layaknya sosok Mario dan Luigi. Cara mendapatkannya dengan menghancurkan kotak tanda tanya yang menyala atau bahkan tersembunyi di sebuah tempat.

Seperti yang Geeks ketahui, ketika karakternya memakan atau menggunakan Super Mushroom maka tubuh mereka akan berubah menjadi besar. Sebenarnya, tidak ada yang istimewa dari power-up ini namun Mario dan Luigi akan memiliki kesempatan lain ketika terkena serangan musuh di mana tubuhnya akan kembali mengecil. Kreator gamenya, Shigeru Miyamoto, yang mendesain dan menciptakan item ini yang kemudian lekat kaitannya dengan sosok Mario.

Alur cerita dari franchise Super Mario nyatanya bukan hanya sekedar karakter belaka. Namun, berbagai elemen di dalamnya juga memiliki peranan yang juga sama-sama menarik. Dan beberapa contoh di atas adalah bukti bagaimana item power-up tersebut bahkan bisa tidak kalah ikonik dari sang karakter utama, Mario dan Luigi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.