Rilis perdana pada tahun 1977, saat ini Star Wars telah menjadi salah satu waralaba film sci-fi paling populer di seluruh dunia. Dengan kisah yang terbentang dari mulai film, serial, sampai video game, Star Wars telah berhasil memperkenalkan banyak sekali karakter ikonis, misalnya Luke Skywalker, Darth Vader, Han Solo, Princess Leia, dan masih banyak lagi. Namun tahukah kalian bahwa tidak semua aktor yang terlibat merasa senang dengan pengalamannya. Banyak aktor Star Wars yang justru malah mengaku menyesal telah bergabung dengan waralabanya. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks.

Terence Stamp

Berperan sebagai seorang senator galaksi bernama Finis Valorum di film The Phantom Menace, Terence Stamp ternyata mengaku bahwa dia sangat menyesal telah bergabung dengan waralaba Star Wars. Menurutnya walaupun Star Wars sangat terkenal di kalangan penggemar, pengalaman beraktingnya di film George Lucas ini justru terasa sangat membosankan. Semuanya bermula ketika Stamp yang mengaku senang bisa beradu akting dengan pemeran Padme’ Natalie Portman, justru harus berakting menghadap kertas dan disuruh menganggapnya sebagai Padme.

Peter Serafinowicz

Darth Maul adalah murid pertama Darth Sidious alias Palpatine sekaligus secondary villain di film The Phantom Menace yang diperankan oleh aktor Ray Park dan disuarakan oleh Peter Serafinowicz. Meskipun karakternya tampil dengan cukup baik, ternyata Serafinowicz pernah mengaku bahwa dia menyesal telah menerima tawaran George Lucas untuk terlibat dalam film Star Wars. Alasannya karena dia merasa suaranya sengaja dibuat seperti seorang penjahat buruk. Dan yang lebih parahnya lagi ketika filmnya tayang, dia tidak diajak untuk terlibat dalam premiernya, malah harus mengeluarkan uang sendiri untuk membeli tiket bioskop film yang dibintanginya.

John Boyega

John Boyega adalah salah satu aktor Hollywood yang kariernya mulai meroket setelah terlibat dalam film Star Wars. Muncul di trilogi sekuel The Skywalker Saga, Boyega berperan sebagai mantan stormtrooper bernama Finn yang kemudian menjadi sahabat karakter utama Rey Skywalker. Terlepas dari perannya yang cukup baik, ternyata Boyega mengaku menyesal telah menjadi aktor di waralaba Star Wars dan berjanji tidak akan mau lagi memainkan karakter Finn pada masa mendatang. Alasannya karena dia merasa telah mendapatkan banyak ujaran kebencian dari para penggemar Star Wars yang menurutnya ‘terlalu toxic’ kepada para aktor yang tidak sesuai harapan mereka.

Jake Lloyd

Aktor selanjutnya yang mengaku menyesal telah bergabung dengan waralaba Star Wars adalah Jake Lloyd. Di mana dia terkenal sebagai pemeran Anakin Skywalker muda di film The Phantom Menace yang merupakan bagian dari trilogi prekuel The Skywalker Saga. Tidak lama setelah penampilannya di film tersebut, Lloyd dikabarkan mengalami banyak sekali tekanan dari para penggemar Star Wars. Hal inilah yang kemudian membuat Lloyd pensiun dini karena mengalami masalah kesehatan mental. “Banyak anak-anak yang kejam kepada saya dan membuat saya marah,” ungkap Lloyd yang akhirnya membuat dia bersumpah untuk tidak lagi kembali berakting.

Harrison Ford

Jika dibandingkan dengan semua aktor yang ada di daftar ini bisa dibilang Harrison Ford adalah aktor yang telah berhasil membuat waralaba Star Wars makin dikenal di kalangan penggemar. Hal tersebut bisa terjadi karena dia berperan sebagai karakter populer Han Solo di trilogi utama The Skywalker Saga, sebelum akhirnya mati di awal trilogi sekuelnya. Walaupun begitu, bukan berarti aktor veteran Hollywood ini tidak pernah menyesal bergabung dengan Star Wars. Faktanya Ford justru terbilang sering mengungkap bahwa dia ingin karakternya dimatikan sejak awal. Dia juga pernah mengejek karakternya dengan sebutan ‘Ham Yoyo’ karena merasa sepak terjangnya tidak dieksplorasi dengan baik.

David Prowse

Dikenal sebagai aktor yang mengenakan kostum Darth Vader di trilogi utama The Skywalker Saga, David Prowse ternyata mengaku bahwa dia menyesal telah bergabung dengan waralaba Star Wars. Salah satu penyebabnya adalah karena Lucasfilm mengganti suaranya dengan James Earl Jones sebagai pengisi suara Darth Vader yang kini bisa dibilang lebih populer darinya. Dia juga pernah mengaku sangat marah karena penggemar lebih mengenal aktor Sebastian Shaw sebagai wajah asli di balik topeng Darth Vader menjelang kematian karakternya di film Return of the Jedi.

Alec Guinness

Alec Guinness dikenal sebagai pemeran Obi-Wan Kenobi di trilogi utama The Skywalker Saga, di mana perannya tersebut membuatnya sangat dihormati oleh para aktor Star Wars lain yang relatif lebih muda darinya. Namun tahukah kalian saat memerankan karakternya, Guinness justru merasa bahwa dia tidak lebih dari sekadar alat plot yang tidak memiliki banyak kesempatan untuk menunjukkan kemampuan akting yang sebenarnya. Dia bahkan merasa bahwa sebagian besar dialog karakternya ‘sampah’. Semua alasan itulah yang akhirnya membuat Guinness menyesal telah gabung dengan Star Wars, sekaligus membenci setiap surat yang dikirimkan penggemar kepadanya.

Itulah para aktor yang mengaku menyesal telah bergabung dengan waralaba Star Wars untuk alasan yang beragam. Sebagai penonton mungkin kita pernah berpikir bahwa dengan bergabung dalam waralaba sebesar Star Wars para aktornya akan merasa sangat senang karena bisa menjadi lebih terkenal di Hollywood. Namun faktanya beberapa di antara mereka justru mengalami penyesalan yang mendalam karena merasa bahwa karakternya tidak terlalu berkembang atau karena dibenci oleh para penggemarnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.