Dikenal sebagai salah satu superhero terpopuler di Marvel Universe, Tony Stark alias Iron Man sering kali diceritakan menghadapi sejumlah supervillain yang tidak kalah hebat darinya. Dan yang lebih parahnya lagi dia juga terkadang menjadi target dari para villain yang ingin menguasai teknologi canggih miliknya. Di mana di antara para villain ambisius tersebut bahkan ada juga yang mencoba mencuri armornya dan kemudian menggunakan identitasnya untuk kepentingan pribadi, entah itu demi popularitas atau untuk melancarkan kejahatannya. Berikut ini lima villain yang pernah menjadi Iron Man di Marvel Universe!

Weasel Willis

Jika dibandingkan dengan villain besar Iron Man, seperti Iron Monger, Whiplash, Justin Hammer, dan sebagainya, mungkin pencuri kelas teri seperti Weasel Willis masih tidak ada apa-apanya. Namun dalam sejarah Marvel dialah orang pertama yang berhasil menyusup ke Stark Enterprises dan mencuri armor koper Iron Man. Dia lantas menggunakan armor dan identitas Iron Man untuk mencuri dan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Sampai akhirnya Tony yang pada saat itu belum punya banyak armor, menggunakan armor lawas MK I untuk mengalahkan Weasel yang armornya yang lebih canggih. Pada akhirnya Tony berhasil membuktikan siapa Iron Man yang sesungguhnya di Marvel Universe.

Norman Osborn

Siapa yang tidak kenal Norman Osborn? Villain Marvel yang memulai kariernya sebagai Green Goblin ini sekarang sudah lebih populer dengan nama aslinya sendiri, karena pasca peristiwa Secret Invasion Norman sempat diceritakan berhasil mengambil alih posisi Iron Man dengan identitas barunya sebagai Iron Patriot. Ketika semua orang salah mengira dia sebagai pahlawan, Norman lantas menggunakan kesempatan tersebut untuk mencuri dan mengecat ulang armor Iron Man, bahkan mendirikan Avengersnya sendiri yang disebut Dark Avengers. Rencana busuk Norman baru terbongkar ketika Tony kembali muncul di kisah Dark Reign dan meretas armor Iron Patriot yang semula memang miliknya sendiri.

Clarence Ward

Villain selanjutnya yang pernah mencuri armor dan menggunakan identitas Iron Man untuk melancarkan kejahatannya adalah Clarence Ward. Ketika Tony diceritakan baru berhasil keluar dari pocket dimension Heroes Reborn, betapa kagetnya dia setelah mengetahui perusahaannya telah diambil alih dan diganti namanya menjadi Stark-Fujikawa oleh penguasa Jepang. Pada titik inilah Clarence diceritakan berhasil mencuri armor Iron Man dan menggunakannya untuk membunuh para petinggi Stark-Fujikawa. Ketika Clarence menyakiti kekasih Tony yang bernama Rumiko Fujikawa, pada titik inilah dia tidak bisa menahan amarah Iron Man yang sesungguhnya dan tewas dalam pertempuran.

Ultron

Meskipun diciptakan oleh Hank Pym di Marvel Comics, tetapi Ultron terbilang lebih sering menjadi villain Iron Man daripada Ant-Man. Salah satu pertempuran mereka yang paling epik bahkan pernah melibatkan istri Ultron yang bernama Jocasta, di mana Iron Man memanfaatkan bantuannya untuk menciptakan Sentient Armor alias armor yang bisa hidup sendiri. Mirisnya hal tersebut justru membuka jalan bagi Ultron untuk mengambil alih Sentient Armor dan kemudian menjadikannya sebagai tubuh baru. Setelah melalui pertarungan sengit, syukurnya Iron Man berhasil menyelesaikan masalah yang sejak awal dia ciptakan sendiri.

Doctor Doom

Villain terakhir yang pernah tercatat mengambil alih identitas Iron Man adalah Doctor Doom, musuh bebuyutan Fantastic Four. Semuanya bermula ketika Tony mengalami koma pasca Civil War kedua dengan Captain Marvel. Doom yang merasa bosan dengan statusnya sebagai salah satu big bad terkuat di Marvel Universe lantas mencoba menjadi superhero dengan menggantikan Tony sebagai ‘Infamous Iron Man’. Misi sebenarnya sebagai Iron Man ternyata adalah mencari musuh bebuyutannya, yaitu Reed Richards alias Mister Fantastic yang sempat menghilang. Setelah berhasil menemukannya Doom akhirnya memutuskan untuk kembali sebagai big bad villain Marvel.

Itulah lima villain yang pernah diceritakan menjadi Iron Man di Marvel Universe. Terlepas dari niat mereka yang beragam, pada akhirnya Tony Stark sebagai Iron Man yang sesungguhnya mau tidak mau harus merebut kembali armor dan identitasnya. Karena jika tidak, mungkin orang lain akan salah mengira Iron Man sebagai supervillain, mengingat mereka tidak bisa melihat dengan jelas siapa sosok di balik armornya. Untungnya semua ini hanya bersifat sementara, sekarang Tony sudah kembali menguasai semua teknologinya, termasuk armor Iron Man dan semua turunannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.