Tony Stark dikenal sebagai pengguna berbagai armor epik dari Iron Man. Dia menciptakan berbagai armor tersebut untuk membantunya dalam menyelamatkan dunia dan mengalahkan musuh. Ada banyak sekali armor yang dia buat, dan mayoritas armornya sangatlah keren. Tetapi sebenarnya, Tony Stark pernah membuat armor Iron Man denganĀ  bentuk yang sangat buruk. Apa saja armor tersebut? Simak berikut ini Geeks!

Phoenix Killer

Sesuai dengan namanya, Phoenix Killer dirancang untuk membunuh Phoenix Force. Armor ini adalah hasil kolaborasi dari Tony Stark dan Hank Pym. Meski mempunyai tugas yang “keren”, tetapi tidak dengan bentuknya yang serba kotak dan tebal. Apalagi ditengah badannya, terdapat semacam arc raksasa yang terlihat polos. Desainnya memang sangat sederhana, dan tidak sekeren armor Iron Man yang biasa kita lihat. Parahnya lagi, armor ini justru tidak berhasil mengalahkan Phoenix Force. Phoenix Killer malah membuat kekuatan kosmik tersebut terbagi menjadi 5, dan menciptakan kekuatan yang tidak terhingga.

Gold Armor

God Armor sebenarnya adalah armor pertama yang diciptakan oleh Tony Stark. Armor ini diciptakan ketika Tony ditahan oleh teroris di sebuah gua. Menggunakan bahan ala kadarnya, Tony Stark mampu membuat sebuah armor yang memungkinkannya untuk keluar dari tempat tersebut. Sebagai armor pertama, mungkin penggemar memaafkan desain buruk dari armor Mark I klasik. Tetapi setelah berhasil keluar dari tempat tersebut, Tony mengubah warna awal Mark I klasik dari yang awalnya abu-abu menjadi emas cerah. Tony meyakini bahwa warna itu akan lebih diterima orang. Tetapi sebenarnya warna tersebut sangat buruk, dan membuat armornya menjadi lebih buruk lagi. Karena itulah dia sempat dijuluki “The Golden Avengers”.

Amor Berhidung

Secara teknis, ini sebenarnya bukan armor baru Iron Man. Di tahun 1970, Stan Lee melakukan sedikit perubahan pada armor Iron Man, di mana dia memberikan hidung pada helm Iron Man. Lee sebelumnya mengeluh bahwa helm Iron Man tidak memiliki ruang yang cukup untuk hidung Tony Stark, sehingga akhirnya dia membuat tonjolan itu. Armornya pun tampil pertama kali dalam komik The Invincible Iron Man #68. Namun kemunculan hidung tersebut justru membuat penggemar menghinanya. Tak tahan dengan itu, Stan Lee pun kemudian mengembalikan bentuk semula dari helm Iron Man. Beruntung karena Stan Lee menyadari bentuk aneh dari helmnya.

Heroes Reborn Armor

Heroes Reborn adalah upaya lain untuk memperbarui armor Iron Man di tahun 90-an, kali ini dengan bantuan dari Image Comics, Jim Lee, dan Rob Liefeld. Namun sama seperti helm berhidung di atas, perbaruan desain armor ini juga berujung kegagalan. Di Heroes Reborn, Iron Man ditempatkan ke dalam dimensi gelembung dengan kontinuitas yang di-reboot, dan armornya juga mengalami perubahan besar. Armor Heroes Reborn Iron Man terlalu besar dan tidak terlalu menarik secara visual. Alih-alih membuat armor yang lebih ramping dari biasanya, armor ini justru lebih gendut dengan penambahkan otot dan pelat terpisah yang juga membuat desainnya terlalu rumit.

Armor Model 33

Pada suatu ketika, Tony Stark merasa bahwa dia perlu merancang sebuah armor di bawah air yang memungkinkannya menahan tekanan di laut dalam. Tony akhirnya membuat armor tersebut bernama Model 34. Model 34 bukanlah armor bawah laut pertama yang dibuat oleh Tony Stark, tetapi ini adalah yang terburuk. Armor ini menjadi bagian dari armor Argonaut yang dikembangkan Tony Stark. Pada dasarnya mampu menahan tekanan besar saat berada di laut dalam, mirip dengan kapal selam. Desain dari armor ini memang tidak terlalu bagus, bahkan sebagian orang menganggap desainnya buruk. Apalagi dengan skema cat serba emas dan helm runcing serta bantalan bahu yang membuat baju besi itu lebih aneh dari armor lainnya yang pernah dibuat oleh Tony Stark.

Itulah dia Geeks beberapa armor Iron Man yang memiliki penampilan yang dianggap buruk. Beruntung karena Marvel Comics tidak terlalu sering menampilkan armor-armor di atas. Di antara armor tersebut? Mana yang Geeks anggap paling buruk?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/