Sosok Kang the Conqueror kemungkinan jadi orang yang secara tidak langsung ciptakan kelompok pahlawan Fantastic Four di Marvel Cinematic Universe. Bagaimana kemudian hal tersebut terjadi? Apa yang Kang lakukan? Fantastic Four jadi tim pahlawan yang sangat dinantikan kemunculannya oleh para fans di MCU. Hal ini setelah diketahui jika hak cipta karakternya sudah kembali ke pihak Marvel Studios.

Pihak Marvel Studios sendiri saat ini sudah memiliki rencana untuk menghadirkan tim tersebut, yang bisa dilihat filmnya masuk ke daftar proyek Phase 6. Di sisi lain, salah satu anggota Fantastic Four, Reed Richards, sudah diperkenalkan di film Doctor Strange 2 kemarin. Yang menarik adalah terdapat teori yang menyebutkan jika Kang mungkin jadi sosok ciptakan tim Fantastic Four.

Rencana Besar Kang

Para fans tentunya banyak yang penasaran tentang bagaimana Fantastic Four bisa muncul di MCU. Banyak spekulasi dan teori yang kemudian muncul di kalangan fans terkait hal ini. Dan dengan diperkenalkannya sosok Kang the Conqueror muncul sebuah teori menarik di mana kemungkinan sosok Kang jadi orang yang bertanggung jawab atas terciptannya Fantastic Four.

Bagaimana kemudian Kang melakukan hal tersebut? Teorinya sendiri menyebutkan jika ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh Kang untuk mewujudkan hal tersebut. Pertama, Kang perlu mempersiapkan rencana besarnya. Persiapan ini dilakukan dengan pergi ke masa lalu. Dalam teorinya dijelaskan jika Kang akan berusaha untuk menghancurkan para Avengers yang berada di masa lalu.

Apa tujuannya? Tidak lain untuk mencegah agar tidak ada pihak-pihak yang memberikan ancaman terhadap Kang atau mencoba untuk menghentikan rencana yang sudah Kang bangun. Dalam film Ant-Man and the Wasp: Quantumania, Kang menjelaskan kepada Scott Lang bahwa sudah ada banyak Avengers yang dia habisi sebelum kemudian terjebak di Dunia Quantum. Bisa jadi, itu adalah rencana yang sudah dilakukan oleh Kang untuk menghabisi para Avengers.

Mungkin, Kang baru berhasil menghabisi 40%-50% Avengers di berbagai timeline sebelum kemudian variant Kang lainnya berhasil mengasingkan dia ke Dunia Quantum. Dengan menghancurkan para Avengers dan memastikan semua rencananya berjalan dengan lancar, yaitu Kang berusaha untuk mengendalikan masa depan. Dan cara dia mewujudkannya dengan mencegah apa yang ada pada masa lalu terjadi pada masa depan.

Ciptakan Fantastic Four

Berkaitan dengan mengendalikan masa depan dengan pergi ke masa lalu, hal ini juga ada kaitannya dengan Kang yang kemungkinan jadi orang yang menciptakan Fantastic Four. Bagaimana caranya? Tidak lain adalah mengubah apa yang terjadi pada masa lalu. Dalam cerita komik Marvel diketahui jika Kang adalah sosok yang bertanggung jawab terhadap terciptanya Human Torch pertama, Phineas Norton.

Kang memang tidak secara langsung “menciptakan” Human Torch, namun dia melakukannya dengan cara lain misalnya memberikan informasi tentang teknologi untuk menciptakan android yang mengubahnya menjadi Human Torch. Hal ini juga yang kemungkinan akan Kang lakukan dengan terciptanya tim Fantastic Four di mana dia tidak akan secara langsung jadi pihak yang bertanggung jawab atas terbentuknya tim itu.

Dalam teori ini dijelaskan jika Kang/Victor Timely kemungkinan akan mencegah Howard Stark untuk berhasil melakukan berbagai penemuan, yang kemudian berujung pada terbentuknya Stark Enterprises. Hal ini tentunya akan juga menghentikan momen di mana Tony kemudian menjadi sosok pencipta lainnya setelah sang ayah. Dengan mengubah sejarah tersebut, maka tidak akan pernah ada Stark Industries atau Iron Man.

Kang kemungkinan akan menunjuk Qeng Enterprises untuk menggantikan Stark Enterprises. Kang/Victor Timely kemudian akan memanfaatkan rekan bisnisnya, Franklin Storm, untuk memulai bisnis Qeng Enterprises. Setelah itu, Kang akan memberikan semua informasi terkait teknologi canggih yang bisa mereka ciptakan. Ini kemudian akan jadi landasan awal berbagai teknologi yang akan digunakan oleh Kang pada masa depan.

Di sisi lain, terciptanya Qeng Enterprises ini juga jadi jalan untuk terbentuknya Fantastic Four. Franklin Storm tentunya membutuhkan sosok ilmuwan cerdas untuk menjalankan berbagai proyek teknologi yang Kang berikan. Dan ini bisa menjadi momen bagi Franklin Storm untuk kemudian bertemu dengan dua ilmuwan cerdas, Reed Richards dan Victor Von Doom. Cerita selanjutnya akan berjalan sesuai dengan apa yang sudah kita ketahui selama ini.

Jadi, Kang the Conqueror atau variantnya, Victor Timely, akan memastikan bahwa Franklin Storm bertemu dengan Victor Von Doom dan Reed Richards agar memastikan teknologi yang Kang beri informasi bisa tercipta. Dan dengan begitu, teknologi canggih yang akan digunakan Kang pada masa depan pun bisa terwujud. Kita nantikan saja ya Geeks interfensi seperti apa yang akan Kang lakukan terhadap terciptanya Fantastic Four.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.