Beberapa karakter ikonik dan juga unik dalam cerita di series Pokemon ternyata terinspirasi dari berbagai sosok di kehidupan nyata. Sudah bukan hal asing jika para Pocket Monster atau Pokemon biasanya terinspirasi dari berbagai jenis hewan, tumbuhan, bahan makhluk-makhluk mitologi. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu jika ada sebagian Pokemon yang ternyata terinspirasi dari sosok yang ada di dunia nyata. Siapa saja?

9Hitmonlee

Pokemon yang terinspirasi dari sosok nyata yang pertama adalah Hitmonlee. Banyak fans yang berspekulasi jika Pokemon ini kemungkinan terinspirasi dari sosok ahli bela diri, Bruce Lee. Hal ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah, karena referensi mengenai Bruce Lee di Hitmonlee memang ada dalam namanya di versi bahasa Inggris. Namun, dalam versi Jepang, hal tersebut tidaklah benar.

Hitmonlee justru bukan terinspirasi oleh Bruce Lee, melainkan seorang atet Kickboxing Jepang yang sangat terkenal, Tadashi Sawamura. Inilah yang kemudian membuat Hitmonlee memiliki nama dalam versi Jepang yaitu ‘Sawamular’ yang merujuk kepada Sawamura. Referensi Pokemon menghadirkan Hitmonlee atau Sawamular dengan sosok Sawamura memang bisa terlihat secara jelas.

Htomonlee atau Sawamular terkenal sebagai Kicking Poemon yang merepresesntasikan kickboxing secara keseluruhan Di dunia nyata juga sosok Sawamura sering dianggap sebagai salah satu juara kickboxing terhebat di Jepang. Dia bahkan seorang ahli, yang mana Sawamura memiliki gerakan khas yang mana kemudian membuat Pokemon menghadirkan versinya.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.