Melihat kedahsyatan dari kekuatan kekuatan Haki sosok Monkey D. Garp membuat sebagian fans menghadirkan perbandingan dengan kekuatan Haki milik Shanks. Chapter 1080 dari manga One Piece akhirnya kembali memperlihatkan sosok Garp yang sebelumnya diperlihatkan berada di wilayah pulau Egghead. Dia diketahui memiliki misi untuk menyelamatkan Koby yang diculik dan ditahan di pulau Beehive.

Setelah beberapa chapter tidak muncul dalam ceritanya, Garp akhirnya kembali di chapter 1080 di mana dia muncul berasama anggota SWORD lainnya untuk membantu menyelamatkan Koby. Yang menarik adalah dalam chapter ini juga kita melihat kedahsyatan dari serangan milik Garp. Serangan Haki tersebut mampu menghancurkan sebagian wilayah dari pulau Beehive. Lalu, seperti apa perbandingannya kekuatan Haki dari Garp dan juga Shanks?

Level Kekuatan Haki Shanks

Rasanya Geeks sudah sangat mengenal dan paham seperti apa level kekuatan Haki dari sosok Shanks. Sejak awal cerita One Piece dimulai, Shanks diperlihatkan sudah memiliki kekuatan Haki yang dahsyat. Belum lagi di beberapa poin dalam ceritanya kita melihat kedahsyatan dari kekuatan Haki Shanks, seperti ketika dia membuat admiral Green Bull ketakutan atau ketika dia menghancurkan Eustass Kid dalam satu kali serangan.

Level kekuatan Haki Shanks juga sudah sangat diakui oleh sang kreator yaitu Eiichiro Oda. Hal ini terungkap dalam salah satu kolom SBS di mana disebutkan jika kekuatan Haki dari Shanks bahkan jauh di atas Luffy. Dan hal ini memang terbukti dalam beberapa poin cerita One Piece yang ada. Yang menarik adalah chapter 1079 kemarin seolah menjadi menobatkan Shanks jadi pengguna Haki terkuat di dunia.

Hal ini bukan tanpa sebab memang. Selain pengakuan dari Oda Sensei, berbagai informasi yang dihadirkan tentang sosok Shanks dan kekuatan Haki miliknya sejauh ini seolah memang memberkan bukti nyata dari hal tersebut. Misalnya, dalam booklet One Piece 4 Billion kemarin disebutkan jika Shanks memiliki kemampuan untuk mampu “membunuh” Observation Haki milik lawan.

Level Kekuatan Haki Milik Garp

Lalu, bagaimana dengan kekuatan Haki dari Garp? Selain Shanks, sosok Monkey D. Garp juga diketahui sangat mengandalkan Haki dalam bertarung atau dalam hal lain. Kemampuan Haki dan juga kekuatan fisik dari Garp pertama kali diperkenalkan dalam cerita Water Seven, di mana dia mampu untuk melukai Luffy yang notabene adalah pengguna buah iblis.

Dia juga mampu melemparkan bola meriam dengan sangat mudah seolah-olah itu adalah bola baseball. Sejauh ini, Eiichiro Oda memang tidak sering memberikan penjelasan tentang kekuatan dari Garp. Informasi tentang kekuatan Garp yang diketahui adalah dia memiliki kekuatan pukulan yang mengerikan dan sangat menguasai Haki. Meskipun Garp menguasai ketiga jenis Haki, namun dia lebih cenderung dan dominan menggunakan Armament Haki.

Hal ini terbukti dari setiap kemunculannya dalam cerita, dia selalu mampu untuk menghancurkan apa pun dengan menggunakan Armament Haki miliknya. Namun, baru di chapter 1080 ini akhirnya dikonfirmasi jika Garp memang memiliki kekuatan jenis Haki lain yaitu Conqueror Haki. Buktinya sendiri adalah saat dia menggunakan serangan Galaxy Impact untuk menghancurkan pulau Beehive, terdapat kilatan hitam di sekitarnya.

Ini artinya kekuatan Conqueror Haki dari Garp juga tidak kalah mengerikan dibandingkan Luffy, Kaido, Big Mom, dan sebagainya. Dengan demikian artinya hanya tinggal satu jenis Haki lagi yang masih perlu Oda hadirkan sebagai salah satu kemampuan milik Garp, yaitu Observation Haki. Di sepanjang ceritanya, Garp sangat jarang menggunakan jenis Haki ini.

Garp vs Shanks, Siapa Yang Menang

Kekuatan Haki siapa yang paling kuat atau lebih unggul antara Shanks dan Garp? Untuk saat ini, jelas sosok Shanks yang memiliki kekuatan Haki lebih dahsyat dari Garp. Namun, jika kita mundur ke puluhan tahun lalu maka Garp adalah juaranya. Mengapa demikian? Seperti yang diketahui, Garp adalah sosok yang sering berhadapan dengan Gol D. Roger atau pun bajak laut kuat lain seperti Rocks.

Roger sendiri diketahui adalah pengguna Haki yang luar biasa, di mana dia mampu menghempaskan sosok Kozuki Oden. Bagaimana kemudian Garp mampu menjadi rival dari Roger atau Whitebeard di era kejayaannya dahulu memberikan gambaran sekuat apa sang pahlawan angkatan laut dan juga level kekuatan Hakinya. Saat itu, Shanks bahkan masih kecil dan belum menguasai Haki.

Namun, Garp sendiri beranjak tua dan setelah Roger tewas dia diperlihatkan sangat jarang sekali bertarung melawan musuh kuat. Seperti halnya Whitebeard atau pun Rayleigh, level kekuatan Haki dari Garp kemungkinan sudah menurun meskipun tidak terlalu drastis. Menurutnya kekuatan Haki tersebut jelas memiliki pengaruh terhadap daya hancur atau tingkat efektivitas serangannya.

Apa yang dihadirkan dalam chapter 1080 mungkin sebenarnya masih belum seberapa jika dibandingkan dengan serangan Galaxy Impact Garp puluhan tahun lalu. Efeknya mungkin akan jauh lebih destruktif dan mengerikan. Bahkan, bisa jadi, pulau God Valley sendiri hancur dan hilang akibat serangan Garp. Meskipun begitu, harus diakui jika Shanks mampu menggunakan Haki ke level tertinggi.

Bagaimana dia bisa berkomunikasi melalui Haki dengan Green Bull dan bagaimana teknik Kamusari kemarin mampu menghancurkan Kid dengan mudah, bahkan Shanks memiliki kemampuan melihat ke masa depan jadi bukti Shanks memang memiliki kekuatan atau level kekuatan Haki yang unggul dibanding Garp khususnya saat ini. Bahkan, Shanks dianggap sebagai pengguna Haki paling kuat di dunia sekarang. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.