Ballerina adalah spinoff dari waralaba aksi klasik John Wick yang saat ini tengah menayangkan film keempatnya di seluruh dunia. Film yang disutradarai Len Wiseman ini akan berfokus pada seorang ballerina assassin bernama Rooney dari Ana de Armas yang ingin membalaskan dendamnya kepada orang-orang yang telah membunuh keluarganya. Kabar baiknya setelah semua yang terjadi di film John Wick: Chapter 4, ternyata John akan kembali beraksi di film spinoff-nya nanti. Bagaimana bisa? SPOILER ALERT! Kali ini kita akan membahas kapan John dan Rooney bertemu, serta seperti apa hubungan mereka.

Nasib sang Baba Yaga di JW 4

Jika ingin terhindar dari spoiler John Wick 4, kalian bisa langsung skip ke sub judul selanjutnya ya, Geeks. Saat ini bisa dibilang sosok John Wick yang diperankan oleh Keanu Reeves telah menjadi karakter yang sangat disukai oleh banyak penggemar film laga. Dia dikenal karena mempunyai keterampilan bertempur dan tekad yang sangat luar biasa. Di film John Wick 4 sendiri, dia diceritakan berusaha membalaskan dendamnya kepada organisasi kriminal terkuat High Table, yang kali ini menugaskan salah satu petingginya Marquis Vincent de Gramont (Bill Skarsgard) untuk mengirim John ke alam baka.

Dalam prosesnya, Marquis sampai harus merekrut assassin tangguh sekaligus sahabat John bernama Caine (Donnie Yen) yang seharusnya sudah pensiun. Singkat cerita, setelah melalui sejumlah pertempuran berdarah melawan banyak orang termasuk Caine, John akhirnya bisa membunuh Marquis dalam duel final mereka. Meskipun semua tujuannya tercapai, sayangnya karena mengalami luka parah, John akhirnya mati sambil mengenang mendiang istrinya. Lantas bagaimana dia bisa kembali di film Ballerina yang tayang setelah film John Wick 4? Apakah John Wick akan dibangkitkan menggunakan Dragonball?

Penjelasan Timeline Ballerina

Untungnya setelah semua yang terjadi di John Wick 4, film Ballerina akan tetap mempertahankan premis dan plot yang realistis seperti di film-film sebelumnya. Mereka tidak akan menambahkan unsur sci-fi apalagi fantasi untuk mempertemukan karakter John dan Rooney dari Ana de Armas. Hal ini sudah pernah disampaikan langsung oleh Keanu Reeves dalam acara CCXP tahun lalu, di mana dia mengungkapkan bahwa peristiwa di film Ballerina “berlangsung antara John Wick: Chapter 3 – Parabellum dan John Wick: Chapter 4.”

Senada dengan Reeves, sutradara John Wick 4 Chad Stahelski juga menjelaskan secara detail bahwa peristiwa Chapter 4 terjadi sekitar enam bulan setelah ending Parabellum. Hal itu dikarenakan butuh waktu yang cukup lama sampai akhirnya John bisa sembuh dari semua luka yang dialaminya di Parabellum. Sebagai pengingat, di Parabellum sendiri setelah mengalami luka tembak, tusukan, sayatan, dan kelelahan, John akhirnya ditembak oleh manajer Continental’ Winston (Ian McShane) sampai terjatuh dari ketinggian. Dia bisa bertahan karena Bowery King (Laurence Fishburne) langsung menyelamatkannya.

Berdasarkan timeline resmi Ballerina ini cukup jelas bahwa ada jeda waktu sekitar enam sebelum peristiwa di John Wick 4 terjadi. Sedangkan untuk hubungan di antara keduanya, tampaknya mereka sama-sama terhubung melalui organisasi kriminal Ruska Roma. Di mana John adalah mantan anggota Ruska Roma yang saat masih kecil pernah diselamatkan sekaligus dilatih sebagai assassin oleh pemimpinnya yang bernama The Director. Dan Rooney sendiri adalah salah satu ballerina assassin yang sengaja diciptakan oleh Ruska Roma.

Kapan John dan Rooney Bertemu

Ketika film John Wick 4 dimulai, John diperlihatkan sudah dalam keadaan siap untuk membalaskan dendamnya dan juga Bowery King kepada High Table. Artinya pertemuannya dengan Rooney di Ballerina terjadi pada suatu titik saat dia tengah melakukan pemulihan dan latihan sekitar enam bulan di tempat persembunyian Bowery King dan organisasi kriminalnya yang disebut Soup Kitchen. Mungkin pada saat yang bersamaan, ketika Rooney tengah memburu pembunuh keluarganya, John juga tengah mencari informasi terkait High Table sebelum melancarkan rencana utamanya di film John Wick 4.

Pada momen yang sangat langka tersebutlah Rooney dan John pertama kali bertemu, mungkin karena mereka mengincar target yang sama. Namun karena keduanya tidak saling mengenal sebelumnya, akhirnya mereka bertarung seperti yang pernah disampaikan oleh Ana de Armas beberapa waktu lalu. “Keanu [Reeves] dan saya sempat melatih adegan kami yang sangat sulit. Dia berguling, melemparkan saya, dan juga melakukan akrobat gila,” ungkap Armas dalam acara The Tonight Show. Walaupun begitu tidak menutup kemungkinan pada akhirnya Rooney dan John akan bersekutu di film Ballerina.

Sekian pembahasan tentang bagaimana John Wick kembali di film Ballerina mendatang. Kesimpulannya film solo karakter Ana de Armas nanti dimaksudkan untuk menjadi spinoff prekuel sebelum John Wick 4, itulah mengapa John bisa bertemu dengan ballerina assassin seperti Rooney. Selain Armas dan Reeves, film Ballerina sendiri akan dimeriahkan oleh cameo Ian McShane dan mendiang Lance Reddick sebagai Winston dan Charon, kemudian ada juga Anjelica Huston sebagai pemimpin Ruska Roma The Director. Jika semuanya lancar, filmnya diharapkan untuk tayang pada tahun 2024 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.