Mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika Indonesia ternyata pernah jadi tuan rumah untuk kompetisi sepak bola muda dalam cerita manga Captain Tsubasa. Kabar buruk datang dari persepakbolaan Indonesia di mana FIFA akhirnya memutuskan untuk membatalkan piala dunia U-20. Seperti yang santer diberitakan, Indonesia sebelumnya sudah ditunjuk sebagai tuan rumah dalam turnamen tersebut.

Namun, karena konflik dan permasalahan besar yang terjadi sempat terjadi kisruh yang mana akhirnya FIFA menghadirkan sebuah keputusan. Mereka akhirnya membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah piala dunia U-20. Meskipun begitu, mungkin tidak banyak yang tahu jika Indonesia pernah diceritakan jadi tuan rumah untuk kompetisi serupa dalam cerita Captain Tsubasa.

Indonesia Jadi Tuan Rumah

Alur cerita manga Captain Tsubasa yang menghadirkan Indonesia jadi tuan rumah turnamen sepak bola usia dini adalah arc Battle of World Youth. Kejuaraan dunia U-19 tersebut diselenggarakan di Jakarta dan menggunakan stadion Gelora Bung Karno sebagai venue atau tempat kejuaraan ini berlangsung. Dalam kejuaraan dunia ini, Indonesia bisa dibilang masuk dalam grup neraka.

Total ada 10 negara yang ikut serta dalam kejuaraan ini. Mereka adalah Korea Selatan, Kuwait, Syria, Irak, Jepang, Arab Saudi, Tiongkok, Uzbekistan, dan Uni Emirat Arab. Indonesia sendiri tergabung bersama Korea Selatan, Syria, Kuwait, dan Irak dalam grup A. Sedangkan, Jepang berada di grup B bersama Tiongkok, Arab Saudi, Uzbekistan, dan Uni Emirat Arab.

Sayangnya, meskipun Indonesia jadi tuan rumah dari perhelatan dunia tersebut dan bersetting di GBK, timnas muda Indonesia sama sekali tidak muncul dalam cerita di sepanjang cerita atau arc tersebut berlangsung. Bahkan, tidak diketahui siapa saja para pemain dari timnas Indonesia. Satu-satunya petunjuk yang dihadirkan dalam manganya adalah karakter tersebut bernomor punggung 10.

Ironisnya juga adalah dari empat pertandingan yang dijalankan timnas Indonesia, tidak ada satu pun dari pertandingan tersebut yang berhasil mereka menangkan. Hal ini berdasarkan dari data statistik yang dihadirkan dalam manganya. Indonesia diperlihatkan tidak mampu menghadapi perlawanan dari para pemain handal negara mereka seperti Cha Incheon atau I Yonun dari Korea Selatan.

Hadirkan Bangunan Ikonik Jakarta

Dengan dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah kompetisi sepak bola dunia U-19 tentunya ada berbagai bangunan ikonik di Jakarta yang dihadirkan dalam ceritanya. Selain stadion Gelora Bung Karno, yang jadi stadion utama untuk perhelatan ini, kita juga bisa diperlihatkan lokasi yang tidak asing seperti Bundaran HI serta Hotel Indonesia. Bahkan, timnas Jepang sendiri menginap di hotel tersebut.

Meskipun Indonesia mengalami kekalahan di sebuah laga mereka, namun yang patut diapresiasi bagaimana kemudian Yoichi Takashi, yang merupakan kreator dari manganya, mau kemudian memilik Indonesia untuk menjadi setting sebuah perhelatan besar dalam alur cerita Captain Tsubasa. Dan apa yang “diramalkan” oleh cerita Captain Tsubasa tersebut hampir saja terwujud tahun ini.

Sayangnya, menjelang momen terakhir dimulainya penyelenggaraan perhelatan Piala Dunia U-20 kabar buruk harus muncul di mana FIFA akhirnya membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah perhelatan ini. Hal ini sendiri memunculkan kontroversi di tengah masyarakat. Masih belum diketahui apakah Indonesia kedepannya memiliki kesempatan lagi untuk menjadi kandidat tuan rumah.

Terlepas dari semua kontroversi yang terjadi di dunia nyata, tentunya Indonesia bisa sedikit berbangga dengan kemunculan Indonesia dan Jakarta sebagai tuan rumah perhelatan sepak bola dunia usia remaja dalam cerita manga Captain Tsubasa. Karena, setidaknya informasi ini bisa menjadi pelipur lara di tengah-tengah kesedihan yang ada. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.