Meskipun tidak banyak jumlahnya diketahui ada beberapa karakter yang merupakan pemilik dari Haki Raja atau Conqueror Haki. Dalam cerita One Piece jenis Haki yang paling kuat dan jarang dimiliki oleh orang-orang adalah Haki Raja atau Haki Penguasa Atau Conqueror Haki. Hal ini karena jenis Haki tersebut berbeda dengan dua jenis lainnya, Observation Haki dan Armament Haki.

Kedua Haki tersebut diketahui bisa dipelajari dan dibangkitkan oleh siapa pun. Namun, untuk jenis Haki yang terakhir yaitu Haki Raja tidak semua orang mampu membangkitkannya. Simpelnya, Haki tersebut merupakan “anugerah” atau “pemberian” yang mana hanya orang-orang tertentu yang memilikinya. Diketahui ada beberapa karakter yang masih hidup dan menjadi pemilik Haki Raja tersebut. Siapa saja?

Big Mom

Geeks mungkin bingung mengapa Big Mom masuk dalam daftar ini. Namun, karena nasibnya tidak diketahui artinya bisa jadi dia belum tewas. Mampu menggunakan Conqueror Haki serta Advanced Conqueror Haki menjadikan Big Mom sebagai salah satu pengguna Conqueror Haki yang paling mengerikan. Statusnya sebagai Yonko pun memperkuat fakta tersebut.

Kemampuan Advanced Conqueror Haki Big Mom pun diperlihatkan saat pertarungannya melawan dua bajak laut sekaligus, Law dan Kid. Pertarungannya melawan Kaido dan Luffy juga memberikan konfirmasi bahwa Big Mom adalah salah satu pengguna Conqueror Haki terkuat. Selain pertarungan, bagaimana Big Mom sangat jarang terluka juga menjadi petunjuk lainnya dari kedahsyatan Haki Raja Big Mom. Namun, awakening dari Law dan Kid akhirnya membuat Big Mom harus kalah dalam pertarungannya.

Kaido

Seperti halnya Big Mom, karena nasibnya masih jadi teka-teki sehingga Kaido masih bisa masuk daftar ini. Kaido adalah pengguna Conqueror Haki paling kuat setelah Roger dan Whitebeard. Dia juga memiliki kemampuan Advanced Conqueror Haki, yang digunakan untuk bertarung. Selama ini, orang-orang selalu bertanya apa yang membuat Kaido bisa menjadi makhluk paling kuat di dunia. Ternyata Armament Haki bukan jawabannya, melainkan Conqueror Haki.

Dalam pertarungan melawan Luffy terungkap jika Kaido melapisi Conqueror Haki ke tubuhnya dan juga serangannya, yang mana hal tersebut membuat serangannya bertambah kuat dan tubuhnya tidak bisa diserang. Menurut Kaido, apa yang dia lakukan tersebut hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah terbukti kekuatannya. Dengan kata lain, dia juga memiliki Advanced Conqueror Haki.

Silvers Rayleigh

Raja kegelapan dan mantan wakil kapten dri kelompok bajak laut Roger, Silvers Rayleigh. Dia merupakan sosok yang melatih kemampuan Haki dari Luffy saat timeskip terjadi. Dalam arc Sabaody serta ketika momen timeskip terjadi Oda memperlihatkan jika kekuatan Rayleigh dalam kemampuan Haki sangat luar biasa. Rayleigh diketahui menguasai semua jenis Haki.

Bukti kedahsyatan dari Conqueror Haki atau Haki Raja dari Rayleigh adalah bagaimana dia mampu untuk membuat seluruh orang-orang di pelelangan manusia tidak sadarkan diri. Hanya Luffy dan para Worst Generation yang mampu bertahan. Kemudian, saat berada di Rusukaina pun dia berhasil membuat hewan di sana ketakutan. Para fans sendiri masih menantikan aksi dari Rayleigh dalam cerita baru ini.

Roronoa Zoro

Kru paling kuat kedua setelah Luffy di kru bajak laut Topi Jerami. Menjadi tangan kanan dari Luffy, Zoro sudah berlatih kemampuannya berpedang dan juga kekuatannya sejak lama. Karena itulah, saat ini sudah menjadi Zoro yang berbeda daripada Zoro di awal kemunculannya. Salah satu peningkatan kekuatan dahsyat dari Zoro adalah bagaimana dia berhasil mengaktifkan Haki miliknya.

Berdasarkan kolom SBS, Oda menjelaskan bahwa Zoro memiliki spesialisasi atau keahlian dalam Armament Haki. Hal ini bisa kita lihat dalam beberapa momen, seperti saat bertarung di Dressrosa atau ketika bertarung melawan Kaido di Onigashima. Yang menarik  adalah ternyata selain Armament Haki, dia juga memiliki Conqueror Haki. Hal ini bahkan dikonfirmasi langsung oleh Kaido ketika Zoro berhasil melukai tubuhnya. Dan dalam pertarungan King juga diperlihatkan bagaimana dia memanfaatkan Haki ini untuk mengalahkan tangan kanan Kaido tersebut.

Yamato

Yamato adalah salah satu karakter baru yang muncul dalam arc Wano Country, di mana dia diperkenalkan sebagai anak dari Kaido. Meskipun pada awalnya Yamato bukan merupakan sosok yang kuat. Namun, karena dia selalu kalah dan terus menerus bertarung melawan Kaido, akhirnya dia pun mampu meningkatkan kekuatannya sampai pada level di mana dia mampu menandingi kekuatan Kaido.

Selain kekuatan fisik, Yamato juga ternyata menguasai tiga jenis Haki. Salah satu buktinya adalah dia pernah membuat para penjaga di penjara batu pingsan akibat Conqueror Haki miliknya. Saat Yamato pertama kali muncul dan menyerang Ulti, terlihat sebuah kilatan hitam muncul di sekitarnya. Juga, ketika dia bertarung melawan Kaido nampak keduanya sama-sama mengeluarkan kilatan hitam.

Charlotte Katakuri

Charlotte Katakuri merupakan salah satu anak dan juga tangan kanan dari Big Mom. Katakuri merupakan sosok yang paling kuat dibandingkan anak buah Big Mom yang lain. Katakuri memiliki nilai buruan sebesar 1,057 milliar Belly. Sama seperti Luffy, Katakuri juga mampu mengendalikan ketiga Haki. Dengan kemampuan Hakinya, katakuri merupakan bajak laut yang ditakuti di New World.

Meskipun begitu, yang luar biasa dari Katakuri adalah kemampuan Observation Haki miliknya di mana dia mampu untuk melihat ke masa depan. Haki Raja milik Katakuri sendiri pernah diperlihatkan saat pertarungan melawan Luffy. Dia membuat adiknya, Charlotte Flampe serta anak buahnya tidak sadarkan diri dengan Haki tersebut karena dianggap menganggu pertarungannya.

Donquixote Doflamingo

Donquixote Doflamingo merupakan salah satu villain yang sangat populer dalam cerita One Piece yang juga merupakan bagian dari kaum naga langit yang berasal dari keluarga Donquixote. Doflamingo pernah menguasai wilayah Dressrosa dan juga pernah menjadi salah satu dari tujuh penguasa lautan alias Shichibukai. Sosoknya sudah mulai diperkenalkan bahkan sebelum timeskip terjadi.

Bukti kedahsyatan Doflamingo bisa kita lihat di sepanjang arc Dressrosa. Misalnya, diketahui jika Doflamingo adalah pemakan buah iblis Ito ito no Mi. Dia juga merupakan pengguna Haki yang dahsyat, di mana dia menguasai Haki Raja. Hal ini terbukti ketika Doflamingo berhasil menaklukan para angkatan laut yang ada di wilayah G5 yang hendak menyerangnya. Dan yang luar biasa adalah Doflamingo membangkitkan kemampuan ini sejak usianya 10 tahun.

Don Chinjao

Don Chinjao adalah salah satu dari sedikit orang yang bisa menguasai atau menggunakan ketiga jenis Haki. Tapi, meskipun dia bisa menggunakan ketiga jenis Haki, Don Chinjao lebih sering menggunakan Busoshoku Haki atau Armament Haki. Dia akan mengeraskan pukulannya dan kemudian melapisi pukulannya dengan Haki tersebut agar kekuatan yang dia hasilkan jauh lebih kuat.

Don Chinjao juga pernah menunjukan kemampuan Haki Raja atau Conqueror Haki ketika dia menaklukan banyak musuhnya di Block C tanpa harus menyentuh mereka. Hal itu tentunya sangat luar biasa, mengingat banyak dari peserta di Corrida Colosseum merupakan para petarung tangguh. Selain itu, dalam momen pertarungan melawan Luffy pun kita bisa melihat bagaimana dua Haki Raja mereka saling beradu.

Monkey D. Luffy

Protagonis utama dari serinya dan karakter yang baru saja memiliki atau membangkitkan Advanced Conqueror Haki, yaitu Monkey D. Luffy, menjadi salah satu karakter yang sangat kuat dalam penggunaan Conqueror Haki atau Haki Raja. Sejauh ini, baru Kaido yang membuat Luffy harus mengerahkan semua kemampuan Haki miliknya yang membuat Luffy akhirnya membangkitkan Advanced Conqueror Haki.

Melihat dari pertarungannya melawan Kaido di arc Wano kemarin, level kekuatan Haki Raja milik Luffy saat ini sudah setara dengan Kaido atau bahkan melampauinya. Hal ini bisa dilihat dalam momen pertarungannya di mana saat keduanya hendak saling bertukar serangan, muncul kilatan hitam di sekitar mereka. Langit juga nampak terbelah, di mana momen ini mirip dengan apa yang terjadi di pertarungan Roger dan Whitebeard.

Shanks

Sama halnya seperti Rayleigh, Shanks juga menguasai dan bahkan sudah meningkatkan kemampuan ketiga jenis Haki yang dia kuasai. Meskipun Shanks menguasai ketiga jenis Haki, namun dalam beberapa kesempatan diperlihatkan jika kemampuan terbesar Shanks ada di Conqueror Haki miliknya. Bukti kedahsyatan dari kekuatan Conqueror Haki shanks adalah sebagian kapal Moby Dick yang bergertar dan retak.

Kemudian, dalam arc Wano diperlihatkan jika Haki Raja dari Shanks mampu membuat sosok admiral Green Bull ketakutan. Dia bahkan memperlihatkan apa yang belum pernah dilakukan dan diperlihatkan dalam penggunaan Conqueror Haki sebelumnya. Oda sendiri pernah mengonfirmasi terkait hal ini dalam sebuah kolom SBS. Dan berdasarkan dari apa yang dihadirkan sejauh ini, Shanks memang adalah pemilik Haki terkuat terutama untuk jenis Haki Raja.

Monkey D. Garp

Monkey D. Garp merupakan kakek dari Luffy dan juga salah satu karakter terkuat dihadirkan dalam cerita One Piece. Garp lebih populer sebagai rival sejati bagi Gol D. Roger, karena saking seringnya mereka bertarung pada masa lalu. Garp juga dikenal sebagai pahlawan angkatan laut berkat kekuatannya dan kerja samanya dengan Roger dalam menghadapi bajak laut Rocks.

Meskipun tidak memiliki kekuatan buah iblis, namun orang-orang mengenalnya sebagai sosok yang sangat mengerikan berkat kemampuan Hakinya. Garp menguasai salah satu Haki yaitu Armament Haki, di mana levelnya pun sudah sangat tinggi. Namun, di chapter 1080 kemarin akhirnya terkonfirmasi jika Garp juga ternyata adalah pemilik Haki Raja. Hal ini terbukti ketika dia menggunakan teknik Galaxi Impact/Fist untuk menghancurkan sebagian wilayah pulau Beehive. Dan ketika Garp menggunakan teknik tersebut, muncul kilatan hitam di sekitarnya.

Conqueror Haki memang menjadi kemampuan yang “eksklusif” di mana hanya mereka yang memiliki tekad besar dan kuat saja yang bisa memilikinya. Para karakter di atas adalah mereka yang diketahui merupakan pemilik dari Haki Raja atau Conqueror Haki yang masih hidup dalam cerita One Piece. Namun, Kaido sendiri pernah mengatakan bahwa sudah terlalu banyak pengguna Conqueror Haki di dunia ini. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.