Saat ini waralaba film aksi klasik John Wick tengah menayangkan film terbarunya yang berjudul John Wick: Chapter 4 di bioskop seluruh dunia. Sama seperti sebelumnya, film keemmpatnya ini juga menyuguhkan banyak sekali karakter baru yang menarik untuk kita simak. Selain Caine dari Donnie Yen dan villain utama Marquis Vincent de Gramont dari Bill Skarsgard, ada juga karakter tangguh lain yang dipanggil Tracker, seorang bounty hunter brilian yang diceritakan memburu John Wick bersama anjing kesayangannya. Seperti apa sepak terjang dan kehebatannya? Mari langsung saja kita bahas, Geeks! SPOILER ALERT!

Karakter dengan Asal-Usul Misterius

Diperankan oleh aktor Kanada bernama Shamier Anderson, kemunculan Tracker di film John Wick 4 terjadi saat dia mengunjungi Hotel Continental yang ada di Kota Osaka, Jepang. Pada titik inilah terungkap bahwa dia adalah seorang assassin sekaligus bounty hunter yang mengincar John Wick karena kepalanya bernilai sangat tinggi pasca menjadi musuh utama High Table, organisasi kriminal terkuat di underworld. Tidak dijelaskan secara detail seperti apa asal-usul Tracker, selain fakta bahwa dia sangat menyayangi anjing pemburunya. Itulah mengapa dia diberi nama Mr. Nobody alias ‘bukan siapa-siapa’.

Meskipun asal-usulnya misterius, tetapi di pertengahan film diceritakan bahwa Tracker adalah sosok yang sengaja mengulur waktu dan bahkan tidak ragu melindungi John Wick demi menjamin nilai buruannya terus bertambah. Karena seperti yang kita tahu, selama John bertahan, nilai hadiah yang ditawarkan oleh High Table akan terus meningkat, dari yang semula 7 juta dolar Amerika di akhir Parabellum, hingga di Chapter 4 nilai bounty-nya mencapai 40 juta dolar Amerika.

Ketika pertama kali bertemu dengan John yang tengah melawan sekelompok assassin, Tracker malah terlihat membiarkan buruannya pergi karena merasa John masih belum cukup bernilai baginya. Hal ini bahkan dia lakukan berkali-kali, di mana keduanya sebenarnya terbilang cukup sering bertemu dan bertempur, tetapi Tracker selalu memastikan John tidak mati oleh orang lain sebelum nilai buruan yang dia inginkan sudah tercapai. Berdasarkan penuturannya, Tracker sepertinya memang sengaja menjadikan John sebagai buruan terakhir sekaligus terbesarnya karena dia ingin segera pensiun.

Bounty Hunter Brilian dan Ambisius

Secara karakteristik, bisa kita simpulkan bahwa Tracker adalah sosok yang sangat brilian sekaligus ambisius dalam mencapai tujuannya. Dia hanya akan benar-benar mengklaim hadiah buruannya jika nilai yang dia inginkan sudah layak. Bukan karena dia tidak mampu membunuh John lebih cepat, melainkan karena dia yakin bahwa tawaran High Table masih akan terus bertambah. Bukti kebrilianannya ini lantas dikolaborasikan dengan ambisi Tracker yang menjamin semuanya berjalan sesuai dengan harapannya. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu assassin sekaligus bounty hunter paling berbahaya.

Dari segi kemampuan bertarung, Tracker juga mampu mengimbangi John yang sudah sangat kelelahan. Di sisi lain anjingnya yang berjenis belgian malinois juga tampaknya telah dia latih sebagai anjing pemburu yang mematikan. Semua itu membuat Tracker seperti tanpa celah, apalagi dia mempunyai buku catatan yang berisi informasi tentang sejumlah tokoh kriminal underworld, termasuk John Wick dan Vincent de Gramont. Dengan usianya yang relatif lebih muda dari John, bukan tidak mungkin ke depannya Tracker akan menjadi seorang Legendary Bounty Hunter dalam cerita John Wick.

Mr. Nobody, Lawan atau Kawan?

Sebelum John Wick 4 tayang, sebenarnya sinopsis resmi filmnya sudah pernah menyebutkan bahwa dalam petualangan keempatnya John akan berhadapan dengan kawan lama yang akhirnya menjadi lawan berbahaya. Nah khusus untuk Tracker sendiri, dia justru kebalikan dari itu, di mana pada akhirnya dia berubah dari lawan menjadi kawan John Wick. Semuanya bermula setelah John menyelamatkan anjingnya yang hampir dibunuh oleh Chidi, tangan kanan Vincent de Gramont.

Pada titik inilah Tracker seperti langsung membuang semua tujuannya untuk membunuh John saat nilai buruannya mencapai puncak. Menjelang ending, dia malah terlihat duduk bersama anjingnya untuk mendukung John yang tengah melakukan duel terakhir melawan Caine yang mau tidak mau harus menjadi perwakilan Vincent de Gramont, karena anggota High Table ini mengancam akan membunuh anaknya jika dia tidak mau membunuh John. Plot twist-nya, semua berjalan seperti harapan Tracker, di mana John berhasil membunuh Vincent dan terlepas dari jeratan High Table untuk selamanya.

Sekian pembahasan tentang sosok Tracker di film John Wick 4. Mengingat dia dan anjingnya masih hidup sampai filmnya berakhir, bukan tidak mungkin Tracker akan kembali mencari target baru agar rencana pensiunnya bisa segera terwujud. Tahun depan rencananya waralaba John Wick akan merilis film spinoff berjudul Ballerina yang dibintangi oleh Ana de Armas. Sepertinya akan menarik jika kita bisa melihat Tracker dan anjing kesayangannya bisa kembali di film penari ballet-assassin yang ingin membalaskan dendam keluarganya tersebut. Semoga saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.