Saat pertama kali berdiri dengan film Iron Man, para karakter yang ada di semesta live action MCU mungkin masih bisa dibilang sangat sedikit dan mudah dikenali. Tidak seperti sekarang di mana sudah ada puluhan bahkan mungkin ratusan karakter yang eksis di MCU beserta para pemerannya, termasuk superhero dan supervillain. Menariknya tanpa kita sadari, ada beberapa karakter yang diam-diam ganti peran karena alasan tertentu. Baik karena disebabkan masalah para aktornya sendiri, atau karena kisahnya yang makin besar, berikut ini enam karakter MCU yang diam-diam ganti pemeran!

War Machine

War Machine adalah identitas superhero dari sahabat Tony Stark yang bernama James Rhodes alias Rhodey. Pertama kali tampil di film Iron Man, karakter Rhodey sebenarnya telah diperankan dengan cukup baik oleh aktor Terrence Howard. Namun di film Iron Man 2, karakter Rhodey tiba-tiba ganti pemeran, di mana aktor Don Cheadle masuk dan mulai tampil lebih berpengaruh di MCU dengan armor superheronya sebagai War Machine. Terlepas dari alasan mundurnya Howard yang disebabkan masalah finansial, Cheadle terus mengulang perannya di banyak film MCU, bahkan ke depannya dia dipastikan akan kembali dengan tayangan solo War Machine yang berjudul Armor Wars.

Hulk

Jika sekarang masih ada penggemar baru yang menganggap bahwa Hulk belum punya film solo, sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar juga. Karena bagi aktor Mark Rufallo sendiri dia memang baru tampil sebagai Bruce Banner alias Hulk di film crossover The Avengers. Namun jika kita mundur sedikit, sebenarnya Marvel Studios pernah merilis film solo The Incredible Hulk dengan aktor Edward Norton sebagai pemeran utamanya. Sayangnya, karena pada saat itu dia dianggap terlalu ikut campur dalam produksi filmnya, akhirnya Marvel Studios terpaksa ganti pemeran karakter Hulk di MCU dengan Rufallo sampai hari ini.

Red Skull

Karakter MCU berikutnya yang diam-diam ganti pemeran tanpa disadari oleh banyak penggemar adalah Red Skull. Supervillain di film Captain America: The First Avenger ini awalnya diperankan oleh aktor Hugo Weaving, di mana karakter Red Skull diceritakan menjadi musuh bebuyutan Steve Rogers sampai akhir film, sebelum diperlihatkan menghilang bersama Cap karena pesawat yang mereka tumpangi jatuh ke lautan. Meskipun Cap kembali di film The Avengers, Red Skull justru baru diceritakan muncul di film Avengers Infinity Wars sebagai pengjaga Soul Stone di Vormir. Dan ternyata karakternya sudah tidak lagi diperankan oleh Weaving melainkan oleh Ross Marquand.

Thanos

Kita semua mungkin sudah tahu bahwa pemeran karakter Thanos di MCU adalah aktor Josh Brolin. Di mana perannya sebagai big bad villain Infinity Saga ini lebih banyak ditampilkan dengan CGI sehingga badannya terlihat lebih besar dan mengintimidasi. Namun tahukah kalian bahwa sebenarnya penampilan cameo Thanos di credit scene The Avengers sendiri sebenarnya bukan diperankan oleh Brolin, melainkan oleh aktor sementara Damion Poitier. Alasannya karena pada saat itu Marvel Studios masih belum mengetahui bahwa karakter Thanos di MCU akan ganti pemeran dengan Brolin yang penampilan penuhnya baru terlihat di film Infinity Wars dan Endgame.

Cassie Lang

Muncul kembali di film baru MCU Ant-Man and the Wasp: Quantumania mungkin banyak penggemar yang masih belum sadar bahwa karakter Cassie Lang telah ganti pemeran. Faktanya anak dari Ant-Man ini sempat diperankan oleh Emma Fuhrmann di film Avengers Endgame, di mana dia tampil sebagai anak yang telah lama tidak bertemu dengan ayahnya karena Snap Thanos di Infinity Wars. Saat akan kembali menghadirkan karakternya dengan kisah yang lebih berpengaruh di Quantumania, Marvel lantas mengganti Fuhrmann dengan aktris Kathryn Newton yang tampil dengan sangat baik di filmnya. Sekarang karakternya bahkan sudah dianggap sebagai superhero muda bernama Stature.

Thaddeus Ross

Karakter MCU terakhir yang baru-baru ini dipastikan akan ganti pemeran adalah karakter Thaddeus Ross yang sebelumnya diperankan oleh aktor William Hurt di banyak film MCU. Karena Hurt meninggal dunia pada tahun lalu, Marvel Studios terpaksa me-recast pemeran karakternya dan menjatuhkan pilihannya kepada aktor veteran Harrison Ford, pemeran Han Solo di Star Wars. Saat ini Ross yang akan diperankan oleh Ford direncanakan untuk kembali sebagai seorang Presiden Amerika di film Captain America: New World Order nanti. Selain tampil di film solo Cap versi Sam Wilson, Ross juga digadang-gadang akan kembali sebagai supervillain Red Hulk di film Thunderbolts mendatang.

Itulah enam karakter MCU yang ganti pemeran karena beragam alasan. Terlepas dari alasannya, sebenarnya penggantian pemeran ini dianggap telah berhasil oleh banyak penggemar, karena membuat para karakternya menjadi lebih hidup dan populer seperti sekarang. Di sisi lain dengan umur MCU yang sudah mencapai 15 tahun sebenarnya berbagai penggantian ini terbilang sangat sedikit jika dibandingkan karakter yang masih tampil dengan aktor sama. Hal tersebut menandakan bahwa sebenarnya Marvel Studios ingin penggemar lebih mengenal karakter MCU sekaligus para pemerannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.