Meskipun buah iblis jadi sumber kekuatan terkuat dalam cerita One Piece, namun ada juga karakter yang mengandalkan kekuatan Haki sebagai sumber kekuatan mereka. Dunia dalam cerita One Piece memang penuh dengan berbagai keunikan dan ciri khas. Salah satunya adalah buah iblis, yang memberikan penggunanya berbagai kemampuan yang unik sesuai dengan buah yang mereka konsumsi.

Namun, selain buah iblis ada hal unik lainnya yang menjadi ciri khas One Piece yaitu kekuatan Haki. Haki mampu menahan segala serangan musuh, baik yang menggunakan buah iblis atau pun tidak. Meskipun begitu, hanya sedikit dari para karakter yang muncul dalam ceritanya yang mengandalkan kekuatan Haki sebagai sumber kekuatan utama mereka. Siapa saja? Berikut adalah daftarnya.

Monkey D. Garp

Rasanya Geeks sudah tidak asing bagaimana Monkey D. Garp menjadi salah satu karakter yang mengandalkan kekuatan Haki dalam cerita One Piece. Garp merupakan kakek dari Luffy dan juga merupakan salah satu karakter terkuat di series ini. Sosoknya lebih dikenal sebagai rival sejati bagi Gol D. Roger, karena saking seringnya mereka berseteru. Garp juga dikenal sebagai pahlawan angkatan laut berkat kekuatannya dan kerja samanya dengan Roger dalam menghadapi bajak laut Rocks.

Meskipun tidak memiliki kekuatan buah iblis, namun orang-orang mengenalnya sebagai sosok yang sangat mengerikan berkat kemampuan Hakinya. Garp menguasai salah satu Haki yaitu Armament Haki, di mana levelnya pun sudah sangat tinggi. Bukti kedahsyatannya adalah dia mampu mengalahkan bajak laut Don Chinjao hanya dengan satu pukulan saja. Bahkan, Garp mampu untuk menghancurkan gunung dengan kekuatannya tersebut.

Don Chinjao

Chinjao adalah pemimpin ke 11 dari Happo Navy dan merupakan salah satu bajak laut yang sering memberikan teror. Meskipun dia bisa menggunakan ketiga jenis Haki, Chinjao lebih sering menggunakan Busoshoku Haki atau Armament Haki. Dia akan mengeraskan pukulannya dan kemudian “melapisi” pukulannya dengan Haki tersebut agar kekuatan yang ditimbulkan lebih kuat.

Chinjao juga merupakan salah satu rival abadi dari Garp. Mereka berdua pernah saling bertarung dan yang luar biasa adalah keduanya sama-sama berlatih dengan menghancurkan gunung demi pertarungan tersebut. Tapi, ternyata setelah pertarungan selesai, diketahui bahwa kemampuan Garp jauh lebih dahsyat dibandingkan Chinjao. Dia harus kalah dalam satu serangan Garp.

Silvers Rayleigh

Raja kegelapan dan mantan kru bajak laut Roger, Silvers Rayleigh. Dia merupakan karakter yang melatih kemampuan Haki dari Luffy. Jadi, tidak heran jika kekuatan Rayleigh dalam kemampuan Haki sangat luar biasa. Rayleigh juga diketahui menguasai semua jenis Haki, berkat pengalaman bertarungnya ketika menjadi kru bajak laut Roger. Bukti kedahsyatan dari kekuatan Haki Rayleigh diperlihatkan sebelum timeskip.

Sama seperti yang Hyougoro lakukan, Rayleigh mampu menghancurkan benda dari dalam seperti yang dia lakukan ketika menghancurkan gelang peledak Camie. Atau dia juga mampu melumpuhkan berbagai monster di Rusukaina tanpa menyentuhnya. Dia bahkan bisa mengetahui berapa jumlah monster di sana. Mengingat kemampuannya yang mengerikan, wajar angkatan laut masih menganggapnya sebuah ancaman meskipun usianya sudah tidak lagi muda.

Kozuki Oden

Kozuki Oden merupakan samurai paling kuat dan pemimpin di salah satu wilayah di Wano. Dia merupakan sosok yang kuat dan juga heroik. Bahkan, Oden berhasil mendapatkan rasa hormat dari bajak laut sekelas Whitebeard dan juga Roger. Kozuki Oden merupakan seorang pengguna pedang yang sangat ahli, ditambah dengan kemampuan Armament Haki miliknya membuat Oden menjadi karakter yang dahsyat.

Salah satu bukti nyatanya adalah bekas luka yang ada di tubuh Kaido. Oden menjadi salah satu orang yang berhasil melukai tubuh Kaido. Oden mengalirkan Haki miliknya ke pedang legendaris Enma, yang sekarang sudah berada di tangan Zoro. Dari bekas luka yang ada di tubuh Kaido tentunya menunjukan bahwa Oden adalah sosok pengguna Haki yang luar biasa.

Gol D. Roger

Sosok Roger mungkin sudah tewas lebih dari 20 tahun yang lalu, namun dia masih dianggap sebagai salah satu pengguna Haki terkuat dan sosok yang mengandalkan kekuatan Haki dalam ceritanya. Pertarungannya dengan Whitebeard sekitar 20 tahun lalu di sebuah pulau memberikan bukti nyata dari hal tersebut. Dalam pertarungan yang terjadi selama tiga hari tiga malam tersebut, bisa dilihat bagaimana situasi di pulau tempat mereka bertarung sangat terguncang.

Selain langit yang terbelah dan muncul kilatan hitam, kondisi di pulau tempat mereka bertarung pun sedikit bergetar dan hewan-hewan di sana ketakutan dengan hawa atau keberadaan Haki. Hal ini bisa dilihat saat Whitebeard hendak berlabuh di pulau tersebut. Juga, bagaimana Kaido mengakui bahwa Roger bisa menguasai dunia hanya dengan kemampuan Haki.

Dracule Mihawk

Selain Oden, karakter ahli pedang yang juga mengandalkan kemampuan Haki dalam cerita One Piece adalah Dracule Mihawk. Mihawk merupakan salah satu mantan Shichibukai yang bekerja untuk angkatan laut. Dia diketahui bukan pemakan buah iblis. Kekuatannya benar-benar dia dapatkan dari hasil kerja kerasnya. Kekuatan Mihawk sendiri ada pada kemampuan berpedangnya dan pedangnya sendiri, Yoru.

Pedang Yoru merupakan salah satu dari 12 pedang terkuat yang pernah ada. Meskipun kita jarang diperlihatkan bagaimana Mihawk beraksi dan bagaimana kekuatan Mihawk, dalam arc Marineford kita bisa melihat jelas bagaimana dahsyatnya seorang Mihawk. Misalnya adalah kemampuannya melihat dari jarak jauh. Dia tetap bisa melihat Luffy diantara kerumunan bajak laut. Mihawk yang juga melatih kemampuan Haki dari Zoro. Mengingat Tenguyama mengatakan jika Haki berkaitan dengan terbentuknya black blade seperti Yoru, artinya level kekuatan Haki Mihawk sudah sangat dahsyat.

Jinbei

Sama seperti Mihawk, Jinbei pada awalnya diketahui merupakan bagian dari Shichibukai dan juga karakter yang sangat kuat. Bahkan, kekuatannya sendiri melebihi kekuatan seluruh kru topi jerami sebelum timeskip terjadi. Tapi, kekuatannya saat ini mungkin sudah sedikit “berkurang” apalagi Luffy dan seluruh topi jerami sekarang sudah menjadi luar biasa kuat.

Meskipun begitu, Jinbei sendiri saat ini berhasil “menggeser” posisi Sanji sebagai Trio Monster di kru Topi Jerami. Kemampuan Fishman karate miliknya bisa membuat lawan kewalahan menghadapi Jinbei. Dalam pertarungan melawan Who’s Who, bisa kita lihat bagaimana Jinbe menggunakan Armament Haki yang dahsyat untuk mengalahkan salah satu Flying Six tersebut.

Sanji

Sanji bisa dibilang merupakan salah satu kru topi jerami yang kekuatannnya satu tingkat di atas kru lainnya, selain Luffy dan Zoro. Selama ini Sanji memiliki teknik tendangan yang sangat hebat dan dahsyat. Selain itu, staminanya juga luar biasa. Salah satu bukti kehebatan Sanji adalah dalam arc Ennies Lobby di mana Sanji menghabisi seorang anggota CP9. Dan yang paling baru adalah bagaimana Sanji berhasil mengalahkan Queen.

Kekuatannya kini semakin meningkat setelah timeskip. Apalagi, kemampuan tersembunyi dari Sanji akhirnya terbuka setelah dia menggunakan Raid Suit yang mengaktifkan rekayasa genetik yang ada di dalam tubuhnya. Sanji sendiri dikenal karena memiliki Observation Haki terkuat di kru Topi Jerami, yang terbukti dia mampu menghindar dari sebuah serangan dan bahkan mampu mendengar suara dari jarak yang sangat jauh. Oda sendiri bahkan menyebutkan dalam kolom SBS jika Sanji memang memiliki spesialisasi dalam jenis Haki ini.

Roronoa Zoro

Selain Sanji, Zoro juga saat ini jadi salah satu karakter dari kru Topi Jerami yang mengandalkan kemampuan Haki dahsyat. Bedanya, Zoro lebih mengandalkan Armament Haki dibandingkan Observation Haki atau Conqueror Haki. Hal ini bisa kita lihat di sepanjang arc Wano kemarin. Bahkan, dalam pertempuran di Onigashima, Zoro juga mampu untuk menggunakan Advanced Conqueror Haki.

Berkat hal tersebut, Zoro mampu untuk melukai Kaido dan jadi karakter lain yang mampu melakukannya selain Oden. Kedahsyatan dari kekuatan Haki dari Zoro bahkan diperlihatkan lebih lanjut dalam pertarungannya melawan King. Dalam pertarungan itu, Zoro akhirnya pasrah untuk memberikan kesempatan bagi Enma menyerap Haki miliknya dalam jumlah besar. Namun, efeknya, kekuatan serangan Zoro berkali-kali lipat jauh lebih dahsyat.

Shanks

Shanks merupakan kapten dari kru bajak laut Rambut Merah dan merupakan salah satu bajak laut terkuat dan banyak orang kagumi di Grand Line. Dia juga merupakan salah satu Yonko, posisi yang dia dapatkan sejak enam tahun yang lalu. Uniknya adalah tidak seperti Yonko yang lain Shanks justru tidak memiliki kekuatan buah iblis apa pun. Shanks jadi salah satu karakter yang selalu mengandalkan kekuatan Haki dalam berbagai situasi seperti ketika pertempuran.

Kemampuan Conqueror Haki miliknya pun mendapatkan pengakuan dari Whitebeard, yang dibuktikan ketika dia mengunjungi kapalnya dan membuat sebagian besar kru bajak lautnya pingsan. Dia juga mampu menghentikan pukulan magma dari Sakazuki. Kemampuan Haki Shanks bahkan dianggap sebagai salah satu yang terkuat. Dan yang paling baru adalah ketika dia mampu melihat masa depan sebelum Kid menyerang.

Haki adalah salah satu sistem kekuatan (power system) yang unik yang muncul di seri One Piece. Berdasarkan penjelasan di atas, ada beberapa karakter yang mengandalkan kemampuan Haki sebagai senjata utama mereka. Dan jika melihat ceritanya, rasanya memang wajar jika Haki menjadi salah satu sistem kekuatan yang mampu menyaingi kekuatan buah iblis.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.