Meskipun sudah tayang, namun ternyata ada beberapa judul anime yang pada akhirnya harus berhenti atau dibatalkan bahkan sebelum seriesnya selesai. Dalam menghadirkan sebuah cerita dalam series anime, tentunya para fans berharap jika mereka akan bisa mengetahui atau mendapatkan keseluruhan dari sebuah alur cerita. Dengan begitu, mereka akan tahu seperti apa akhir ceritanya.

Di sisi lain, tentunya ketika kemudian sebuah series anime tidak menyelesaikan alur ceritanya maka hal tersebut akan membuat para fans penasaran dengan cerita yang menggantung. Meskipun begitu, pada kenyataanya ada beberapa judul anime yang pada akhirnya harus berhenti atau dibatalkan sebelum cerita dari seriesnya selesai. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

Deadman Wonderland

Seorang murid SMA bernama Ganta Igarashi menyaksikan kematian dari seluruh teman-teman sekelasnya. Namun, dia justru dijebak sebagai pelaku dari aksi mengerikan tersebut. Akibat dari hal tersebut dia pun kemudian dikirim ke Deadman Wonderland. Deadman Wonderland adalah sebuah penjara yang mengerikan, namun berkamuflase sebagai sebuah taman hiburan.

Meskipun animasi yang dihadirkan dianggap sangat luar biasa, namun plot yang dihadirkan justru dianggap terlalu terburu-buru dan tidak tertata rapih. Di sisi lain, dihilangkannya beberapa karakter dari ceritanya juga dianggap menjadi faktor yang membuat para fans tidak senang akan hal ini. Efeknya, Deadman Wonderland diputuskan untuk dihentikan penayangannya.

Fruit Basket

Fruit Basket merupakan salah satu anime yang cukup populer di awal era 2000an, tepatnya pada 2001. Bahkan, seriesnya dianggap sebagai salah satu anime terbaik saat itu. Fruit Basket berkisah tentang Tohru Honda, seorang gadis yatim piatu yang mengetahui bahwa kedua belas anggota keluarga Soma ternyata dirasuki oleh “arwah” binatang dari zodiak kalender Tingkok.

Animenya sendiri diketahui hanya berjalan selama satu musim sebelum kemudian dihentikan. Hal ini dikarenakan kreator manganya, Natsuki Takaya, tidak senang dengan apa yang dihadirkan di akhir cerita animenya. Meskipun begitu, anime Fruit Basket ini sempat kembali mendapatkan reboot pada 2019 dan dalam versi reboot ini hasilnya jauh lebih baik di mana animenya berjalan selama tiga musim.

Flame Of Recca

Untuk Geeks yang berasal dari generasi 90an tentu mengenal series Flame of Recca, yang juga sempat muncul di TV Indonesia. Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Recca Hanabishi, seorang remaja yang bercita-cita untuk menjadi ninja. Setelah berlatih dan bekerja keras selama bertahun-tahun, Recca kemudian mendapatkan kesempatan untuk membuktikan kekuatannya.

Hal ini setelah Yanagi, sosok yang dia lindungi selama ini, diserangan oleh berbagai musuh yang memiliki kekuatan mistis. Yang kemudian jadi masalah dalam versi animenya adalah alur ceritanya dianggap mamilik pace yang terlalu cepat sehingga berpotensi melampaui cerita manganya. Animenya hanya menghadirkan arc awal dan turnamen kedua sebelum kemudian dihentikan. Manganya sendiri kemudian selesai di awal 2000 dan manganya sudah dilupakan banyak orang.

Kabaneri Of The Iron Fortress

Ini adalah salah satu proyek anime yang dikerjakan oleh Wit Studio dan disutradarai oleh Tetsuro Araki. Jika Geeks pertama kali melihat animenya, reaksi yang mungkin muncul adalah Kabaneri Of The Iron Fortress adalah “tiruan” dari anime populer lainnya, Attack On Titan. Namun, tentunya ada hal yang dibedakan dalam anime ini seperti musuh yang mereka hadapi.

Meskipun begitu, animasi dan world-building yang dihadirkan dalam animenya sebenarnya cukup baik dan cukup banyak mendapatkan tanggapan positif. Namun, setelah hanya berjalan selama 12 episode seriesnya kemudian berhenti. Meskipun sekitar tiga tahun kemudian terdapat film sekuel yang menghadirkan kelanjutan ceritanya, namun tidak banyak hal yang disajikan.

Ouran High School Host Club

Setelah sukses dengan anime Fullmetal Alchemis, pihak Studio Bones kemudian coba menghadirkan anime lainnya produksi mereka yaitu Ouran High School Host Club. Sebenarnya, dari segi cerita dan penyampaiannya tidak ada yang salah dari anime ini. Anime ini bahkan menjadi salah satu anime komedi romantis di era 2000an yang mana bahkan berhasil memiliki penggemar dari semua jenis kelamin.

Sayangnya, setelah 26 episode berjalan di musim perdana tidak pernah ada lagi kelanjutan kabar dari anime ini. Memang, ada banyak rumor yang kemudian muncul sejak bertahun-tahun lalu tentang kelanjutan dan bahkan reboot dari seriesnya. Namun, faktanya, hingga sekarang tidak pernah ada kelanjutan atau wujud nyata dari hal tersebut. Padahal, alur ceritanya sendiri masih belum selesai.

Baccano!

Baccano! adalah salah satu anime lain yang harus berhenti bahkan ketika episodenya baru menyentuh puluhan. Jumlah episode animenya sebelum berhenti adalah 16 episode. Baccano! menghadirkan tiga alur cerita yang berbeda satu sama lain, yang kemudian pada akhirnya menjadi satu. Ceritanya berfokus pada berbagai keluarga kriminal, kehidupan abadi, dan hal lainnya.

Sejak awal kemunculannya sampai episode 16 memang ceritanya sendiri tidak pernah dianggap selesai. Bagaimana kemudian animenya berusaha untuk mengadaptasi empat novel awal ceritanya sekaligus dalam satu musim, bukan hanya menjadi cara yang kurang baik. Namun, hal ini juga menghadirkan banyak plot hole dan alur cerita yang tidak selesai yang akhirnya membuat animenya disetop atau diberhentikan.

Highschool Of The Dead

Salah satu series anime yang populer, namun harus dibatalkan sebelum animenya selesai. High School of the Dead berkisah tentang sekelompok remaja di sebuah SMA yang mencoba bertahan hidup dari serangan zombie yang menyerang wilayah Jepang. Selain harus berhadapan dengan zombie, mereka pun harus bertahan dari masyarakat yang sudah mulai “gila” dengan situasi dan keadaan yang terjadi.

Sebenarnya, baik versi manga atau pun animenya cukup mendapatkan tanggapan yang baik. Bahkan, Highschool of the Dead juga termasuk salah satu series yang sangat populer. Sayangnya, alur ceritanya sendiri tidak bisa dilanjutkan karena kreator seriesnya, Daisuke Satou, meninggal dunia pada 2017 silam. Sejuah ini tidak ada kreator lain yang meneruskan ceritanya atau membuat materi baru untuk anime atau manganya.

Prison School

Selain Highschool of the Dead, anime populer lainnya yang harus dibatalkan juga sebelum selesai adalah Prison School. Kiyoshi Fujino dan empat orang teman-teman lainnya merupakan murid laki-laki di Hachimitsu Academy yang mana mayoritas muridnya adalah wanita. Bahkan, bisa dibilang, Hachimitsu Academy adalah SMA wanita yang paling ketat peraturannya, di mana mereka sebelumnya tidak mau menerima murid laki-laki.

Kejadian memalukan kemudian muncul ketika para murid laki-laki tersebut ketahuan sedang mengintip murid wanita di area kamar mandi. Mereka pun diberikan dua pilihan; menghabiskan sebulan penuh dikurung di penjara sekolah atau dikeluarkan dari sekolah tersebut. Ketika versi manganya diterima dengan cukup baik oleh berbagai kalangan, sayangnya hal sebaliknya dirasakan oleh animenya. Karena itu, meskipun tidak ada pemberitahuan resmi, anime Prison School hanya bertahan selama satu musim.

Samurai X

Samurai X adalah contoh lainnya dari sebuah judul anime populer yang akhirnya harus bernasib tragis di mana tidak ada kelanjutan ceritanya. Samurai X berfokus pada petualangan Kenshin Himura, seorang mantan samurai pembunuh yang sudah bersumpah untuk tidak membunuh lagi dan memutuskan untuk melindungi mereka yang lemah. Para fans sebenarnya sangat menikmati animenya, tetapi hanya ketika ceritanya mengikuti sumber aslinya.

Umumnya dalam sebuah series anime, biasanya sambil menunggu cerita di manganya berjalan jauh maka mereka akan menghadirkan cerita filler atau cerita sampingan yang tidak ada atau tidak muncul di manganya. Namun, ketika seluruh ceritany berisi filler, minat para fans terhadap musim ketiga langsung turun drastis. Efeknya, baru setengah musim berjalan, anime ini sudah berhenti.

Slam Dunk

Mungkin, salah satu anime yang diberhentikan sebelum ceritanya selesai dan banyak membuat para fans penasaran tentang kelanjutannya dalah Slam Dunk. Slam Dunk adalah sebuah anime klasik yang sangat populer hampir di seluruh dunia. Bahkan, ini menjadi salah satu ikon di era 90an. Animenya sendiri berjalan kurang lebih selama 101 episode, sebelum kemudian dibatalkan.

Anime Slam Dunk sendiri berfokus pada sebuah tim basket dari SMA Shohoku dan bagaimana hubungan pertemanan mereka berjalan. Jumlah 101 episode sebenanya menjadi jumlah episode yang cukup luar biasa bagi sebuah series anime. Yang sangat disayangkan oleh para fans adalah animenya kemudian harus dibatalkan sebelum arc Nationals, yang merupakan arc paling penting. Dalam arc tersebut, Shohoku diperlihatkan bertanding melawan rival utama mereka, Sannoh. Ironisnya, tidak diketahui alasan sebenarnya mengapa kemudian animenya dibatalkan.

Adaptasi sebuah series anime dari manga menjadi salah satu hal yang sudah biasa terjadi ketika ada series yang populer atau sedang hits pada masa itu. Meskipun begitu, pada kenyataanya hal tersebut tidak menjamin juga kesuksesan dari animenya. Berbagai judul di atas bisa jadi contoh nyata bagaimana pada akhirnya anime tersebut harus berhenti sebelum ceritanya selesai.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.