Superman adalah pahlawan super klasik yang diberkahi dengan kemampuan luar biasa. Dia memiliki banyak kemampuan seperti kekuatan super, kebal, penglihatan X-Ray, terbang, dan masih banyak lagi. Hampir semua kemampuan itu sudah kita lihat dalam komik maupun film. Tetapi sebenarnya, ada beberapa kemampuan Superman yang bisa disebut langka, karena hampir tidak pernah ditampilkan. Dan karena kita tidak pernah melihat kemampuan ini, agak aneh memang saat Superman memamerkannya. Lantas apa saja kemampuan langka yang dimiliki Superman? Simak berikut ini Geeks!

Berubah Bentuk

Dalam komik Superman #45 yang rilis tahun 1947, kita dikenalkan dengan kemampuan Superman yang mirip seperti Skrull yaitu mampu mengubah bentuk. Bedanya, Superman mengubah bentuknya dengan cara memanipulasi otot-otot di wajah dan sekujur tubuhnya. Ketika itu, Superman berupaya mengubah bentuknya menjadi alien berkulit pucat dengan telinga lancip. Tentu saja kemampuan ini cocok dalam sebuah misi infiltrasi. Tetapi anehnya, Clark Kent tidak menggunakan kemampuan ini untuk menutupi identitas rahasianya sebagai Superman, daripada hanya sekedar mengenakan kacamata dan mengubah gaya rambut.

Menduplikat

Jika satu superman saja sudah membuat villain kelimpungan, lalu apa jadinya jika superman mampu membuat duplikat dirinya sendiri? Dalam salah satu series live action Adventures of Superman yang rilis tahun 1938, Lois dan seorang penambang tua terjebak di sebuah tambang Pennsylvania. Sadar akan bahaya, Superman pun datang untuk menyelamatkan keduanya. Tetapi untuk menyelamatkan keduanya, dia harus mengeluarkan kemampuan langkanya yaitu membagi dirinya sendiri menjadi dua alias membuat duplikat dari dirinya sendiri. Ide membuat superman menjadi dua juga terjadi dalam komik Superman Red/ Superman Blue di tahun 90an.

Hipnotis

Ternyata Superman juga memiliki kemampuan unik lainnya yaitu hipnotis. Kemampuan ini pernah diperlihatkan dalam komik Action Comics #38 yang rilis tahun 1941. Dalam komik tersebut, kita diperlihatkan saat Superman menghipnotis seorang psikolog bernama Harold Morton dan memaksanya untuk menyerahkan diri kepada polisi. Nah menariknya, kekuatan serupa juga diperlihatkan dalam komik Superman #330 pada tahun 1978, di mana Superman mengalahkan seorang penghipnotis jahat bernama Spellbinder, dengan cara menghipnotis seluruh penduduk Metropolis melalui layar televisi. Sayangnya kita masih belum melihat kemampuan itu lagi sekarang.

Telekinesis

Ternyata kemampuan ini bukan hanya dimiliki oleh pahlawan Marvel, karena Superman juga telah menunjukkan kemampuan untuk memindahkan objek dengan pikirannya. Bahkan kemampuan ini sudah beberapa kali digunakan, meski juga jarang terlihat. Menariknya nih Geeks, salah satu penulis cerita Superman, John Byrne pernah menjelaskan bahwa kemampuan Superman untuk terbang adalah bentuk kemampuan telekinesis kepada tubuhnya sendiri. Nah menariknya dalam film Superman IV: The Quest For Peace, Superman mengeluarkan kemampuan untuk menggunakan telekinetik yang dipancarkan matanya untuk mengangkat orang, dan bahkan untuk memperbaiki bangunan yang rusak.

Membungkus Musuh

Nah mungkin inilah kekuatan langka Superman sekaligus menjadi yang paling aneh dalam daftar ini. Kemampuan ini diperlihatkan dalam film Superman II yang rilis tahun 1980. Dalam film tersebut, kita diperlihatkan saat Superman melemparkan simbol S dari kostumnya dan menjadikan simbol tersebut untuk menjebak musuh-musuhnya. Yap, simbol itu dapat mengeluarkan sebuah jaring plastik untuk menangkap mereka. Tidak seorang pun yang bisa memberikan penjelasan logis tentang kemampuan Superman itu yang belum pernah dilihat sebelumnya. Sehingga tidak mengherankan jika kemampuan itu tidak pernah digunakan lagi, baik dalam film maupun komik.

Itulah dia Geeks beberapa kekuatan langka sekaligus aneh bagi Superman. Mungkin kita hanya bisa melihat kemampuan ini beberapa kali saja, dan sayangnya tidak pernah lagi ditampilkan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/