Sosok Shanks dikonfirmasi mulai incar Blackbeard dalam informasi di chapter terbaru manga One Piece, yang mana ini artinya pertarungan Shanks vs Blackbeard akan segera terjadi. Setelah cukup lama absen pasca akhir di arc Wano, Shanks dan kelompok bajak lautnya akhirnya kembali muncul dalam cerita. Diketahui, mereka berada di pulau Elbaf.

Meskipun begitu, kemunculan Shanks dan kelompoknya di pulau Elbaf ternyata memiliki maksud. Dalam cerita sebelumnya diperlihatkan bagaimana Shanks dan kelompoknya bersiap untuk menghadapi Eustass Kid. Namun, yang menarik adalah ternyata Kid bukan jadi incaran Shanks. Justru, Shanks dan kelompoknya saat ini sedang incar sosok Blackbeard dan menantikan kemunculan mereka.

Koneksi Shanks dan Blackbeard

Bagaimana kemudian Shanks bisa incar sosok Blackbeard sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Hal ini mengingat adanya hubungan historis dari kedua karakter. Dalam pertemuannya dengan Whitebeard sebelum timeskip, Shanks sempat bercerita bahwa dia masih merasa dendam dan tidak terima akan luka yang ada di wajahnya. Menurut Shanks, Blackbeard yang sudah melakukan hal tersebut.

Bagaimana kemudian dia melakukannya sampai sekarang masih jadi misteri di kalangan fans. Kemudian, Shanks juga sempat meminta Whitebeard untuk menarik kembali Ace dari misi mencari Blackbeard. Shanks tahu jika Ace memiliki kekuatan, namun Blackbeard adalah sosok yang berbahaya. Sayangnya, Whitebeard tidak mengacuhkan apa yang disarankan Shanks.

Akhirnya, apa yang dihadirkan di puncak pertempuran Marineford pun terjadi. Sampai sejauh ini, memang Oda Sensei masih belum memberikan informasi detail mengenai hubungan masa lalu kedua karakter selain melalui referensi seperti di atas. Meskipun begitu, melihat bagaimana Shanks nampak begitu mengenal sosok Blackbeard rasanya mereka memang sudah sering bertarung atau bertemu.

Hal tersebut rasanya masuk akal, karena kedua karakter pada awalnya merupakan kru di masing-masing kelompok bajak laut. Shanks merupakan kru dari bajak laut Roger, sedangkan Blackbeard adalah mantan kru Whitebeard sebelum dia menghabisi Thatch dan mencuri Yami Yami no Mi. Dalam kilas balik Kozuki Oden, diperlihatkan bagaimana Roger dan Whitebeard adalah rival. Dan hal ini juga berlaku terhadap krunya.

Berdasarkan hal tersebut, rasanya memang masuk akal jika Shanks kemudian mengenal siapa Blackbeard, seberapa kuat dia, dan seberapa berbahayanya Blackbeard. Tidak diketahui apakah setelah Blackbeard keluar dari kru Whitebeard dia pernah lagi bertarung menghadapi Shanks. Di akhir pertempuran Marineford, Blackbeard sempat menyatakan bahwa dia masih belum cukup kuat untuk menghadapi Shanks.

Pertarungan Shanks vs Blackbeard Akan Terjadi

Informasi menarik kemudian muncul di chapter 1079 manga One Piece. Dalam informasi di chapternya, Shanks akhirnya kembali muncul untuk menghadapi kelompok Eustass Kid. Tetapi, sebelum kemudian dia menyerang kelompok Kid sosok Shanks sempat bertanya kepada Hongo tentang informasi Blackbeard. Hongo sendiri kemudian mengatakan bahwa informasi yang dia ketahui jika Blackbeard sudah keluar dari pulau Beehive.

Yang tidak kalah menarik juga adalah Shanks kemudian merespon hal tersebut dengan mengatakan bahwa dia mengira jika Blackbeard akan datang ke wilayah Wano. Berdasarkan fakta ini, kita akhirnya tahu apa alasan Shanks dan kelompoknya muncul di wilayah Wano. Sebelumnya, para fans sendiri bertanya-tanya mengapa kemudian dia muncul di Wano pasca semuanya selesai.

Kecil kemungkinan jika Shanks datang hanya sekedar iseng atau untuk menemui Luffy. Namun, kita akhirnya tahu jika dia menunggu kedatangan Blackbeard yang ternyata tidak pernah muncul di pulaunya. Di sisi lain, fakta ini juga seolah kembali membangkitkan spekulasi atau teori lama jika pertarungan epik antara Shanks menghadapi Blackbeard akan terjadi cepat atau lambat.

Pertarungan antara Shanks dan Blackbeard sudah banyak diprediksi oleh para fans, dan sudah banyak petunjuk yang dimunculkan. Bekas luka yang ada di wajah Shanks, kekhawatiran Shanks tentang kebangkitan kekuatan Blackbeard, dan beberapa hal lainnya. Teori lainnya juga menyebutkan jika keduanya akan bertarung di saat-saat terakhir menuju pulau Laugh Tale. Dan salah satu diantara mereka kemudian akan menjadi satu rintangan terakhir bagi Luffy untuk menjadi seorang raja bajak laut.

Blackbeard Picu Perang Besar

Dari berbagai teori tentang pertarungan antara Shanks dan Blacbeard, terdapat teori lainnya yang berkaitan dengan pertarungan ini. Menurut teorinya, dalam pertarungan tersebut akan ada salah satu pihak yang akan tewas. Dalam teorinya sendiri, kemungkinan Shanks yang akan tewas di tangan Blackbeard. Kematian dari Shanks dianggap akan menjadi motivasi Luffy untuk menjadi raja bajak laut dan mengalahkan Blackbeard.

Shanks sendiri banyak diyakini oleh para fans berusaha untuk memastikan Luffy bisa memenuhi dan membangkitkan kembali tekad D. Dia berusaha melindungi Luffy dari berbagai ancaman yang ada, entah World Government, angkatan laut, atau bahkan para Yonko sendiri. Shanks berusaha untuk membuat semuanya tetap seimbang, tetap pada koridornya. Karena itulah Shanks merahasiakan semuanya dan terus begerak.

Karena hal ini juga ada kemungkinan Blackbeard akan membunuh Shanks. Ide tentang Blackbeard membunuh Shanks dirasa cukup masuk akal dari segi cerita. Blackbeard akan memulai perang terbesar dalam sejarah One Piece. Bukan Kaido, bukan Luffy, atau Monkey D. Dragon. Ketika “sang penjaga perdamaian” harus tumbang, disaat itulah dunia akan mulai berubah menjadi gila dan kacau.

Setelah semua itu terjadi, giliran Luffy dan krunya yang bergerak dan menghadapi semua kekacauan yang ada. Skenario yang mungkin terjadi adalah semuanya akan saling serang, termasuk Blackbeard, Pasukan Revolusi, angkatan laut, dan World Government. Lautan dan daratan akan menjadi medan pertempuran yang tidak ada habisnya. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Shanks akan mampu menemukan Blackbeard dan memulai pertarungan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.