Eiichiro Oda akhirnya memberikan penjelasan mengenai bagaimana sistem nilai buruan atau bounty yang unik yang dimiliki oleh kelompok Cross Guild. Hal ini terungkap dalam informasi chapter terbaru manga One Piece. Sistem nilai buruan atau bounty adalah salah satu sistem yang unik yang diperkenalkan dalam ceritanya. Pihak World Government yang menciptakan sistem tersebut.

Sistem bounty sendiri diketahui awalnya untuk mempermudah para angkatan laut untuk mengumumkan informasi tentang sosok buronan incaran mereka. Para angkatan laut akan memberikan imbalan kepada mereka yang berhasil untuk membawa buronan, baik dalam keadaan hidup atau mati. Yang unik adalah kelompok Cross Guild ternyata memiliki sistem bounty sendiri yang diminati para bajak laut. Seperti apa sistemnya?

Mengenai Cross Guild

Cross Guild adalah sebuah kelompok baru yang diperkenalkan di dunia One Piece. Kemunculan mereka pertama kali adalah di chapter 1056, di mana dalam ceritanya pasca pertempuran di Wano selesai Eustass Kid kemudian memperkenalkan kelompok tersebut. Dalam cerita kilas baliknya, diketahui beberapa informasi penting mengenai organisasi atau kelompok ini.

Misalnya, Cross Guild pada awalnya dibentuk oleh dua orang, yaitu Crocodile dan Dracule Mihawk. Dalam kilas balik Mihawk, nampak Crocodile menghubungi Mihawk untuk menjalin sebuah kerja sama. Pada saat itu, Mihawk sendiri sedang bersiap untuk pergi meninggalkan pulau Kuraigana karena sudah terkepung oleh pihak angkatan laut. Mihawk sendiri pada awalnya tidak tertarik dengan tawaran tersebut, namun setelah negosiasi terjadi pada akhirnya Mihawk pun setuju.

Yang menarik adalah orang-orang mengetahui jika Buggy adalah pemimpin dari organisasi baru tersebut. Secara teknis, hal tersebut memang tidaklah salah. Namun, pada faktanya, Buggy tidak sengaja terpilih untuk menjadi pemimpin dari kelompok tersebut. Menurut penjelasan dari Buggy dalam chapter 1058 kemarin, terungkap bahwa semua itu sebenarnya adalah sebuah kesalahpahaman belaka.

Lalu, apa sebenarnya Cross Guild? Berdasarkan dari apa yang muncul di chapter 1056 kemarin terungkap bahwa Cross Guild adalah organisasi Pemburu Angkatan Laut. Eustass Kid yang menjelaskan mengenai hal tersebut. Jika biasanya bajak laut yang menjadi buruan bagi angkatan laut, yang terjadi sekarang justru sebaliknya. Bahkan, bukan hanya oleh bajak laut yang mengincar mereka namun juga oleh semua orang.

Sistem Bounty Cross Guild

Yang juga tidak kalah menarik dan unik adalah sebagai sebuah kelompok atau organisasi pemburu bajak laut, Cross Guild ternyata memiliki sistem nilai buruan atau bounty mereka sendiri. Cross Guild memberikan nilai buruan terhadap para angkatan laut. Sempat jadi sebuah misteri bagaimana kemudian mereka menilai atau memberikan nilai buruan tersebut. Juga, apa yang kemudian menjadi faktor penentu nilai buruan tersebut.

Dalam salah satu panel, nampak bintang atau semacam reputasi dari angkatan laut. Sempat muncul spekulasi jika jumlah bintang tersebut bergantung kepada pangkat mereka yang juga kemudian berpengaruh terhadap nilai buruan. Ternyata, hal tersebut terbukti benar berdasarkan informasi yang muncul dalam chapter 1080. Dalam chapternya, diperlihatkan jika kelompok SWORD berhasil menuju pulau Beehive untuk menyelamatkan Koby.

Dalam chapternya juga ternyata kita mendapatkan kilas balik dari cerita penculikan Koby. Sebelum pihak SWORD datang ke Beehive, ternyata Koby sudah berhasil kabur dari penjara berkat sosok Perona. Meskipun begitu, Koby ternyata jadi incaran seluruh bajak laut di sana. Hal ini nilai bounty dari Koby yang diberikan oleh Cross Guild adalah “5 bintang.”

Dalam penjelasannya, setiap bintang atau 1 bintang yang muncul dalam poster buruan Cross Guild bernilai satu peti harta. Dan isi dari satu peti harta tersebut adalah harta karun yang total keseluruhannya mencapai 100 juta Belly. Artinya, dengan Koby memiliki 5 bintang dalam poster bounty miliknya, dia memiliki nilai buruan sebesar 500 juta Belly yang mana angka sangat spesial.

Mengapa demikian? Di chapter ini juga dijelaskan jika bagi Cross Guild para angkatan laut yang memiliki pangkat kapten seperti Koby biasanya hanya diberikan bounty 1 bintang atau 100 juta Belly. Namun, karena reputasi Koby sebagai pahlawan Rocky Port maka nilai buruannya sedikit berbeda yaitu 5 bintang. Karena reputasi ini nilai bounty Koby lima kali lebih besar dari kapten angkatan laut pada umumnya.

Prediksi Nilai Bounty

Setelah jadi misteri, akhirnya terdapat sedikit penjelasan mengenai sistem nilai bounty angkatan laut yang dibuat oleh Cross Guild. Penjelasan yang dihadirkan dalam chapter 1080 mengonfirmasi dari spekulasi sebelumnya, di mana jumlah bintang dari pihak angkatan laut yang jadi buruan mereka ternyata berpengaruh dari pangkat masing-masing angkatan laut.

Meskipun begitu, di chapter 1080 sendiri hanya menjelaskan tentang nilai bounty dari pangkat kapten. Pertanyaanya kemudian bagaimana dengan pangkat lain di angkatan laut? Berapa kemudian nilai bounty mereka dalam sistem Cross Guild? Seperti yang kita ketahui, angkatan laut memiliki pangkat yang terstruktur mulai dari yang paling bawah sampai paling atas.

Terdapat beberapa pangkat yang juga cukup tinggi seperti Rear Admiral yang merupakan pangkat tertinggi keempat di angkatan laut. Bisa juga Komodor yang merupakan pangkat tertinggi kelima di angkatan laut. Kemudian ada posisi Kapten, yang mana seperti yang sudah kita ketahui, mereka biasanya bertugas untuk menjadi pemimpin dari beberapa cabang angkatan laut yang ada di pulau-pulau di seluruh dunia. Sedangkan, untuk pangkat paling atas ada wakil admiral, admiral, dan Fleet admiral.

Jika berkaca dari informasi yang dihadirkan pada chapter 1080, ada kemungkinan Cross Guild hanya mengincar angkatan laut yang memiliki pangkat menengah hingga tinggi. Hal ini terbukti dari pangkat kapten yang kemudian memiliki 1 bintang dalam sistem bounty Cross Guild. Hal ini juga mungkin berlaku untuk posisi menengah lain seperti komodor. Tetapi, semakin tinggi pangkatnya maka semakin besar nilai buruannya.

Contohnya untuk pangkat menengah ke atas seperti wakil admiral dan juga admiral, nilai buruannya mungkin bisa mulai dari ratusan juta Belly sampai milliaran. Misalnya, untuk sosok admiral seperti Kizaru nilai buruannya bisa mencapai 2 milliar. Atau misalnya Aramaki yang mungkin bisa mencapai 1 milliar Belly. Sedangkan untuk level Fleet Admiral pastinya jumlah buruannya sangat tinggi, mungkin bisa mencapai kisaran 3 milliar Belly.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.