Perubahan besar ternyata berhasil dihadirkan The Super Mario Bros. Movie terlepas dari berbagai kontroversi yang muncul di kalangan fans. Kejutan besar muncul dari film garapan Illumination dan Nintendo yaitu The Super Mario Bros. Movie di mana film ini berhasil meraih kesuksesan besar. Bahkan, filmnya sendiri berhasil memecahkan rekor pemasukan.

Franchise Mario memang sudah sejak lama dikenal menjadi sebuah franchise game yang sangat besar dan diketahui sudah menjadi bagian dari sejarah. Banyak hal yang dihadirkan oleh gamenya yang membuat franchise Super Mario Bros. begitu dikenang. Namun, seperti halnya sebuah adaptasi pasti akan ada hal yang kemudian dirubah. Hal ini juga yang terjadi dalam game The Super Mario Bros. Movie di mana ada beberapa perubahan besar yang dihadirkan dalam filmnya. Apa saja?

Aksen Mario

Salah satu perubahan besar yang dihadirkan dari film ini adalah aksen Mario. Ini adalah salah satu hal yang banyak dikhawatirkan oleh para fans bahkan sempat menjadi perbincangan hangat. Chris Pratt adalah aktor yang mengisi suara Mario. Banyak fans yang kecewa dengan dipilihnya Pratt sebagai pengisi suara Mario karena dianggap kurang cocok untuk mengisi suaranya.

Namun, meskipun dalam ceritanya Mario adalah seorang tukang ledeng dari Italia dalam gamenya sendiri Mario bahkan hampir tidak pernah berbicara sama sekali. Bagaimana kemudian Pratt menghadirkan nuansa baru bagi aksen dan suara dari Mario memang sangat mengejutkan. Apalagi, bagaimana kemudian para pembuat filmnya memutuskan untuk menghadirkan suara yang lebih realistis membuat ini jadi salah satu perubahan besar yang dihadirkan dalam filmnya.

Karakter Bowser

Salah satu perubahan besar yang cukup signifikan dalam filmnya adalah karakter dari Bowser. Karakter ini diisi suaranya oleh Jack Black dalam film The Super Mario Bros. Movie. Franchise game Mario sendiri memang sering merubah hubungan antara Bowser dan juga Peach dan apa yang kemudian menjadi motivasinya untuk menculik putri negeri jamur tersebut.

Salah satu alasan yang cukup klasik adalah bagaiman Bowser ingin menikahi Peach. Namun, bagaimana kemudian karakter Bowser berusaha untuk mendapatkan cinta Peach yang cukup mengejutkan dalam film ini. Apalagi, Bowser diperlihatkan mampu untuk menulis lagu dan musik untuk Peach yang bahkan ditunjukan dalam beberapa momen di filmnya. Ini tentunya menjadi sesuatu yang baru dari karakter Bowser.

Karakter Peach Yang Pemberani

Selain Bowser, perubahan besar juga terjadi dari sosok Peach. Anya-Taylor Joy merupakan pengisi suara karakternya dan menghadirkan sesuatu yang baru bagi sang karakter. Yang menarik adalah bagaimana kemudian Luigi yang diculik membuat perubahan dari sosok Peach. Dia yang justru ikut berpetualang bersama Mario untuk menyelamatkan saudaranya tersebut.

Yang menarik juga adalah dalam film ini Peach yang justru jadi mentor untuk melatih Mario sebelum berpetualang bersama. Dalam gamenya, biasanya justru Peach adalah karakter yang diperlihatkan lemah dan selalu berhasil diculik oleh Bowser. Namun, bagaimana kemudian Peach di film ini diperlihatkan sebagai sosok yang tangguh dan pemberani menjadi sebuah perubahan yang besar.

Asal-Usul Peach

Selain perubahan besar karakternya, hal yang juga mengalami perubahan besar dari sosok Peach adalah asal-usulnya. Dalam franchise game Mario, kita tidak pernah tahu asal-usul dari Peach. Kita tidak pernah tahu dari mana asalnya, siapa dia sebenarnya, dan sebagainya. Dalam gamenya, Peach selalu digambarkan sebagai pelindung dan penguasa dari kerajaan jamur.

Yang menarik kemudian adalah dalam film The Super Mario Bros. Movie dikonfirmasi jika Peach adalah manusia. Hal ini diketahui ketika Peach bertanya kepada Mario apakah dia juga manusia seperti dirinya. Kedua, Peach diketahui berasal dari “galaksi lain.” Hal ini terungkap ketika dia mengatakan bahwa sejak lahir dia sudah berada di sini dan dia tidak pernah tahu tentang asal-usulnya. Namun, banyak yang beranggapan jika Peach berasal dari bumi seperti halnya Mario dan Luigi.

Keluarga Donkey Kong

Ada beberapa kejutan besar dari keluarga Donkey Kong yang dihadirkan dalam film The Super Mario Bros. Movie. Selain fakta bahwa ternyata wilayah kekuasaan mereka ternyata dekat dengan Kerajaan Jamur dan Rainbow Road adalah jalan pintas untuk menuju dua kerajaan tersebut, fakta lain tentang keluarga Kong dan tentang asal-usulnya berhasil membuat para penonton dan fans terkejut.

Ternyata keluarga Kong memang handal dalam sebuah balapan karting atau kart riding. Yang juga tidak kalah menarik adalah jika dalam games Mario dan Donkey Kong sang pemimpin dari klan Kong, Cranky Kong, merupakan kakek dari sosok yang familiar yaitu Donkey Kong, maka dalam film ini Cranky Kong dijelaskan sebagai ayah dari Donkey Kong.

Momen Penculikan Luigi

Dalam franchise Mario Geeks mungkin sudah tidak asing dengan misi utamanya. Mario dan Luigi bekerja sama untuk berpetualang menghadapi berbagai tantangan demi menyelamatkan putri Peach dari tangan Bowser. Tetapi, perubahan besar yang terjadi justru dihadirkan dalam film ini. Ternyata, dalam ceritanya bukan Peach yang kemudian diculik oleh Bowser melainkan Luigi.

Yang terjadi juga dalam filmnya, seperti disebutkan di atas, justru Peach jadi sosok yang pemberani dan bahkan melatih Mario untuk mempersiapkan diri dalam petualangannya. Momen penculikan Luigi ini mirip seperti yang dihadirkan dalam game Luigi’s Mansion. Ini tentunya menjadi sebuah langkah yang menarik di mana filmnya berhasil memberikan sorotan terhadap Peach yang berubah jadi sosok pemberani. Di sisi lain, ini juga jadi momen Luigi untuk bisa keluar dari bayang-bayang Mario.

Mario Benci Jamur

Mungkin, ini adalah perubahan paling besar yang juga dihadirkan dalam film The Super Mario Bros. Movie. Rasanya semua Geeks tahu jika dalam franchise game Mario jamur adalah andalan utamanya. Dia selalu mengandalkan jamur untuk meningkatkan kekuatan demi bisa menyelamatkan Peach. Namun, yang mengejutkan adalah di film ini justru diperlihatkan bagaimana Mario membenci jamur.

Dia diperlihatkan beberapa kali dalam filmnya benci untuk memakan jamur. Rasanya wajar jika hal ini jadi salah satu perubahan yang signifikan yang dihadirkan dalam filmnya. Karena, Mario dan jamur sendiri sudah jadi “pasangan” yang saling membutuhkan dalam gamenya.

Perubahan besar yang dihadirkan dalam film The Super Mario Bros. Movie dari berbagai alur cerita dalam franchise gamenya menjadi bukti bagaimana Illumination dan Nintendo tidak takut untuk melakukan sesuatu yang luar biasa. Yang luar biasanya adalah bagaimana perubahan tersebut justru berhasil untuk memberikan warna yang berbeda dan baru bagi karakter atau pun franchisenya secara keseluruhan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.