Film baru Transformers: Rise of the Beasts yang dijadwalkan untuk tayang pada tahun ini, dimaksudkan untuk memperkenalkan sosok protagonis baru bernama Optimus Primal, pemimpin Maximal yang sering dianggap sebagai kembaran Optimus Prime. Nah, berbicara tentang kembarannya, tahukah kalian bahwa sebenarnya ada lima Transformers yang memang sering dimirip-miripkan dengan Optimus Prime, entah karena nama, penampilan, perubahan alternatif, gaya kepemimpinan, bahkan kekuatannya. Penasaran siapa saja Transformers yang dimaksud? Simak daftar menariknya di bawah ini, Geeks.

Optimus Primal

Mari kita mulai daftar kembaran Optimus Prime yang pertama dari Optimus Primal yang sudah sempat disinggung pada intro di atas. Dikenal sebagai pemimpin tangguh dari robot hewan buas Maximal, Primal mempunyai bentuk perubahan alternatif sebagai gorila silverback yang pantang menyerang. Meskipun perubahannya tidak sama seperti Prime, tetapi dia mempunyai bentuk robot yang cukup mirip dengan pemimpin Autobot tersebut. Itulah mengapa banyak yang sering salah mengira bahwa mereka berdua adalah robot yang sama. Faktanya, Primal adalah keturunan Autobot yang hidup pada masa depan yang sangat jauh, saat Autobot dan Decepticon sudah tidak lagi eksis termasuk Optimus Prime.

Nemesis Prime

Kembaran Optimus Prime selanjutnya tidak lain adalah versi jahatnya sendiri yang dikenal sebagai Nemesis Prime. Karena pada dasarnya dia adalah robot yang terlahir dari keberadaan Optimus Prime, Nemesis yang sering muncul dalam berbagai kisah Transformers ini juga mempunyai banyak sekali kemiripan dari segi penampilan dan bentuk alternatif. Jika Optimus memilih biru dan merah sebagai warna dasar tubuhnya, Nemesis justru lebih menyukai warna hitam dan merah untuk mencerminkan sifatnya yang kelam. Sedangkan bentuk perubahan mereka berdua sama-sama mobil semi-truck kontainer yang letak perbedaannya hanya dari segi warna body saja.

Grimlock

Secara nama dan bentuk perubahan, Grimlock memang tidak terlihat berbeda dari Optimus Prime. Namun dari segi penampilan, gaya kepemimpinan, dan kekuatan, bisa dibilang ada sejumlah kemiripan di antara mereka berdua. Sebagai pemimpin sub-grup Autobot yang disebut Dinobot, Grimlock dikenal mempunyai kekuatan yang luar biasa serta gaya kepemimpinan tegas dan lugas yang dapat membawa kelompoknya menuju kemenangan. Hal inilah yang membuatnya sering dianggap sebagai kembaran Optimus Prime yang juga mempunyai sejumlah kemiripan dari segi sifat dengan Megatron. Sehingga pada akhirnya Grimlock terlihat lebih ganas walaupun berada di kubu baik bersama Autobot-Dinobot.

Ultra Magnus

Dikenal sebagai robot yang sangat bijaksana sekaligus kuat, ketika Ultra Magnus ditunjuk oleh Matrix of Leadership untuk menjadi pemimpin Autobot, banyak sekali yang menganggapnya sebagai kembaran Optimus Prime. Bahkan para Autobot sendiri mengakui bahwa dari semua Cybertronian yang masih eksis, Ultra Magnus adalah satu-satunya robot yang bisa mengisi kekosongan Optimus Prime. Karena dari segi kekuatan dan gaya kepemimpinan yang terkenal bijak, dia terbukti mampu menyatukan Autobot. Belum lagi penampilan dan gaya bentuk alternatifnya yang sangat mirip dengan Optimus, di mana mereka berdua sama-sama bisa berubah menjadi truk kontainer berwarna merah dan biru.

Megatron

Transformers terakhir yang sering disebut sebagai kembaran Optimus Prime adalah pemimpin tiran Decepticon, siapa lagi kalau bukan Megatron. Dalam sejarah Transformers yang sudah terbentang sejak awal 1980-an, Megatron sering digambarkan sebagai antitesis sekaligus rival Optimus Prime yang kekuatan dan gaya kepempimpinannya sama-sama efektif seperti pemimpin Autobot tersebut. Faktanya di versi live actionnya sendiri terlepas dari status mereka sebagai musuh bebuyutan, Megatron sangat menghormati Prime. Dalam beberapa kesempatan, di balik semua kemiripan mereka berdua, Megatron sendiri sempat menganggap Optimus Prime seperti saudaranya sendiri.

Itulah lima Transformers yang sering dianggap sebagai kembaran Optimus Prime karena mempunyai banyak kemiripan dengan pemimpin Autobot tersebut. Menariknya terlepas dari sengaja atau tidaknya upaya waralaba Transformers untuk membuat para karakter ini tampak mirip, ternyata dari mulai Grimlock sampai Megatron memang terbukti berhasil menjadi karakter yang sangat disukai oleh banyak penggemar. Di mana penampilan mereka umumnya selalu diantisipasi oleh banyak orang, tanpa terkecuali Optimus Primal yang akan tampil di film Transformers: Rise of the Beasts pada tanggal 9 Juni nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.